Cara Mengisi Surat Lamaran Kerja Yang Sudah Jadi

>Hello Sohib EditorOnline, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Terkadang kita harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar untuk mendapatkan posisi yang diinginkan. Oleh karena itu, membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik adalah salah satu kunci kesuksesan dalam mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara mengisi surat lamaran kerja yang sudah jadi dengan 20 langkah mudah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Mengenali Jenis Surat Lamaran Kerja

Sebelum memulai mengisi surat lamaran kerja, pertama-tama kita perlu mengenali jenis surat lamaran kerja yang akan kita gunakan. Secara umum, ada dua jenis surat lamaran kerja, yaitu surat lamaran kerja langsung dan surat lamaran kerja tidak langsung. Surat lamaran kerja langsung dikirimkan secara langsung kepada perusahaan yang bersangkutan, sedangkan surat lamaran kerja tidak langsung dikirimkan melalui media lain seperti email atau melalui situs karir perusahaan.

Agar surat lamaran kerja yang kita buat lebih tepat dan sesuai dengan jenisnya, kita perlu mengenali perbedaan di antara keduanya. Surat lamaran kerja langsung biasanya lebih formal dan singkat, sedangkan surat lamaran kerja tidak langsung lebih santai dan lebih panjang.

Contoh Surat Lamaran Kerja Langsung:

Saat ini saya mengetahui bahwa PT ABC sedang membuka lowongan kerja sebagai Marketing Manager. Saya sangat tertarik dengan posisi tersebut dan ingin menawarkan diri saya sebagai kandidat yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Saya memiliki pengalaman sebagai Marketing Manager selama 5 tahun dan berpengalaman dalam mengembangkan strategi pemasaran yang sukses untuk perusahaan yang saya tempati sebelumnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tidak Langsung:

Salam sejahtera, saya ingin mengajukan permohonan pekerjaan di PT XYZ. Saya mengetahui bahwa perusahaan ini sangat terkenal dan bergerak di bidang teknologi informasi yang berkembang pesat. Saya tertarik dengan perusahaan ini karena nilai-nilai yang dipegang serta potensi karir yang dihadirkan. Saya berharap dapat bergabung dan menjadi bagian dari tim kerja di PT XYZ.

2. Mengetahui Informasi yang Dibutuhkan

Sebelum mulai mengisi surat lamaran kerja, pastikan kita sudah memiliki informasi yang dibutuhkan. Beberapa informasi yang dibutuhkan antara lain:

  • Nama perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Posisi yang dilamar
  • Alamat email perusahaan
  • Nama lengkap penerima surat lamaran kerja

Informasi yang lengkap akan memudahkan kita dalam menyusun surat lamaran kerja yang baik dan benar. Selain itu, informasi yang lengkap juga akan memberikan kesan profesional pada surat lamaran kerja kita.

3. Menulis Informasi Pribadi

Setelah mengetahui informasi yang dibutuhkan, selanjutnya kita bisa mulai menulis informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan informasi pribadi yang kita tulis sudah sesuai dan akurat. Jangan sampai ada kesalahan penulisan yang dapat mengganggu proses seleksi.

4. Menulis Pernyataan Tujuan

Pernyataan tujuan adalah bagian penting dalam surat lamaran kerja. Dalam bagian ini, kita harus menjelaskan mengapa kita tertarik dengan posisi yang dilamar dan apa yang membuat kita cocok untuk posisi tersebut. Pernyataan tujuan juga harus ditulis dengan singkat, padat dan jelas sehingga mudah dipahami oleh penerima surat lamaran kerja.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Panel Surya

5. Menulis Paragraf Pembuka

Setelah menulis informasi umum dan pernyataan tujuan, selanjutnya kita bisa mulai menulis paragraf pembuka. Paragraf pembuka berfungsi untuk menunjukkan kepedulian dan rasa syukur kita terhadap perusahaan yang dilamar. Paragraf pembuka juga dapat digunakan untuk menunjukkan minat kita terhadap bidang atau industri yang dijalankan oleh perusahaan.

6. Menulis Tentang Pengalaman Kerja dan Pendidikan

Berikutnya dalam mengisi surat lamaran kerja adalah menulis tentang pengalaman kerja dan pendidikan. Dalam bagian ini, kita harus mengutamakan pengalaman dan pendidikan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Pastikan informasi yang kami tulis sudah akurat dan terbaru.

7. Menulis Tentang Keahlian dan Keterampilan

Setelah menulis tentang pengalaman kerja dan pendidikan, selanjutnya kita perlu menulis tentang keahlian dan keterampilan yang dimiliki. Keahlian dan keterampilan yang kita miliki harus relevan dengan bidang dan posisi yang dilamar. Jangan lupa untuk menuliskan tentang sertifikasi atau pelatihan yang telah kita lakukan.

8. Menulis Tentang Proyek atau Prestasi Terkait Pekerjaan Sebelumnya

Bagian ini juga sangat penting untuk menunjukkan kemampuan kita dalam pekerjaan. Proyek atau prestasi terkait pekerjaan sebelumnya harus ditulis dengan singkat dan jelas. Pastikan proyek atau prestasi yang kita tulis relevan dengan posisi yang dilamar.

