Primary Title: Cara Menulis Lamaran Kerja

>Dear Sohib EditorOnline,Hello and welcome to this journal article that will guide you through the process of writing a job application letter in Bahasa Indonesia, or as we commonly refer to it as “cara menulis lamaran kerja”. With the increasing competition in the job market, it’s important to make sure that your job application letter stands out from the rest. In this article, we will take you through a step-by-step process to create an effective and impressive job application letter.

1. Pahami Persyaratan Lamaran Kerja

Sebelum menulis lamaran kerja, penting untuk memahami persyaratan yang diminta oleh perusahaan. Hal ini dapat membantu kamu untuk menyesuaikan isi lamaran kerjamu dengan kebutuhan perusahaan. Pastikan juga kamu mengetahui jenis pekerjaan yang kamu lamar, kualifikasi yang dibutuhkan, dan tugas yang akan dilakukan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memahami persyaratan lamaran kerja adalah:

Persyaratan Lamaran Kerja Penjelasan
Jenis Pekerjaan Pastikan kamu memahami jenis pekerjaan yang kamu lamar, misalnya apakah itu pekerjaan di bidang IT, pemasaran, atau keuangan.
Kualifikasi yang Dibutuhkan Pelajari kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, seperti pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian tertentu.
Tugas yang Dilakukan Pelajari tugas-tugas yang akan dilakukan jika kamu diterima bekerja. Hal ini dapat membantumu membuat lamaran kerja yang menonjol.

2. Buat Surat Lamaran Kerja dalam Format yang Tepat

Setelah memahami persyaratan lamaran kerja, langkah selanjutnya adalah membuat surat lamaran kerja dalam format yang tepat. Surat lamaran kerja harus memiliki struktur yang jelas dan mudah dipahami oleh penerima surat.

Berikut adalah format umum surat lamaran kerja:

Bagian Surat Lamaran Kerja Penjelasan
Header Memuat informasi pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email.
Penulis Surat Berisi informasi tentang siapa yang menulis surat, termasuk pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian.
Penerima Surat Berisi informasi tentang perusahaan dan orang yang menerima surat lamaran kerja, termasuk alamat dan kontak.
Isi Surat Berisi informasi tentang mengapa kamu tertarik pada posisi tersebut, kualifikasimu, dan mengapa kamu merasa cocok untuk posisi tersebut.
Tutup Surat Mengucapkan terima kasih dan memberikan kontak jika diperlukan untuk wawancara atau informasi lebih lanjut.

2.1. Header Surat Lamaran Kerja

Header surat lamaran kerja harus memuat informasi pribadi termasuk:

  • Nama lengkap
  • Alamat (jangan lupa kode pos)
  • Nomor telepon
  • Email

2.2. Penulis Surat Lamaran Kerja

Bagian ini berisi informasi tentang siapa yang menulis surat lamaran kerja, termasuk:

  • Nama lengkap
  • Alamat
  • Jabatan saat ini (jika ada)
  • Pendidikan terakhir
  • Pengalaman kerja
  • Keahlian
TRENDING 🔥  Cara Mengatur Ukuran Objek yang Telah Disisipkan dengan Cara

2.3. Penerima Surat Lamaran Kerja

Informasi yang harus termasuk di bagian penerima surat lamaran kerja adalah:

  • Nama perusahaan
  • Nama orang yang ditujukan (HRD, Manajer Keuangan, atau pihak yang berwenang lainnya)
  • Alamat perusahaan
  • Nomor telepon perusahaan
  • Email perusahaan

2.4. Isi Surat Lamaran Kerja

Isi surat lamaran kerja harus jelas dan relevan dengan posisi yang kamu lamar. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis isi surat lamaran kerja adalah:

  • Mengapa kamu tertarik pada posisi tersebut
  • Bagaimana kualifikasimu dapat mendukung posisi tersebut
  • Mengapa kamu merasa cocok untuk posisi tersebut
  • Apa yang kamu tawarkan bagi perusahaan (misalnya keahlian tertentu atau pengalaman yang relevan)

2.5. Tutup Surat Lamaran Kerja

Tutup surat lamaran kerja harus singkat dan jelas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis tutup surat lamaran kerja adalah:

  • Ucapan terima kasih
  • Memberikan kontak apabila dibutuhkan untuk wawancara atau informasi lebih lanjut

3. Periksa Kembali Surat Lamaran Kerja sebelum Mengirimkannya

Setelah menulis surat lamaran kerja, pastikan kamu memeriksa kembali surat tersebut. Hal ini dapat membantumu menghindari kesalahan yang tidak disengaja dan memastikan bahwa surat lamaran kerja telah sesuai dengan persyaratan perusahaan dan format yang tepat.

FAQ: Cara Menulis Lamaran Kerja

Q: Berapa panjang surat lamaran kerja?

A: Surat lamaran kerja idealnya tidak terlalu panjang, sekitar satu halaman A4. Pastikan isi surat lamaran kerja kamu singkat dan padat, namun tidak kekurangan informasi penting.

Q: Apakah saya perlu menyertakan riwayat hidup?

A: Tidak selalu. Beberapa perusahaan meminta untuk menyertakan riwayat hidup (CV), tetapi jika tidak disebutkan dalam persyaratan lamaran kerja, kamu bisa tidak menyertakannya. Namun, pastikan kamu menuliskan semua informasi penting di dalam surat lamaran kerja.

Q: Saya belum memiliki pengalaman kerja, bagaimana cara menulis surat lamaran kerja?

A: Jangan khawatir! Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, fokus pada kualitas dan keahlianmu. Ceritakan juga mengapa kamu tertarik pada posisi tersebut dan apa yang membuatmu merasa cocok untuk posisi tersebut.

Q: Apakah saya perlu menambahkan informasi yang tidak terkait dengan posisi yang saya lamar?

A: Tidak perlu! Pastikan semua informasi yang kamu tuliskan relevan dengan posisi yang kamu lamar. Ingatlah bahwa surat lamaran kerja harus mencerminkan kemampuanmu yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Q: Apakah saya perlu menuliskan gaji yang diinginkan?

A: Tidak selalu. Beberapa perusahaan meminta informasi gaji yang diinginkan, tetapi jika tidak diminta, kamu tidak perlu menuliskannya. Jika kamu merasa perlu untuk memberikan informasi tersebut, pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui rentang gaji yang realistis untuk posisi tersebut.

Q: Apakah saya perlu mengepos surat lamaran kerja atau cukup mengirimkannya via email?

A: Bergantung pada persyaratan perusahaan. Beberapa perusahaan meminta surat lamaran kerja dikirim melalui pos, sedangkan yang lain meminta untuk dikirim melalui email.

Penutup

Dalam pembuatan surat lamaran kerja, perlu diperhatikan beberapa hal seperti memahami persyaratan lamaran kerja, membuat surat dalam format yang tepat, dan memeriksanya sebelum mengirimkannya. Jangan lupa juga untuk fokus pada kemampuan dan kualitasmu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam menulis surat lamaran kerja yang sukses!

Salam hormat,[Your Name]

Primary Title: Cara Menulis Lamaran Kerja