Cara Mengurangi Darah Tinggi

>Hello Sohib EditorOnline! Kesehatan kita adalah hal yang sangat penting. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah menjaga tekanan darah. Tingginya tekanan darah dapat menjadi masalah serius dan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang lebih berbahaya.

Apa itu Darah Tinggi?

Darah tinggi, atau hipertensi, terjadi ketika tekanan darah Anda terus-menerus tinggi. Ini dapat menempatkan stres berlebih pada jantung, arteri, dan organ lainnya dalam tubuh Anda. Ada dua angka yang digunakan untuk mengukur tekanan darah:

Sistolik Diastolik
Angka pertama dalam pembacaan tekanan darah. Ini adalah tekanan yang dibangkitkan ketika jantung Anda berkontraksi dan menekan darah ke arteri. Angka kedua dalam pembacaan tekanan darah. Ini adalah tekanan di antara detak jantung, ketika jantung Anda sedang beristirahat dan mengisi dengan darah

Angka normal untuk tekanan darah adalah kurang dari 120/80 mmHg. Anda memiliki tekanan darah tinggi jika angka-angka Anda adalah 130 atau lebih untuk sistolik atau 80 atau lebih untuk diastolik.

Penyebab Darah Tinggi

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan darah tinggi, termasuk:

  • Makan makanan yang tinggi garam
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Merokok atau mengonsumsi alkohol
  • Genetika
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Stres
  • Obstruksi arteri

Cara Mengurangi Darah Tinggi

1. Mengurangi Asupan Garam

Makanan yang mengandung garam berlebihan dapat merusak kesehatan dan meningkatkan tekanan darah. Karena itu, mengurangi asupan garam bisa membantu mengurangi tekanan darah Anda. Coba kurangi jumlah garam yang Anda tambahkan ke dalam makanan Anda dan hindari makanan yang tinggi garam, seperti camilan kemasan atau makanan cepat saji.

2. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Kalium

Makanan yang kaya kalium, seperti pisang, kentang, bayam, dan ikan salmon, dapat membantu mengurangi tekanan darah Anda. Kalium membantu melawan efek natrium pada tubuh Anda dan membantu menjaga keseimbangan elektrolit Anda.

3. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah serta membantu menjaga berat badan yang sehat. Cobalah untuk berolahraga selama setidaknya 30 menit setiap hari.

4. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko Anda terkena darah tinggi. Menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi tekanan darah Anda.

TRENDING 🔥  Cara Mendownload Minecraft Mojang

5. Menghindari Merokok dan Alkohol

Menghindari rokok dan alkohol dapat membantu mengurangi risiko darah tinggi. Kedua bahan kimia ini dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah Anda.

Tanya Jawab

1. Apa yang harus saya lakukan jika tekanan darah saya terus-menerus tinggi?

Jika tekanan darah Anda terus tinggi, segera hubungi dokter Anda. Dokter mungkin merekomendasikan perubahan gaya hidup atau obat untuk membantu mengurangi tekanan darah Anda.

2. Berapa banyak garam yang seharusnya saya konsumsi setiap hari?

American Heart Association merekomendasikan bahwa orang dewasa hanya mengonsumsi sekitar satu sendok teh garam (2.3 gram) per hari. Namun, pastikan untuk membicarakan jumlah garam yang tepat dengan dokter Anda tergantung pada kondisi kesehatan Anda.

3. Apakah tekanan darah tinggi selalu memerlukan obat?

Tergantung pada keparahan tekanan darah Anda dan faktor risiko kesehatan lainnya, dokter Anda mungkin merekomendasikan perubahan gaya hidup atau obat untuk membantu mengurangi tekanan darah Anda. Selalu bicarakan dengan dokter Anda tentang opsi perawatan terbaik untuk situasi Anda.

Cara Mengurangi Darah Tinggi