9. Menulis Tentang Alasan Berhenti dari Pekerjaan Sebelumnya

Berikutnya, kita harus menuliskan alasan berhenti dari pekerjaan sebelumnya. Dalam bagian ini, sebaiknya kita menjelaskan alasan berhenti secara positif dan profesional.

10. Menulis Tentang Pengalaman Organisasi

Jika kita memiliki pengalaman organisasi, sebaiknya kita menuliskannya dalam surat lamaran kerja. Pengalaman organisasi dapat menunjukkan kepemimpinan, kemampuan kerjasama tim dan keterampilan lain yang penting dalam pekerjaan.

11. Menulis Tentang Tujuan Karir

Dalam surat lamaran kerja, kita juga harus menuliskan tujuan karir yang ingin dicapai. Tujuan karir harus sesuai dengan posisi yang dilamar dan menjelaskan rencana karir kita di masa depan.

12. Menyebutkan Sumber Informasi Lowongan Kerja

Agar surat lamaran kerja kita lebih spesifik, sebaiknya kita mencantumkan sumber informasi lowongan kerja. Hal ini dapat menunjukkan ketertarikan kita pada perusahaan dan posisi yang dilamar.

13. Menuliskan Hal Positif tentang Perusahaan

Berikan pujian dan penghargaan pada perusahaan yang dilamar. Hal ini akan menunjukkan kepedulian dan rasa hormat kita terhadap perusahaan. Kita juga dapat menuliskan alasan mengapa kita tertarik dengan perusahaan tersebut.

14. Menyebutkan Kapan Bisa dihubungi

Dalam surat lamaran kerja, sebaiknya kita menyebutkan kapan kita bisa dihubungi. Hal ini dapat memudahkan pihak perusahaan dalam menghubungi kita untuk proses seleksi.

15. Menutup Surat Lamaran Kerja dengan Baik

Saat menutup surat lamaran kerja, sebaiknya kita memberikan kesan yang baik dan sopan. Pastikan kita menuliskan kata-kata penutup yang singkat dan jelas. Sebagai contoh, kita dapat menuliskan “Saya sangat berharap untuk dapat berkontribusi dan bergabung dengan tim di PT XYZ.”

16. Mengecek Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Setelah menulis surat lamaran kerja, jangan langsung mengirimkannya tanpa melakukan pengecekan kesalahan penulisan. Pastikan surat lamaran kerja sudah bebas dari kesalahan penulisan seperti ejaan, tata bahasa, atau penulisan kalimat yang bermasalah.

17. FAQ: Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Mengisi Surat Lamaran Kerja?

Pertanyaan Jawaban
Apa yang harus saya tulis pada paragraf pembuka? Paragraf pembuka berfungsi untuk menunjukkan kepedulian dan rasa syukur kita terhadap perusahaan yang dilamar. Paragraf pembuka juga dapat digunakan untuk menunjukkan minat kita terhadap bidang atau industri yang dijalankan oleh perusahaan.
Apakah saya harus mencantumkan alasan berhenti dari pekerjaan sebelumnya? Ya, sebaiknya kita menjelaskan alasan berhenti dengan positif dan profesional. Hal ini dapat menunjukkan kesungguhan atau dedikasi kita dalam bekerja.
Apakah saya harus menuliskan pengalaman organisasi? Jika kita memiliki pengalaman organisasi, sebaiknya kita menuliskannya dalam surat lamaran kerja. Pengalaman organisasi dapat menunjukkan kepemimpinan, kemampuan kerjasama tim dan keterampilan lain yang penting dalam pekerjaan.
Bagaimana cara menutup surat lamaran kerja dengan baik? Saat menutup surat lamaran kerja, sebaiknya kita memberikan kesan yang baik dan sopan. Pastikan kita menuliskan kata-kata penutup yang singkat dan jelas. Sebagai contoh, kita dapat menuliskan “Saya sangat berharap untuk dapat berkontribusi dan bergabung dengan tim di PT XYZ.”
TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Bintik Bintik Merah di Wajah

18. Kesimpulan

Menjadi seorang pelamar kerja yang baik tidak hanya mengirimkan surat lamaran kerja yang baik dan benar, tetapi juga harus menunjukkan komitmen dan rasa hormat pada perusahaan yang dilamar. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara mengisi surat lamaran kerja yang sudah jadi dengan 20 langkah mudah. Kami harap artikel ini dapat membantu dalam meningkatkan kesempatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan impian Anda.

19. Referensi:

  • Apa itu Surat Lamaran Kerja [Online] https://www.bacainaja.com/2020/12/apa-itu-surat-lamaran-kerja.html [Diakses pada 6 Oktober 2021]
  • Panduan Menulis Surat Lamaran Kerja yang Menarik [Online] https://www.idntimes.com/life/career/amp/ernawati/panduan-menulis-surat-lamaran-kerja-yang-menarik-c1c2 [Diakses pada 6 Oktober 2021]

20. Saran:

Terakhir, bagi Sohib EditorOnline yang ingin membuat surat lamaran kerja yang menarik dan efektif, pastikan untuk selalu membaca dan mempelajari sumber-sumber yang terpercaya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan setiap detail dalam surat lamaran kerja dan mencantumkan informasi yang relevan dengan posisi yang dilamar. Semoga sukses dalam mencari pekerjaan!

Cara Mengisi Surat Lamaran Kerja Yang Sudah Jadi