Cara Menulis Footnote dari Skripsi

>Selamat datang kembali, Sohib EditorOnline! Kali ini kita akan membahas tentang Cara Menulis Footnote dari Skripsi. Footnote merupakan hal yang penting dalam skripsi karena dapat menunjukkan sumber referensi yang digunakan. Namun, seringkali kita kesulitan untuk menulis footnote yang benar. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara menulis footnote dengan benar dan mudah dipahami.

Apa itu Footnote?

Sebelum kita membahas cara menulis footnote, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu footnote. Footnote adalah keterangan yang diletakkan di bagian bawah halaman yang menjelaskan atau memberikan informasi tambahan terkait dengan suatu teks atau tulisan. Footnote digunakan untuk menunjukkan sumber referensi atau memberikan penjelasan tambahan terkait dengan suatu kalimat atau paragraf dalam tulisan.

Berikut adalah contoh footnote:

No Nama Penulis Judul Buku Tahun Terbit Halaman
1. John Doe The Art of Writing 2010 27

Dalam contoh di atas, footnote diletakkan di bagian bawah halaman dan memberikan informasi tentang sumber referensi yang digunakan.

Cara Menulis Footnote dari Skripsi

Persiapan

Sebelum kita mulai menulis footnote, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, antara lain:

1. Siapkan daftar pustaka

Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi sumber referensi yang digunakan dalam skripsi. Pastikan daftar pustaka sudah disusun dengan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

2. Tentukan gaya penulisan footnote

Ada beberapa gaya penulisan footnote yang dapat digunakan, antara lain APA, MLA, dan Chicago. Pastikan Anda mengetahui gaya penulisan yang digunakan dalam skripsi.

Langkah-langkah

Berikut adalah langkah-langkah dalam menulis footnote dari skripsi:

1. Tentukan sumber referensi

Tentukan sumber referensi yang akan dijadikan footnote. Pastikan sumber referensi tersebut sudah tercantum di daftar pustaka.

2. Tentukan format footnote

Tentukan format footnote sesuai dengan gaya penulisan yang digunakan. Biasanya, format footnote terdiri dari nama penulis, judul buku/artikel, tahun terbit, dan halaman.

3. Tulis footnote

Tuliskan footnote di bagian bawah halaman yang sesuai dengan kalimat atau paragraf yang ingin diberi keterangan tambahan atau referensi. Pastikan footnote ditulis dengan format yang benar sesuai dengan gaya penulisan yang digunakan.

4. Urutkan footnote

Urutkan footnote secara kronologis sesuai dengan kemunculannya dalam teks. Jika terdapat dua atau lebih footnote yang berasal dari sumber referensi yang sama, tambahkan huruf kecil setelah tahun terbit. Contohnya: (Doe, 2010a).

TRENDING 🔥  Cara Membaca Puisi Disebut Dengan

5. Periksa kembali

Periksa kembali footnote yang sudah ditulis. Pastikan footnote sudah disusun dengan benar dan sesuai dengan gaya penulisan yang digunakan.

FAQ

1. Apa itu footnote?

Footnote adalah keterangan yang diletakkan di bagian bawah halaman yang menjelaskan atau memberikan informasi tambahan terkait dengan suatu teks atau tulisan.

2. Apa fungsi dari footnote dalam skripsi?

Footnote digunakan untuk menunjukkan sumber referensi atau memberikan penjelasan tambahan terkait dengan suatu kalimat atau paragraf dalam tulisan.

3. Bagaimana cara menulis footnote dengan benar?

Untuk menulis footnote dengan benar, Anda perlu menentukan sumber referensi, format footnote sesuai dengan gaya penulisan yang digunakan, menuliskan footnote di bagian bawah halaman yang sesuai dengan kalimat atau paragraf yang ingin diberi keterangan tambahan atau referensi, mengurutkan footnote secara kronologis, dan memeriksa kembali footnote yang sudah ditulis.

4. Apa saja gaya penulisan footnote yang umum digunakan?

Beberapa gaya penulisan footnote yang umum digunakan antara lain APA, MLA, dan Chicago.

5. Bagaimana cara menghindari plagiarism dalam penulisan footnote?

Cara menghindari plagiarism dalam penulisan footnote adalah dengan mengutip sumber referensi secara akurat sesuai dengan gaya penulisan yang digunakan dan menghindari penggunaan ungkapan atau kalimat yang sama dengan sumber referensi.

Kesimpulan

Menulis footnote dari skripsi memang bisa menjadi hal yang sulit jika tidak memahami cara penulisannya. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menulis footnote dengan benar dan mudah dipahami. Pastikan selalu memeriksa kembali footnote yang sudah ditulis agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan.

Cara Menulis Footnote dari Skripsi