Cara Menyetel Gitar untuk Pemula

>Sohib EditorOnline, selamat datang di artikel kami yang membahas tentang cara menyetel gitar. Bagi Anda yang baru memulai belajar bermain gitar, menyetel gitar mungkin terdengar menakutkan. Namun, sebenarnya menyetel gitar adalah hal yang cukup mudah dilakukan jika Anda tahu caranya. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah cara menyetel gitar dengan mudah dan tepat. Mari kita mulai!

Apa itu Menyetel Gitar dan Mengapa Penting?

Sebelum kita membahas cara menyetel gitar, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu menyetel gitar dan mengapa penting untuk melakukan ini. Menyetel gitar adalah proses mengatur nada dan intonasi dari senar gitar agar sesuai dengan nada yang diinginkan. Ada dua jenis menyetel gitar, yaitu menyetel nada dasar dan menyetel intonasi.

Menyetel gitar sangat penting dilakukan agar suara yang dihasilkan dari gitar lebih baik dan harmonis. Selain itu, jika gitar tidak disetel dengan benar, dapat mengakibatkan suara yang tidak enak didengar dan membuat Anda tidak nyaman ketika bermain gitar. Oleh karena itu, penting untuk belajar cara menyetel gitar dengan benar agar Anda dapat menghasilkan suara yang terbaik dari gitar Anda.

Cara Menyetel Nada Dasar Gitar

Sebelum kita membahas cara menyetel intonasi gitar, pertama-tama kita akan membahas cara menyetel nada dasar gitar. Nada dasar gitar adalah nada yang dihasilkan dari senar terbuka (tanpa menekan fret apapun). Berikut adalah langkah-langkah cara menyetel nada dasar gitar:

Alat yang Dibutuhkan: Jenis Gitar:
– Gitar tuner
– Kabel gitar (optional)
– Gitar pick (optional)
– Gitar akustik
– Gitar listrik

Langkah 1: Tuning Fork

Langkah pertama adalah menggunakan tuning fork untuk menyetel nada dasar gitar. Tuning fork adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan nada yang konstan dan mudah didengar. Anda dapat membeli tuning fork di toko musik atau daring. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan tuning fork:

  1. Tunggu beberpa saat setelah memukul tuning fork agar getarannya konstan.
  2. Tempatkan tuning fork di dekat telinga Anda.
  3. Putar peg/skru gitar hingga nada senar terbuka cocok dengan nada yang dihasilkan oleh tuning fork. Tuning fork biasanya menghasilkan nada A atau E.

Langkah 2: Gitar Tuner

Jika Anda tidak memiliki tuning fork, Anda dapat menggunakan gitar tuner sebagai alternatif. Gitar tuner adalah alat elektronik yang digunakan untuk menyetel nada gitar. Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan gitar tuner:

  1. Sambungkan kabel gitar ke gitar dan ke gitar tuner.
  2. Nyalakan gitar tuner.
  3. Petik senar terbuka satu per satu.
  4. Putar peg/skru gitar hingga nada senar cocok dengan indikator pada layar gitar tuner.

Langkah 3: Manual Tuning

Jika Anda tidak memiliki tuning fork atau gitar tuner, Anda dapat menyetel gitar secara manual dengan membandingkan nada senar terbuka dengan nada dari sumber yang cukup stabil (misalnya nada dari keyboard). Berikut adalah langkah-langkah cara menyetel gitar secara manual:

  1. Cek nada dasar yang diinginkan.
  2. Petik senar terbuka dan bandingkan dengan nada dari sumber yang stabil.
  3. Putar peg/skru gitar hingga nada senar cocok dengan nada dari sumber yang stabil.
TRENDING 🔥  Cara Cek Kode Scarlett Asli

FAQ: Bagaimana Cara Mengetahui Jika Gitar Sudah Tersetel Dengan Benar?

