Cara Mengubah Desimal ke Pecahan

>Hello Sohib EditorOnline, jika kamu sedang mencari cara mudah untuk mengubah desimal ke pecahan, kamu datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini, kita akan membahas cara yang mudah dan praktis untuk melakukan konversi desimal ke pecahan.

Apa itu Desimal dan Pecahan?

Sebelum kita mulai, mari kita jelaskan terlebih dahulu apa itu desimal dan pecahan. Desimal adalah bentuk bilangan yang mengandung titik atau koma, sedangkan pecahan adalah bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut, dipisahkan dengan garis miring. Misalnya, 0.5 adalah desimal sedangkan 1/2 adalah pecahan.

Desimal ke Pecahan Biasa

Langkah pertama dalam mengubah desimal ke pecahan adalah dengan menentukan pembilang dan penyebut pecahan. Misalnya, jika kita ingin mengubah 0.5 menjadi pecahan biasa, kita perlu menentukan pembilang dan penyebut.

Pembilang Penyebut
5 10

Dalam hal ini, pembilang adalah 5 dan penyebut adalah 10. Kita bisa memperpendek pecahan tersebut menjadi 1/2 dengan membagi kedua angka tersebut dengan faktor yang sama, dalam hal ini adalah 5.

1/2 adalah bentuk pecahan biasa dari 0.5. Kamu bisa menerapkan metode yang sama untuk mengubah desimal lain menjadi pecahan biasa.

Desimal ke Pecahan Campuran

Untuk mengubah desimal ke pecahan campuran, langkah pertama adalah mengubah desimal menjadi pecahan biasa. Misalnya, jika kita ingin mengubah 2.5 menjadi pecahan campuran, kita bisa mengubahnya menjadi 5/2 terlebih dahulu.

Pembilang Penyebut
5 2

Selanjutnya, kita perlu membagi pembilang dengan penyebut untuk mendapatkan nilai bulat. Dalam hal ini, 5 dibagi dengan 2 akan menghasilkan 2 dengan sisa 1.

2.5 dapat ditulis sebagai 2 1/2, yang merupakan bentuk pecahan campuran dari 2.5. Kamu bisa menerapkan metode yang sama untuk mengubah desimal lain menjadi pecahan campuran.

FAQ

1. Apa cara mudah untuk mengubah desimal ke pecahan?

Untuk mengubah desimal ke pecahan, kamu perlu menentukan pembilang dan penyebut terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa memperpendek pecahan tersebut dengan membagi kedua angka tersebut dengan faktor yang sama. Jika kamu ingin mengubah desimal menjadi pecahan campuran, kamu perlu mengubahnya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu.

2. Bagaimana cara mengubah 0.75 menjadi pecahan?

Untuk mengubah 0.75 menjadi pecahan, kamu perlu menentukan pembilang dan penyebut terlebih dahulu. Dalam hal ini, pembilang adalah 75 dan penyebut adalah 100. Kita bisa memperpendek pecahan tersebut dengan membagi kedua angka tersebut dengan faktor yang sama, dalam hal ini adalah 25. Oleh karena itu, 0.75 dapat ditulis sebagai 3/4.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Notif Penerusan Panggilan: Solusi Praktis dan Efektif

3. Bagaimana cara mengubah 3.25 menjadi pecahan campuran?

Untuk mengubah 3.25 menjadi pecahan campuran, kamu perlu mengubahnya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Dalam hal ini, 3.25 dapat ditulis sebagai 13/4. Selanjutnya, kamu perlu membagi pembilang dengan penyebut untuk mendapatkan nilai bulat. Dalam hal ini, 13 dibagi dengan 4 akan menghasilkan 3 dengan sisa 1. Oleh karena itu, 3.25 dapat ditulis sebagai 3 1/4.

Sekian artikel ini tentang cara mengubah desimal ke pecahan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu dalam melakukan konversi desimal ke pecahan. Terima kasih telah membaca.

Cara Mengubah Desimal ke Pecahan