Cara Mengobati Asam Urat pada Kaki

>Hello Sohib EditorOnline, apa kabar? Serius, kenapa sekarang asam urat lagi jadi momok yang menakutkan ya? Padahal dulunya sepertinya hanya orang tua yang perlu khawatir akan hal ini.

Apa itu Asam Urat?

Ternyata, asam urat adalah suatu kondisi di mana tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi. Asam urat adalah hasil sampingan dari pemrosesan purin di dalam tubuh. Purin sendiri terdapat pada makanan dan minuman tertentu seperti daging merah, ikan asin, dan minuman beralkohol. Secara normal, tubuh seharusnya dapat membuang asam urat melalui proses urinasi. Namun, jika kadar asam urat terlalu tinggi, maka kristal asam urat dapat terbentuk dan menumpuk di sendi dan jaringan tubuh lainnya, menyebabkan nyeri dan radang.

Gejala Asam Urat pada Kaki

Sohib EditorOnline, jika kamu merasa nyeri dan bengkak pada kaki, terutama pada malam hari, maka itu bisa jadi gejala asam urat pada kaki. Rasa nyeri yang dirasakan biasanya berbeda-beda, ada yang seperti terbakar, sakit, hingga merinding. Rasa nyeri ini biasanya dirasakan pada jempol kaki, tumit, atau pergelangan kaki. Selain itu, asam urat pada kaki juga dapat menyebabkan kulit di sekitar area yang terkena menjadi kemerahan dan terasa panas saat disentuh.

Faktor Risiko Asam Urat pada Kaki

Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena asam urat pada kaki adalah:

  • Memiliki riwayat keluarga yang memiliki asam urat
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya purin
  • Mengalami obesitas
  • Mengalami diabetes
  • Memiliki tekanan darah tinggi

Cara Mengobati Asam Urat pada Kaki

1. Hindari Makanan dan Minuman Kaya Purin

Menghindari makanan dan minuman yang kaya purin sangat penting sebagai langkah pertama dalam mengatasi asam urat pada kaki. Beberapa contoh makanan yang kaya purin adalah:

Makanan Kadar Purin (mg/100g)
Daging sapi 157-259
Daging kambing 168-195
Daging babi 47-141
Seafood 60-120
Minuman beralkohol Bervariasi

Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang rendah purin seperti sayuran hijau, buah, dan biji-bijian.

2. Konsumsi Banyak Air Putih

Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu mempercepat proses pembuangan asam urat dari dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi minimal delapan gelas air putih per hari.

3. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan memperkuat sendi sehingga dapat mengurangi kemungkinan terkena asam urat pada kaki. Namun, perlu diingat untuk memilih olahraga yang tidak melibatkan sendi yang terkena asam urat.

TRENDING 🔥  Cara Menaikkan Kredit Skor ML

4. Konsumsi Obat-obatan

Obat-obatan seperti NSAID (Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs) dan colchicine dapat membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan akibat asam urat pada kaki. Namun, penggunaan obat-obatan ini perlu dengan resep dokter.

FAQ

1. Apakah asam urat dapat sembuh total?

Asam urat dapat ditangani dan gejalanya dapat diredakan dengan pengobatan yang tepat dan gaya hidup sehat. Namun, asam urat tidak dapat sembuh total dan dapat kambuh kapan saja jika tidak dijaga dengan baik.

2. Apakah orang vegetarian berisiko terkena asam urat?

Walaupun kebanyakan makanan yang kaya purin berasal dari daging dan seafood, beberapa sayuran dan biji-bijian juga dapat mengandung purin. Namun, risiko terkena asam urat pada vegetarian lebih rendah karena pola makan mereka yang cenderung rendah purin.

3. Apakah asam urat hanya dapat terjadi pada kaki?

Asam urat dapat terjadi pada berbagai sendi dan jaringan tubuh lainnya, seperti jari tangan, siku, dan bahkan ginjal.

Demikianlah beberapa cara mengobati asam urat pada kaki. Ingatlah untuk selalu menjaga pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang kaya purin. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejala asam urat pada kaki terus berlanjut.

Cara Mengobati Asam Urat pada Kaki