Cara Mengubah Excel ke PDF

>Hello Sohib EditorOnline, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara mengubah file excel menjadi PDF. Seperti yang kita ketahui, PDF (Portable Document Format) adalah format dokumen yang paling sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti presentasi, dokumen bisnis, hingga pemasaran online. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui cara mengubah file excel ke PDF agar dapat memudahkan kita dalam berbagai keperluan bisnis dan pekerjaan.

Pengenalan Excel dan PDF

Sebelum membahas cara mengubah file excel ke PDF, ada baiknya kita mengenal lebih jauh mengenai kedua format file tersebut. Excel merupakan program aplikasi pengolah angka yang sering digunakan untuk membuat tabel, grafik, dan rumus-rumus dasar dalam bisnis. Sementara itu, PDF adalah format dokumen yang dikembangkan oleh Adobe Systems yang dapat menampilkan format dokumen yang sama pada berbagai perangkat, independen dari sistem operasi, perangkat keras dan aplikasi.

Apa Kelebihan PDF Dibandingkan Dengan Excel?

Dalam bisnis, PDF sering digunakan sebagai format standar presentasi, dokumen bisnis, dan pemasaran online. Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan PDF, di antaranya:

Keuntungan Menggunakan PDF Penjelasan
Format yang konsisten PDF dapat menampilkan format dokumen yang sama pada berbagai perangkat independen dari sistem operasi dan aplikasi
Keamanan Dokumen PDF dapat diatur dengan berbagai macam aksesibilitas dan hak akses, sehingga dapat menghindari dokumen yang dirusak atau diubah secara tidak sengaja
Ukuran Kecil PDF memiliki ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan dokumen excel, sehingga lebih mudah dan cepat untuk dikirim melalui email atau internet

Apa Sih Sebenarnya PDF itu?

Portable Document Format atau PDF adalah format file yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1990. PDF adalah format file yang terdiri dari teks, gambar, grafik, dan jenis konten digital lainnya yang dikemas dalam file tunggal. Dokumen PDF dapat dirancang untuk berbagai keperluan, seperti presentasi, dokumen bisnis, dan pemasaran produk. PDF sangat populer dalam lingkup bisnis karena portable dan mudah dibaca pada perangkat yang berbeda.

Cara Mengubah Excel ke PDF

Menggunakan Fitur Export pada Microsoft Excel

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengubah file excel ke PDF adalah dengan menggunakan fitur export pada Microsoft Excel. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka file excel yang ingin diubah menjadi PDF
  2. Klik menu File pada bagian kiri atas layar
  3. Pilih Export pada menu drop down
  4. Pilih Create PDF/XPS pada menu export
  5. Tentukan tempat untuk menyimpan file PDF dan berikan nama pada file PDF
  6. Klik OK untuk menyimpan file PDF

Dengan menggunakan cara ini, file excel akan otomatis terkonversi menjadi PDF tanpa kehilangan format, tabel, dan grafik yang sudah dibuat pada file excel.

TRENDING 🔥  Sebutkan Dua Cara Melatih Kekuatan Otot Perut

Menggunakan Kolom Save As

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk mengubah file excel menjadi PDF adalah dengan menggunakan kolom Save As. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka file excel yang ingin diubah menjadi PDF
  2. Klik menu File pada bagian kiri atas layar
  3. Pilih Save As pada menu drop down
  4. Pada opsi Save As Type, pilih PDF (*.pdf)
  5. Tentukan tempat untuk menyimpan file PDF dan berikan nama pada file PDF
  6. Klik OK untuk menyimpan file PDF

Dengan menggunakan cara ini, file excel akan otomatis terkonversi menjadi PDF tanpa kehilangan format, tabel, dan grafik yang sudah dibuat pada file excel.

FAQ

1. Mengapa Harus Mengubah File Excel ke PDF?

Jawaban:

PDF adalah format dokumen yang paling sering digunakan pada berbagai keperluan seperti presentasi, dokumen bisnis, hingga pemasaran online. Dengan mengubah file excel ke PDF, dokumen yang dibuat akan lebih terstruktur, mudah dibaca, dan dapat diakses pada berbagai perangkat tanpa kehilangan format, tabel, dan grafik yang sudah dibuat pada file excel.

2. Apa Kelebihan PDF Dibandingkan dengan Format Dokumen Lainnya?

Jawaban:

PDF memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan format dokumen lainnya, seperti:

  • Format yang konsisten
  • Keamanan Dokumen
  • Ukuran Kecil

3. Apakah Ada Software Gratis Untuk Mengubah Excel ke PDF?

Jawaban:

Ya, ada beberapa software gratis yang dapat digunakan untuk mengubah file excel ke PDF, seperti LibreOffice, OpenOffice, dan SmallPDF.

4. Bisakah PDF Dibuka pada Perangkat yang Berbeda?

Jawaban:

Ya, PDF dapat dibuka pada berbagai perangkat independen dari sistem operasi dan aplikasi yang digunakan. Oleh karena itu, PDF sering digunakan pada berbagai keperluan seperti presentasi, dokumen bisnis, dan pemasaran online.

5. Apakah Format PDF Aman?

Jawaban:

Ya, format PDF sangat aman karena dapat diatur dengan berbagai macam aksesibilitas dan hak akses, sehingga dapat menghindari dokumen yang dirusak atau diubah secara tidak sengaja.

6. Apakah Ada Batasan Ukuran File PDF?

Jawaban:

Ya, ada batasan ukuran file pada PDF. Namun, batasan tersebut tergantung pada jenis PDF dan platform yang digunakan.

Kesimpulan

Demikianlah cara mengubah file excel menjadi PDF dan beberapa keuntungan dalam menggunakan format PDF. Dengan mengubah file excel ke PDF, dokumen yang dibuat akan lebih terstruktur, mudah dibaca, dan dapat diakses pada berbagai perangkat tanpa kehilangan format, tabel, dan grafik yang sudah dibuat pada file excel. Jika masih ada pertanyaan terkait dengan hal ini, jangan ragu untuk bertanya pada kami. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sohib EditorOnline!

Cara Mengubah Excel ke PDF