Untuk mengetahui apakah gitar sudah tersetel dengan benar, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Coba mainkan chord dasar. Jika suara chord terdengar jelas dan harmonis, gitar sudah tersetel dengan benar.
  • Cek intonasi gitar. Intonasi gitar dapat diperiksa dengan cara menekan fret pada senar tertentu dan membandingkan nadanya dengan nadanya pada senar terbuka. Jika nadanya cocok, maka intonasi gitar sudah benar.
  • Coba mainkan lagu atau melodi sederhana dan dengarkan apakah suaranya enak didengar.

Cara Menyetel Intonasi Gitar

Selain menyetel nada dasar gitar, menyetel intonasi gitar juga penting dilakukan. Intonasi gitar adalah proses menyesuaikan panjang senar agar menghasilkan nada yang tepat pada fret yang ditentukan. Berikut adalah langkah-langkah cara menyetel intonasi gitar:

Alat yang Dibutuhkan: Jenis Gitar:
– Electronic tuner
– Phillips screwdriver
– Gitar pick
– Capo
– Gitar akustik
– Gitar listrik

Langkah 1: Tunjukkan Nada yang Tepat

Pertama-tama, Anda harus menentukan nada yang tepat pada fret yang ditentukan. Nada tersebut dapat dilihat pada layar gitar tuner atau Anda dapat menggunakan keyboard atau piano sebagai referensi. Berikut adalah langkah-langkah menunjukkan nada yang tepat:

  1. Petik senar pada fret yang ditentukan.
  2. Lihat indikator pada gitar tuner atau bandingkan nada senar yang dibunyikan dengan nada pada keyboard atau piano.

Langkah 2: Tuning Senar Berikutnya

Setelah menunjukkan nada yang tepat pada fret yang ditentukan, langkah selanjutnya adalah menyetel senar berikutnya agar menghasilkan nada yang tepat pada fret tersebut. Berikut adalah langkah-langkah menyetel senar berikutnya:

  1. Bunyikan senar yang ingin disetel agar menghasilkan nada yang tepat.
  2. Tempatkan capo pada fret yang sama dengan fret sebelumnya.
  3. Petik senar dan lihat indikator pada gitar tuner.
  4. Putar peg/skru gitar hingga nada senar cocok dengan nada pada fret sebelumnya.

Langkah 3: Atur Intonasi

Setelah menyetel senar berikutnya agar menghasilkan nada yang tepat pada fret yang ditentukan, langkah selanjutnya adalah melakukan penyesuaian intonasi gitar. Berikut adalah langkah-langkah melakukan penyesuaian intonasi gitar:

  1. Petik senar pada fret yang ditentukan.
  2. Bandingkan nada yang dihasilkan dengan nada pada fret sebelumnya atau dengan nada pada keyboard atau piano.
  3. Jika nada tidak sesuai, gunakan Phillips screwdriver untuk memutar skru pada bridge gitar.
  4. Putar skru ke kiri untuk memperpendek senar dan naikkan nadanya.
  5. Putar skru ke kanan untuk memperpanjang senar dan menurunkan nadanya.
  6. Setelah melakukan penyesuaian, coba mainkan chord atau melodi dan periksa apakah suara gitar sudah lebih baik.

FAQ: Seberapa Sering Harus Menyetel Gitar?

Frekuensi menyetel gitar tergantung pada berbagai faktor seperti jenis senar, temperatur ruangan, dan seberapa sering gitar digunakan. Namun, secara umum, sebaiknya menyetel gitar setiap kali sebelum bermain gitar atau setidaknya seminggu sekali. Selain itu, pastikan Anda menyetel gitar secara berkala agar Anda dapat menghasilkan suara yang terbaik dari gitar Anda.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara menyetel gitar dengan benar. Menyetel gitar memang tidak terdengar mudah, tapi sebenarnya cukup sederhana jika Anda tahu caranya. Jangan takut untuk mencoba menyetel gitar sendiri, karena dengan berlatih, Anda akan semakin mahir dalam menyetel gitar. Terakhir, jangan lupa untuk menyetel gitar secara berkala agar Anda dapat menghasilkan suara yang terbaik dari gitar Anda. Selamat mencoba!

Cara Menyetel Gitar untuk Pemula