Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Online

>

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Online

Hello Sohib EditorOnline, jika kamu sedang menulis sebuah makalah, tugas akhir, atau skripsi, pasti kamu pernah mendengar istilah daftar pustaka, bukan? Daftar pustaka merupakan bagian penting dalam sebuah karya ilmiah. Dengan adanya daftar pustaka, pembaca bisa memeriksa sumber referensi yang kamu gunakan. Jika referensi yang kamu gunakan kurang akurat atau tidak valid, maka kredibilitas karya ilmiahmu akan dipertanyakan.

1. Apa itu Daftar Pustaka?

Daftar pustaka adalah bagian dari sebuah karya ilmiah yang berisi daftar sumber-sumber yang digunakan sebagai referensi atau acuan dalam penyusunan karya ilmiah tersebut. Referensi-referensi tersebut dapat berupa buku, jurnal, artikel, atau sumber elektronik lainnya.

Daftar pustaka biasanya diletakkan di akhir karya ilmiah dengan urutan berdasarkan abjad (penulis atau judul) dan harus mengikuti format penulisan yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Untuk daftar pustaka dari jurnal online, kamu harus memperhatikan beberapa hal yang berbeda dengan daftar pustaka dari buku atau jurnal cetak. Berikut adalah cara menulis daftar pustaka dari jurnal online yang benar.

2. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Online

Berikut adalah langkah-langkah cara menulis daftar pustaka dari jurnal online:

2.1 Cari informasi tentang jurnal online tersebut

Sebelum kamu menulis daftar pustaka dari jurnal online, kamu harus mencari informasi penting tentang jurnal tersebut. Informasi tersebut meliputi:

No Informasi yang Diperlukan
1 Nama penulis artikel
2 Judul artikel
3 Nama jurnal
4 Tahun terbit jurnal
5 Volume jurnal
6 Nomor jurnal
7 Halaman artikel
8 DOI (Digital Object Identifier)

2.2 Tulis penulis dan judul artikel

Setelah kamu mendapatkan informasi tentang artikel yang akan kamu gunakan sebagai referensi, tuliskan nama penulis dan judul artikel dengan format yang benar. Contohnya:

Penulis: Fransiska, D.K. dan Fauzi, A.

Judul: Validity and Reliability Test Results of the Learning Management Systems Questionnaire based on Student Multimedia Preferences

2.3 Tulis nama jurnal

Tuliskan nama jurnal dengan format yang benar dan tambahkan tautan ke jurnal online tersebut (jika tersedia). Contohnya:

Nama Jurnal: Advanced Science Letters (http://www.aspbs.com/science.htm)

2.4 Tulis tahun terbit jurnal

Tuliskan tahun terbit jurnal dengan format yang benar. Contohnya:

Tahun Terbit: 2021

2.5 Tulis volume dan nomor jurnal

Tuliskan volume dan nomor jurnal dengan format yang benar. Contohnya:

TRENDING 🔥  What is Syphilis?

Volume: 27

Nomor: 5

2.6 Tulis halaman artikel

Tuliskan halaman artikel dengan format yang benar. Contohnya:

Halaman: 3329-3335

2.7 Tulis DOI (Digital Object Identifier)

DOI (Digital Object Identifier) adalah kode unik yang diberikan pada sebuah artikel jurnal online. Kode ini memungkinkan pembaca untuk menemukan artikel tersebut di jurnal online. Tuliskan DOI (jika tersedia) dengan format yang benar. Contohnya:

DOI: 10.1166/asl.2021.15004

3. Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal Online

Berikut adalah contoh daftar pustaka dari jurnal online dengan format yang benar:

Fransiska, D.K. dan Fauzi, A., Validity and Reliability Test Results of the Learning Management Systems Questionnaire based on Student Multimedia Preferences, Advanced Science Letters (http://www.aspbs.com/science.htm), 27(5), 3329-3335, 2021, DOI: 10.1166/asl.2021.15004

4. FAQ

4.1 Apa itu DOI?

DOI (Digital Object Identifier) adalah kode unik yang diberikan pada sebuah artikel jurnal online. Kode ini memungkinkan pembaca untuk menemukan artikel tersebut di jurnal online.

4.2 Apakah saya harus selalu mencantumkan DOI dalam daftar pustaka dari jurnal online?

Jika artikel yang kamu gunakan memiliki DOI, maka kamu harus mencantumkannya dalam daftar pustaka. Namun, jika artikel tersebut tidak memiliki DOI, maka kamu tidak perlu mencantumkannya.

4.3 Apakah saya harus mencantumkan tanggal akses dalam daftar pustaka dari jurnal online?

Tanggal akses hanya perlu dicantumkan jika kamu menggunakan artikel yang tidak memiliki DOI dan kamu mengakses artikel tersebut melalui website jurnal online. Namun, jika artikel tersebut memiliki DOI, maka tanggal akses tidak perlu dicantumkan.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Online