Cara Menyembunyikan Foto di Galeri

>Hello Sohib EditorOnline, terima kasih sudah mengunjungi artikel ini. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara menyembunyikan foto di galeri pada smartphone.

Apa Itu Galeri?

Galeri adalah aplikasi bawaan pada smartphone yang berfungsi untuk menampilkan kumpulan foto dan video yang ada di dalamnya. Di manapun kita pergi, pasti selalu membawa smartphone dan tentunya galeri di dalamnya. Tapi, terkadang ada foto yang ingin kita sembunyikan supaya tidak terlihat oleh orang lain yang memegang smartphone kita. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hal tersebut.

Cara 1: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk kamu yang menggunakan smartphone Android, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Vaulty atau KeepSafe. Aplikasi ini akan membantumu untuk menyembunyikan foto dan video yang ingin kamu sembunyikan. Caranya cukup mudah, kamu download aplikasi tersebut melalui Play Store, lalu ikuti instruksi untuk memasukkan foto dan video ke dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan password untuk membuka foto dan video yang sudah kamu sembunyikan.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi pihak ketiga bisa diandalkan. Ada beberapa aplikasi yang berisiko menyebarkan foto dan video yang sudah kamu sembunyikan. Jadi, pastikan kamu mendownload aplikasi yang terpercaya dan memiliki banyak pengguna.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan foto di galeri. Pertama, kamu bisa menyembunyikan foto dan video secara aman dan terenkripsi. Kedua, kamu bisa membuat password untuk membuka foto dan video tersebut. Ketiga, aplikasi ini bisa diatur supaya tidak muncul di menu utama smartphone kamu.

Kerugian Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Namun, menggunakan aplikasi pihak ketiga juga memiliki kerugian yang perlu kamu perhatikan. Pertama, kamu perlu membayar untuk menggunakan fitur-fitur tertentu dalam aplikasi tersebut. Kedua, tidak semua aplikasi pihak ketiga bisa diandalkan. Ada beberapa kasus di mana foto dan video yang telah di sembunyikan dapat bocor ke publik.

Cara 2: Menyembunyikan Foto dan Video dengan Folder Tersembunyi

Cara kedua adalah dengan menyembunyikan foto dan video di dalam folder tersembunyi. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuat folder baru di dalam galeri kamu dan memberinya nama yang tidak mencolok, seperti “backup sistem” atau “file apk”. Setelah itu, kamu bisa memindahkan foto dan video yang ingin kamu sembunyikan ke dalam folder tersebut. Namun, perlu diingat bahwa cara ini tidak sepenuhnya aman karena jika orang lain menemukan folder tersebut, maka foto dan video kamu bisa dilihat oleh siapapun.

Keuntungan Menyembunyikan Foto dan Video dengan Folder Tersembunyi

Keuntungan dari cara ini adalah kamu tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga dan tidak perlu membayar apa pun. Selain itu, kamu juga bisa mengatur folder tersebut agar tidak terlihat oleh orang lain dengan cara menyembunyikan folder di dalam folder lain atau mengubah nama folder menjadi yang tidak mencolok.

TRENDING 🔥  Cara Mengecek BPNT: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

Kerugian Menyembunyikan Foto dan Video dengan Folder Tersembunyi

Salah satu kerugian dari cara ini adalah foto dan video yang kamu sembunyikan tidak terenkripsi, sehingga orang lain yang menemukan folder tersebut bisa melihat foto dan video tersebut dengan mudah. Selain itu, kamu perlu merubah nama folder setiap kali mengunggah foto atau video baru agar tidak mencolok.

Cara 3: Menggunakan Fitur Private atau Lock pada Smartphone

Cara ketiga adalah dengan menggunakan fitur private atau lock pada smartphone kamu. Setiap smartphone memiliki fitur ini, seperti iPhone yang memiliki fitur Private Folder dan Android yang memiliki fitur Private Mode. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut di menu setting pada smartphone kamu, lalu pilih foto dan video yang ingin kamu sembunyikan dan masukkan ke dalam folder private atau lock.

Keuntungan Menggunakan Fitur Private atau Lock pada Smartphone

Keuntungan dari cara ini adalah kamu tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga dan tidak perlu membayar apa pun. Selain itu, fitur ini sudah tersedia secara default pada smartphone kamu.

Kerugian Menggunakan Fitur Private atau Lock pada Smartphone

Salah satu kerugian dari cara ini adalah fitur tersebut tidak sepenuhnya aman karena jika orang lain menemukan password atau PIN kamu, maka foto dan video yang kamu sembunyikan bisa dilihat oleh siapapun. Selain itu, kamu tidak bisa menambahkan password baru untuk folder private atau lock pada beberapa smartphone.

FAQ

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apakah foto dan video yang sudah di sembunyikan tidak bisa dilihat lagi? Foto dan video yang sudah kamu sembunyikan masih bisa dilihat dengan cara yang tidak diduga-duga, seperti dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau mencari folder tersembunyi.
2 Bisakah saya menggunakan dua atau lebih cara untuk menyembunyikan foto di galeri? Ya, kamu bisa menggunakan dua atau lebih cara untuk menyembunyikan foto di galeri agar lebih aman.
3 Apakah semua aplikasi pihak ketiga aman digunakan? Tidak, tidak semua aplikasi pihak ketiga aman digunakan karena beberapa aplikasi dibuat untuk menyebarkan foto dan video yang di sembunyikan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan foto di galeri kamu. Kamu bisa menggunakan salah satu atau beberapa cara di atas agar foto dan video yang kamu sembunyikan aman dan tidak bisa dilihat oleh orang yang tidak berhak. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada cara yang sepenuhnya aman untuk menyembunyikan foto dan video di smartphone kamu, jadi pastikan kamu tetap berhati-hati dan menjaga privasi kamu sendiri.

Cara Menyembunyikan Foto di Galeri