Cara Mengubah Akun WhatsApp Menjadi Akun Bisnis

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu sudah memiliki bisnis online dan ingin memperluas jangkauan melalui WhatsApp? Jika iya, kamu bisa mengubah akun WhatsApp biasa menjadi akun bisnis. Berikut adalah langkah-langkah dan informasi penting yang perlu kamu ketahui.

Persiapan Sebelum Mengubah Akun

Sebelum mengubah akun WhatsApp menjadi akun bisnis, ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan:

1. Pastikan Nomor WhatsApp Sudah Terdaftar

Pertama-tama, pastikan nomor telepon yang kamu gunakan untuk akun WhatsApp sudah terdaftar. Jika belum, registrasi nomor telepon terlebih dahulu.

2. Backup Data Chat

Sebelum mengubah akun, sebaiknya backup data chat terlebih dahulu. Caranya, buka aplikasi WhatsApp, pilih menu “Settings”, kemudian pilih “Chats”, dan pilih “Chat Backup”. Kamu bisa memilih backup secara manual atau otomatis.

3. Yakinkan Diri Mengenai Keinginan Mengubah Akun

Mengubah akun WhatsApp menjadi akun bisnis berarti kamu akan kehilangan beberapa fitur dari akun WhatsApp biasa seperti membuat Status, mengirim pesan ke nomor yang belum terdaftar di kontak, dan lain-lain. Pastikan kamu sudah yakin dan siap mengubah akun sebelum melanjutkan.

Cara Mengubah Akun WhatsApp Menjadi Akun Bisnis

Berikut adalah cara mengubah akun WhatsApp menjadi akun bisnis:

1. Unduh Aplikasi WhatsApp Business

Unduh aplikasi WhatsApp Business melalui Google Play Store atau App Store. Pastikan kamu menggunakan akun Google atau Apple yang sama dengan akun WhatsApp biasa yang ingin diubah.

2. Verifikasi Nomor Telepon

Setelah aplikasi diunduh, verifikasi nomor telepon yang akan digunakan untuk akun bisnis. Pastikan nomor tersebut sudah terhubung dengan akun WhatsApp biasa.

3. Isi Profil Bisnis

Setelah nomor telepon terverifikasi, kamu akan diminta untuk mengisi profil bisnis. Isi nama bisnis, alamat, dan deskripsi singkat. Jangan lupa untuk tambahkan foto profil dan foto latar belakang yang sesuai dengan bisnis kamu.

4. Import Data Chat

Jika kamu ingin mengimport data chat dari akun WhatsApp biasa, kamu bisa memilih opsi “Import Chat History” saat diminta untuk memulai obrolan baru. Pilih akun WhatsApp biasa dan tunggu proses import selesai.

Fitur-Fitur WhatsApp Bisnis

Setelah mengubah akun WhatsApp menjadi akun bisnis, kamu akan memiliki akses ke beberapa fitur tambahan. Berikut adalah beberapa fitur WhatsApp Bisnis yang perlu kamu ketahui:

1. Message Templates

Dengan message templates, kamu bisa membuat pesan yang dikirimkan ke pelanggan secara otomatis seperti pesan ucapan selamat, konfirmasi pesanan, dan lain-lain. Kamu juga bisa menyesuaikan pesan sesuai dengan kebutuhan.

TRENDING 🔥  Cara Mengecek Apakah Dapat Bantuan UMKM

2. Business Profile

Fitur business profile memungkinkan kamu untuk menampilkan informasi bisnis seperti alamat, jam operasional, dan deskripsi singkat. Hal ini akan membantu pelanggan mengetahui informasi penting tentang bisnis kamu.

3. Quick Replies

Dengan quick replies, kamu bisa menyimpan dan mengakses pesan-pesan yang sering digunakan, sehingga mempercepat respon pesan kepada pelanggan.

4. Labels

Labels memungkinkan kamu untuk mengelompokkan pesan-pesan ke dalam kategori tertentu seperti pesanan baru, pesanan selesai, atau pesan yang perlu direspon. Hal ini akan membantu kamu dalam mengorganisir pesan-pesan yang masuk.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya bisa mengubah akun WhatsApp biasa menjadi akun bisnis tanpa kehilangan data chat? Ya, kamu bisa mengimport data chat dari akun WhatsApp biasa ke akun WhatsApp bisnis.
Apakah saya bisa kembali menggunakan akun WhatsApp biasa setelah mengubah menjadi akun bisnis? Ya, kamu bisa mengubah akun WhatsApp bisnis menjadi akun biasa kapan saja.
Apakah semua fitur WhatsApp biasa masih tersedia di WhatsApp Bisnis? Tidak, beberapa fitur seperti membuat Status tidak tersedia di WhatsApp Bisnis.

Sekian informasi mengenai cara mengubah akun WhatsApp menjadi akun bisnis. Semoga bermanfaat untuk bisnis kamu. Jangan lupa untuk menghubungi kami jika kamu memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan. Terima kasih sudah membaca!

Cara Mengubah Akun WhatsApp Menjadi Akun Bisnis