Cara Menyembuhkan Kelopak Mata Bengkak

>Hello Sohib EditorOnline,Terkena kelopak mata bengkak memang bisa membuat sehari-hari terasa sangat merepotkan. Selain tidak nyaman, kelopak mata bengkak juga membuat penampilan terkesan kurang segar. Untungnya, ada beberapa cara menyembuhkan kelopak mata bengkak yang bisa kamu terapkan di rumah. Simak selengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Kelopak Mata Bengkak?

Kelopak mata bengkak bisa terjadi karena beberapa penyebab. Beberapa di antaranya adalah kurang tidur, alergi, infeksi, atau cedera. Kelopak mata bengkak sendiri bisa menyerang satu atau kedua mata sekaligus. Biasanya kondisi ini tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan cara-cara yang sederhana.

Penyebab Kelopak Mata Bengkak

Kelopak mata bengkak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

No Penyebab Kelopak Mata Bengkak
1 Terkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak garam
2 Kurang tidur atau lelah
3 Cedera pada mata atau wajah
4 Alergi terhadap bahan tertentu
5 Infeksi pada mata atau wajah

Jika kelopak mata bengkak disertai dengan rasa nyeri yang hebat, pandangan kabur, atau keluar cairan dari mata, maka sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Cara Menyembuhkan Kelopak Mata Bengkak

Mengompres dengan Air Dingin

Cara pertama untuk menyembuhkan kelopak mata bengkak adalah dengan mengompres mata menggunakan air dingin. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengambil kain atau handuk bersih lalu dicelupkan ke dalam air dingin. Kemudian, letakkan kain tersebut di atas mata yang bengkak selama 10-15 menit.

Kompres dengan air dingin bisa membantu mengurangi pembengkakan pada kelopak mata. Pastikan air yang digunakan memang benar-benar dingin dan tidak terlalu lama dipakai agar tidak menimbulkan iritasi pada mata.

Memijat Kelopak Mata

Cara kedua adalah dengan memijat kelopak mata secara perlahan. Caranya mudah, cukup dengan menempatkan jari-jari pada kelopak mata lalu tekan secara perlahan dan pindahkan ke arah atas dan bawah. Pijat kelopak mata selama 3-5 menit.

Pijatan pada kelopak mata bisa membantu mempercepat sirkulasi darah sehingga pembengkakan bisa berkurang. Pastikan jari-jari kamu dalam keadaan bersih dan cuci tangan terlebih dahulu sebelum memijat kelopak mata.

Menggunakan Kompress dengan Sudu Dingin

Cara ketiga yaitu menggunakan kompress dalam berbentuk sudu yang diletakkan di dalam kulkas selama beberapa menit. Kemudian, letakkan sudu tersebut pada kelopak mata yang bengkak selama 10-15 menit. Cara ini dapat membantu pengurangan pembengkakan kelopak mata.

Menggunakan Kantung Teh

Cara keempat yaitu menggunakan kantong teh celup yang diletakkan di dalam kulkas selama beberapa menit. Setelah itu, letakkan kantong teh tersebut pada kelopak mata yang bengkak selama 10-15 menit. Kantung teh dapat membantu pengurangan pembengkakan kelopak mata, terutama jika alergi merupakan penyebab dari kelopak mata bengkak.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Jamur: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

Meminum Obat Antihistamin

Jika kelopak mata bengkak disebabkan oleh alergi, maka dokter mungkin akan merekomendasikan obat antihistamin untuk mengatasi gejala. Obat ini merupakan obat yang biasanya dijual bebas dan bisa membantu mengurangi pembengkakan pada kelopak mata.

FAQ

1. Apakah kelopak mata bengkak berbahaya?

Biasanya, kelopak mata bengkak tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan cara-cara sederhana di rumah. Namun, jika kelopak mata bengkak disertai dengan gejala lain, seperti pandangan kabur atau keluar cairan dari mata, maka sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Apakah mengompres dengan air dingin bisa membantu menyembuhkan kelopak mata bengkak?

Ya, mengompres dengan air dingin bisa membantu mengurangi pembengkakan pada kelopak mata bengkak. Pastikan air yang digunakan memang benar-benar dingin dan tidak terlalu lama dipakai agar tidak menimbulkan iritasi pada mata.

3. Apa yang harus dilakukan jika kelopak mata bengkak akibat alergi?

Jika kelopak mata bengkak disebabkan oleh alergi, kamu bisa meminum obat antihistamin untuk mengatasi gejala. Namun, jika kelopak mata bengkak disertai dengan gejala lain atau terus berlangsung dalam waktu yang lama, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan kelopak mata bengkak?

Waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan kelopak mata bengkak bervariasi tergantung penyebab dan tingkat pembengkakan. Pada umumnya, kelopak mata bengkak akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, jika kelopak mata bengkak disertai dengan gejala lain atau terus berlangsung dalam waktu yang lama, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Apakah pijatan pada kelopak mata aman dilakukan?

Ya, pijatan pada kelopak mata aman dilakukan. Namun, pastikan jari-jari kamu dalam keadaan bersih dan cuci tangan terlebih dahulu sebelum memijat kelopak mata. Jangan melakukan pijatan yang terlalu keras agar tidak merusak jaringan pada kelopak mata.

6. Apakah menggunakan kantung teh ampuh untuk menyembuhkan kelopak mata bengkak?

Ya, menggunakan kantung teh dapat membantu pengurangan pembengkakan kelopak mata, terutama jika alergi merupakan penyebab dari kelopak mata bengkak.

7. Apakah tidur cukup dapat mencegah kelopak mata bengkak?

Iya, tidur cukup dapat mencegah kelopak mata bengkak. Jika kurang tidur dapat memicu pembengkakan pada kelopak mata, maka sebaiknya kamu mencukupi kebutuhan tidurmu setidaknya 7-8 jam per hari untuk meminimalisir kemungkinan terkena kelopak mata bengkak.

Demikianlah cara menyembuhkan kelopak mata bengkak yang bisa kamu coba di rumah. Selain menerapkan cara-cara di atas, sebaiknya kamu juga menjaga kesehatan mata dengan memakai kacamata atau lensa sesuai kebutuhan dan menjaga kebersihan wajah agar terhindar dari infeksi. Semoga bermanfaat!

Cara Menyembuhkan Kelopak Mata Bengkak