Cara Menyimpan Audio dari WA ke Musik

>Hello Sohib EditorOnline! In this journal article, we will discuss how to save audio from WhatsApp to music. WhatsApp is one of the most popular messaging applications in the world, and it is used by millions of people daily. Many of us receive audio messages on WhatsApp, and we want to save them as music on our devices. In this article, we will share different methods for saving audio from WhatsApp to music that you can use.

Metode 1: Gunakan Aplikasi File Manager

Metode pertama yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan audio dari WhatsApp ke musik adalah dengan menggunakan aplikasi file manager. Aplikasi file manager memungkinkan kamu untuk mengakses file yang tersimpan di dalam smartphone mu. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi File Manager

Langkah pertama adalah membuka aplikasi file manager di ponselmu. Pada umumnya, aplikasi file manager sudah terinstal di smartphone kamu dan dapat ditemukan pada layar utama atau di dalam folder aplikasi.

Langkah 2: Cari Folder WhatsApp

Setelah membuka aplikasi file manager, kamu perlu mencari folder WhatsApp. Folder ini biasanya tersimpan di dalam folder utama penyimpanan internal ponselmu. Jika kamu tidak menemukan folder WhatsApp di dalam penyimpanan internal, coba cari di dalam penyimpanan eksternal seperti SD card.

Langkah 3: Buka Folder Media

Jika kamu sudah menemukan folder WhatsApp, selanjutnya kamu perlu membuka folder Media. Di dalam folder Media, kamu akan menemukan file-file yang sudah terunduh. Termasuk file audio yang kamu terima melalui WhatsApp.

Langkah 4: Pindahkan File Audio ke Folder Musik

Terakhir, kamu perlu memindahkan file audio yang kamu terima melalui WhatsApp ke dalam folder Musik. Folder Musik biasanya terletak di dalam penyimpanan internal ponselmu. Setelah file audio berhasil dipindahkan, kamu dapat memutar file musik tersebut menggunakan aplikasi pemutar musik di ponselmu.

Metode 2: Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu merasa kesulitan menggunakan aplikasi file manager, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyimpan audio dari WhatsApp ke musik. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan:

Nama Aplikasi Link Download
Audio Converter https://play.google.com/store/apps/details?id=mp3.converter
MP3 Video Converter https://play.google.com/store/apps/details?id=com.springwalk.mediaconverter
Video to MP3 Converter https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fundevs.app.mediaconverter

Langkah 1: Instal Aplikasi Pihak Ketiga

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah menginstal aplikasi konversi audio ke musik dari Google Play Store. Pastikan kamu memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

TRENDING 🔥  Cara Budidaya: Panduan Lengkap Untuk Pemula

Langkah 2: Buka Aplikasi

Setelah berhasil menginstal aplikasi, selanjutnya kamu perlu membuka aplikasi tersebut. Pastikan kamu memilih opsi ‘Convert audio’ atau ‘Convert video to audio’. Biasanya, tombol konversi audio terletak di bagian bawah layar.

Langkah 3: Pilih File Audio dari WhatsApp

Pada tampilan selanjutnya, kamu perlu memilih file audio dari WhatsApp yang ingin kamu simpan sebagai musik. Kamu dapat memilih file audio dari folder WhatsApp atau langsung melalui aplikasi WhatsApp.

Langkah 4: Konversi File Audio ke MP3

Setelah memilih file audio yang ingin kamu konversi, selanjutnya kamu perlu mengubah format file audio tersebut menjadi MP3. Maka, aplikasi akan memulai proses konversi. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran file audio yang ingin kamu konversi.

Langkah 5: Simpan File MP3 ke Music Folder

Setelah proses konversi selesai, kamu dapat menyimpan file MP3 ke folder Musik di ponselmu. Untuk memutar file musik tersebut, kamu dapat menggunakan aplikasi pemutar musik di ponselmu.

Metode 3: Save Audio File dari Chat WhatsApp

Jika kamu ingin menyimpan file audio dari pesan WhatsApp atau chat, kamu dapat menggunakan fitur Save Audio di WhatsApp. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pesan atau Chat yang Berisi Audio

Yang pertama adalah kamu perlu membuka pesan atau chat yang berisi audio yang ingin kamu simpan. Setelah itu, kamu harus mengunduh audio tersebut dari pesan atau chat.

Langkah 2: Simpan Audio ke Musik

Setelah proses unduh selesai, kamu akan melihat opsi ‘Save Audio’ di layar. Kamu dapat memilih opsi tersebut untuk menyimpan audio tersebut ke dalam folder Musik di ponselmu.

Langkah 3: Buka Folder Musik

Selanjutnya, kamu dapat membuka folder Musik di ponselmu untuk memutar file musik yang baru kamu simpan.

FAQ

1. Apakah Ada Batasan Ukuran File Audio yang Dapat Dikonversi?

Masing-masing aplikasi konversi audio ke musik memiliki batasan ukuran file audio yang dapat dikonversi. Sebaiknya, kamu memilih aplikasi yang dapat menangani ukuran file audio yang lebih besar.

2. Apakah Proses Konversi Audio ke MP3 Memerlukan Koneksi Internet?

Ya, proses konversi audio ke MP3 memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang cukup sebelum melakukan proses konversi.

3. Apakah Ada Aplikasi Lain Selain yang Sudah Disebutkan?

Tentu. Ada banyak aplikasi konversi audio ke musik yang dapat kamu gunakan. Kamu dapat mencari aplikasi tersebut di Google Play Store atau App Store.

4. Bagaimana Cara Memutar File Musik yang Sudah Disimpan di Ponsel?

Setelah kamu berhasil menyimpan file musik di dalam folder Musik di ponselmu, kamu dapat memutar file musik tersebut menggunakan aplikasi pemutar musik bawaan ponselmu atau aplikasi pemutar musik yang sudah diunduh dari Google Play Store atau App Store.

5. Apakah Metode yang Paling Mudah dan Cepat?

Metode paling mudah dan cepat tergantung pada preferensimu. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan aplikasi file manager, metode pertama adalah yang paling mudah dan cepat. Namun, jika kamu ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lebih canggih dan mudah digunakan, metode kedua adalah yang paling cocok untukmu.

Sekian artikel ini. Semoga bermanfaat dan membantu kamu menyimpan file audio dari WhatsApp ke musik. Terima kasih telah membaca!

Cara Menyimpan Audio dari WA ke Musik