Cara Mengobati Gatal dengan Bawang Putih

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu sering merasakan gatal-gatal di kulit? Jangan khawatir, karena kini kamu bisa mengobati gatal dengan bahan alami yang murah meriah dan mudah didapatkan, yaitu bawang putih. Selain memiliki khasiat untuk mengobati bermacam-macam penyakit, bawang putih juga sangat efektif untuk meredakan gatal di kulit. Yuk, simak lengkapnya cara mengobati gatal dengan bawang putih berikut ini!

1. Berkenalan dengan Bawang Putih

Bawang putih, atau yang dalam bahasa ilmiah disebut Allium sativum, adalah tanaman asli Asia Tengah dan Timur Tengah, namun kini telah menyebar ke seluruh belahan dunia. Masyarakat Indonesia sendiri sudah lama mengenal bawang putih sebagai bahan masakan, karena memiliki aroma yang khas dan rasanya yang lezat.

Namun, bawang putih juga memiliki khasiat medis yang sudah terkenal sejak zaman kuno. Zaman dulu, bawang putih digunakan sebagai obat untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari batuk, flu, hingga diabetes. Kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih telah terbukti ampuh untuk membunuh bakteri dan jamur, serta mencegah peradangan pada tubuh.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Selain mengobati gatal, berikut adalah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan:

No Manfaat
1 Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
2 Mengurangi risiko kanker
3 Meningkatkan kesehatan jantung
4 Meningkatkan kadar kolesterol
5 Meningkatkan fungsi otak

2. Penyebab Gatal pada Kulit

Sebelum membahas cara mengobati gatal dengan bawang putih, penting untuk mengetahui penyebab gatal pada kulit. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit gatal, seperti:

1. Reaksi alergi

Kulit dapat merespon alergen dengan cara yang berbeda-beda pada setiap orang. Reaksi alergi yang umum terjadi pada kulit adalah ruam dan gatal-gatal.

2. Kutu atau serangga

Kutu atau serangga dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Beberapa jenis serangga seperti kutu kasur dan tungau debu dapat menyebabkan reaksi alergi dan gatal yang parah pada kulit.

3. Infeksi jamur

Infeksi jamur pada kulit, seperti kurap atau panu, dapat menyebabkan gatal-gatal dan ruam pada kulit.

4. Kulit kering

Kulit yang sangat kering dapat menyebabkan gatal-gatal dan rasa tidak nyaman pada kulit.

5. Stres dan kecemasan

Beberapa orang dapat mengalami gatal-gatal pada kulit karena stres dan kecemasan yang berlebihan.

3. Cara Mengobati Gatal dengan Bawang Putih

Bawang putih merupakan obat alami yang dapat membantu meredakan gatal pada kulit. Berikut adalah beberapa cara mengobati gatal dengan bawang putih:

1. Menggunakan bawang putih mentah

Caranya mudah, cukup kupas lalu tumbuk bawang putih hingga halus. Oleskan pada area yang gatal dan biarkan selama 10-15 menit. Lakukan beberapa kali sehari hingga gatal mereda. Namun, hindari penggunaan bawang putih mentah pada kulit yang terluka atau sensitif.

TRENDING 🔥  Cara Buat Crepes: Panduan Lengkap Untuk Pemula

2. Membuat ramuan bawang putih dan minyak zaitun

Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan minyak zaitun. Oleskan pada area yang gatal dan biarkan selama 10-15 menit. Lakukan beberapa kali sehari hingga gatal mereda. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada minyak zaitun dapat membantu mempercepat penyembuhan kulit yang gatal.

3. Membuat ramuan bawang putih dan lidah buaya

Bawang putih juga dapat dicampurkan dengan lidah buaya untuk mempercepat penyembuhan kulit yang gatal. Caranya adalah: ambil dua atau tiga batang lidah buaya, buang kulitnya, lalu ambil getahnya. Campurkan getah lidah buaya dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Oleskan pada area yang gatal dan biarkan selama 20-30 menit. Lakukan beberapa kali sehari hingga gatal mereda.

4. FAQ

Apa efek samping dari penggunaan bawang putih?

Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi terhadap bawang putih, seperti kulit gatal-gatal dan bengkak. Selain itu, bawang putih dapat memperburuk masalah pencernaan pada orang yang memiliki riwayat penyakit maag atau asam lambung tinggi. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bawang putih untuk pengobatan.

Apakah bawang putih aman digunakan pada anak-anak?

Bawang putih dapat memberikan manfaat kesehatan untuk anak-anak, namun perlu diingat bahwa anak-anak memiliki kulit yang lebih sensitif. Selalu gunakan bawang putih dengan hati-hati dan jangan biarkan anak mengoleskan sendiri pada kulit mereka. Jangan gunakan pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan.

Mengapa bawang putih dapat membantu meredakan gatal pada kulit?

Kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antiinflamasi. Kandungan tersebut membuat bawang putih efektif dalam mengobati kulit yang gatal akibat reaksi alergi, infeksi jamur, atau peradangan.

Apakah bawang putih dapat menghilangkan gatal secara permanen?

Tidak semua jenis gatal pada kulit dapat diobati dengan bawang putih. Beberapa jenis gatal, seperti gatal akibat psoriasis atau eksim, memerlukan pengobatan yang lebih intensif dan mungkin memerlukan obat-obatan resep medis. Namun, bawang putih dapat membantu meredakan gatal pada kulit secara alami dan efektif.

Apa yang harus dilakukan jika gatal pada kulit tidak sembuh-sembuh?

Jika gatal pada kulit tidak kunjung sembuh hingga beberapa minggu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Mereka dapat melakukan tes kulit atau tes darah untuk menentukan penyebab gatal dan memberikan pengobatan yang sesuai.

Cara Mengobati Gatal dengan Bawang Putih