Cara Mengobati Tengeng untuk Mengetahui Penyebab dan Mencegahnya

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda sedang merasakan sakit di telinga yang disebut tengeng? Jangan khawatir, tengeng memang merupakan masalah yang seringkali dialami oleh banyak orang di Indonesia dan dapat diatasi dengan beberapa cara yang simpel. Pada artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang cara mengobati tengeng dan faktor penyebabnya. Mari simak bersama-sama!

Apa itu Tengeng?

Tengeng atau biasa dikenal dengan nama Otitis Media Akut (OMA) adalah kondisi inflamasi atau peradangan pada telinga tengah. Kondisi ini seringkali terjadi pada bayi dan anak-anak, namun dapat juga dialami oleh orang dewasa. Terdapat dua jenis tengeng, yaitu tengeng dengan efusi (OME) yang merupakan kelainan umum terjadi pada anak-anak dan efusi serosa (OME-S) yang terjadi pada dewasa, namun biasanya lebih ringan dibandingkan OME.

Penyebab Tengeng

Penyebab utama tengeng adalah infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan peradangan pada telinga tengah. Faktor risiko lainnya juga dapat memperburuk kondisi, seperti adanya alergi, paparan asap rokok, sistem imun yang lemah, sering terpapar air, serta perubahan tekanan di dalam pesawat.

Gejala Tengeng

Gejala awal pengidap tengeng biasanya merupakan rasa tidak nyaman di telinga, diikuti dengan rasa sakit yang semakin parah ketika malam hari. Selain itu, beberapa gejala lainnya juga dapat muncul seperti sakit kepala, demam, gangguan pendengaran, dan kadang-kadang disertai dengan mual dan muntah.

Cara Mengobati Tengeng

1. Kompres Hangat

Kompres hangat dapat membantu meredakan rasa sakit akibat tengeng, dengan cara memperbaiki sirkulasi darah di area telinga tengah. Anda dapat menggunakan kain hangat yang sudah dicelupkan air hangat atau botol air hangat untuk melakukan kompres.

2. Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Jika rasa sakit tengeng terlalu parah, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Namun, pastikan Anda membaca aturan pakai dan dosis yang tepat sebelum mengonsumsinya.

3. Tetes Telinga

Tetes telinga dapat membantu mengurangi peradangan di telinga tengah serta membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan tengeng. Terdapat banyak jenis tetes telinga yang tersedia di apotek, namun pastikan untuk mengkonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

4. Anjuran Dokter

Jika kondisi tengeng Anda cukup parah, dokter mungkin akan memberikan obat antibiotik atau steroid untuk membantu mengurangi peradangan di telinga tengah Anda. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Cara Mencegah Tengeng

1. Menjaga Kebersihan Telinga

Membersihkan telinga dengan cara yang benar dapat membantu mencegah timbulnya infeksi telinga tengah. Gunakan kapas atau tisu untuk membersihkan telinga Anda, namun hindari menggunakan cotton bud yang dapat memperparah kondisi telinga Anda.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Meningkatkan sistem imun tubuh dapat membantu mencegah berbagai macam infeksi termasuk tengeng. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta olahraga secara teratur dapat membantu memperkuat sistem imun Anda.

TRENDING 🔥  Cara Mengolah Timun untuk Darah Tinggi

3. Hindari Paparan Asap Rokok

Paparan asap rokok dapat memperburuk kondisi telinga Anda dan meningkatkan risiko terkena infeksi tengeng. Hindari merokok dan hindari juga paparan asap rokok di sekitar Anda.

4. Hindari Terpapar Air

Jangan berenang atau memasukkan air ke dalam telinga Anda ketika tengah dalam kondisi infeksi atau masih dalam pengobatan. Hal tersebut dapat memperburuk kondisi dan menyebabkan infeksi telinga tengah.

5. Hindari Perubahan Tekanan di Dalam Pesawat

Perubahan tekanan di dalam pesawat dapat memperburuk kondisi telinga tengah. Pastikan untuk menelan atau mengunyah permen untuk membantu meredakan kondisi selama penerbangan.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apa saja gejala tengeng? Gejala tengeng meliputi rasa tidak nyaman di telinga, sakit kepala, demam, gangguan pendengaran, dan kadang-kadang disertai dengan mual dan muntah.
2. Bagaimana cara mengobati tengeng? Cara mengobati tengeng dapat dilakukan dengan kompres hangat, mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, tetes telinga, atau dengan mengikuti anjuran dokter. Terapi fisik juga dapat membantu mengatasi tengeng.
3. Apa yang menyebabkan tengeng? Tengeng disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan peradangan pada telinga tengah, serta faktor risiko lainnya seperti adanya alergi, paparan asap rokok, sistem imun yang lemah, sering terpapar air, serta perubahan tekanan di dalam pesawat.
4. Bagaimana cara mencegah terjadinya tengeng? Beberapa cara mencegah tengeng adalah dengan menjaga kebersihan telinga, meningkatkan sistem imun, menghindari paparan asap rokok, hindari kontak dengan air saat telinga dalam kondisi infeksi, dan hindari perubahan tekanan di dalam pesawat.
5. Apa yang harus dilakukan jika tengeng tidak kunjung sembuh? Jika tengeng tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan dengan dokter spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan) untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengobati tengeng dan cara mencegahnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi masalah tengeng Anda. Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika gejala tengeng tidak kunjung sembuh. Terima kasih telah membaca!

Cara Mengobati Tengeng untuk Mengetahui Penyebab dan Mencegahnya