Cara Mengscreenshot di Laptop

>Oleh: Sohib EditorOnline

Pendahuluan

Halo Sohib EditorOnline! Bagaimana kabarmu hari ini? Kali ini kita akan membahas tentang cara mengscreenshot di laptop. Screenshot atau tangkapan layar seringkali dibutuhkan untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat tutorial, membagikan momen penting atau bahkan untuk keperluan pekerjaan. Namun, bagi sebagian orang, mengambil gambar layar di laptop belum tentu menjadi hal yang mudah. Yuk, simak cara-cara yang bisa dilakukan dalam artikel ini!

Apa itu Screenshot?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengscreenshot di laptop, mari kita memahami terlebih dahulu apa itu screenshot. Screenshot adalah proses mengambil gambar layar komputer, termasuk gambar desktop atau gambar jendela aplikasi yang sedang terbuka. Dalam bahasa Indonesia, screenshot dikenal dengan istilah tangkapan layar.

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengambil screenshot di laptop adalah dengan menggunakan tombol Print Screen atau PrtScn. Di dalam keyboard laptop, tombol Print Screen biasanya terletak di atas tombol keypad, tepatnya di sebelah kanan tombol F12.

Untuk mengambil tangkapan layar, cukup tekan tombol Print Screen. Setelah itu, buka program pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop, kemudian tekan tombol Ctrl + V untuk paste gambar yang telah discreenshot. Selanjutnya, kamu bisa menyimpan gambar tersebut dengan cara klik menu File lalu Save As.

Perlu diingat, cara ini hanya akan mengambil screenshot seluruh layar. Jadi, jika kamu ingin mengambil gambar hanya pada jendela aplikasi tertentu, kamu bisa melanjutkan ke cara berikutnya.

2. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Jika kamu ingin mengambil screenshot seluruh layar dan langsung meng-save gambar tersebut, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Caranya cukup mudah, tekan tombol Windows + PrtScn secara bersamaan, maka layar akan langsung berkedip dan gambar screenshot akan tersimpan secara otomatis di dalam folder Screenshots yang berada di Pictures.

Keuntungan dari cara ini adalah kamu tidak perlu repot-repot membuka program pengolah gambar karena gambar akan langsung tersimpan di folder tersebut. Namun sayangnya, cara ini tidak akan berfungsi jika kamu menggunakan Windows versi lama seperti Windows 7 atau sebelumnya.

3. Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Bagi kamu yang ingin mengambil tangkapan layar pada jendela aplikasi tertentu tanpa harus memotret seluruh layar komputer, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen. Caranya cukup mudah, temukan jendela aplikasi yang ingin kamu screenshot, kemudian tekan tombol Alt + PrtScn secara bersamaan.

Seperti pada cara pertama, kamu perlu membuka program pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop, kemudian tekan tombol Ctrl + V untuk paste gambar yang telah discreenshot. Selanjutnya, kamu bisa menyimpan gambar tersebut dengan cara klik menu File lalu Save As.

TRENDING 🔥  Cara Bikin KTP Online Garut

4. Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Cara ini tersedia untuk kamu yang menggunakan Windows 10. Jika menggunakan kombinasi tombol ini, kamu akan dapat memilih area layar mana saja yang ingin discreenshot, mulai dari bentuk persegi panjang hingga bentuk bebas.

Setelah memilih area yang diinginkan, gambar tersebut akan tersimpan di dalam clipboard. Kamu bisa menyimpan gambar tersebut dengan cara buka program pengolah gambar, kemudian tekan tombol Ctrl + V untuk paste gambar yang telah discreenshot. Selanjutnya, kamu bisa menyimpan gambar tersebut dengan cara klik menu File lalu Save As.

FAQ

Apa itu tangkapan layar?

Tangkapan layar atau screenshot adalah proses mengambil gambar layar komputer, termasuk gambar desktop atau gambar jendela aplikasi yang sedang terbuka.

Bagaimana cara mengambil screenshot di laptop?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengambil screenshot di laptop, yaitu menggunakan tombol Print Screen, tombol Windows + PrtScn, tombol Alt + PrtScn, atau tombol Windows + Shift + S (hanya tersedia pada Windows 10).

Apa kegunaan dari tangkapan layar?

Tangkapan layar seringkali dibutuhkan untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat tutorial, membagikan momen penting atau bahkan untuk keperluan pekerjaan.

Bagaimana cara menyimpan gambar hasil screenshot?

Jika menggunakan cara pertama atau kedua, kamu perlu membuka program pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop, kemudian tekan tombol Ctrl + V untuk paste gambar yang telah discreenshot. Selanjutnya, kamu bisa menyimpan gambar tersebut dengan cara klik menu File lalu Save As. Jika menggunakan cara ketiga atau keempat, gambar akan tersimpan di clipboard dan kamu bisa paste ke program pengolah gambar lalu menyimpannya seperti pada cara sebelumnya.

Cara Mengscreenshot di Laptop