Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas

>Hello Sohib EditorOnline, jika kamu ingin menghindari sayuranmu menjadi busuk dan menghemat uang belanja, maka kamu perlu tahu cara menyimpan sayuran di kulkas dengan benar. Beberapa tipe sayuran memerlukan penanganan yang berbeda, jadi artikel ini akan memberikan tips berguna untuk kamu.

1. Pilih Sayuran yang Segar

Langkah pertama dalam menyimpan sayuran di kulkas adalah memilih sayuran yang segar. Sayuran yang telah busuk sebelum disimpan akan semakin cepat melapuk di dalam kulkas. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih sayuran dengan kulit yang sehat, tidak terlalu lembek, dan tidak terdapat bekas lecet atau bercak jelek.

1.1 Sayuran Hijau

Untuk sayuran hijau seperti bayam, kangkung atau daun singkong, jangan memilih yang berwarna kuning atau hitam karena sudah tidak segar lagi. Pilihlah yang berwarna hijau cerah, kencang dan tidak berbau menyengat.

Sumbu sayuran seperti seledri dan daun bawang juga harus dipilih dengan hati-hati. Sumbu harus kencang dan segar yang tidak mudah lembek dan keriput. Selain itu, pastikan sumbu memiliki daun yang cerah dan tidak berbau tidak sedap.

1.2 Sayuran Akar

Sayuran akar seperti wortel dan bit harus dipilih yang tidak berwarna kekuningan dan tidak terdapat bercak coklat. Sayuran segar memiliki warna yang cerah dan tidak berkabut. Sementara itu, kentang harus dipilih yang tidak lembek di bagian tengah atau berkulit keriput.

2. Siapkan Sayuran Sebelum Disimpan

Sebelum disimpan di kulkas, sayuran perlu disiapkan terlebih dahulu untuk memperpanjang umur rakus dan untuk menghindari kerusakan. Pastikan kamu mencuci sayuran dengan air bersih dan mengeringkannya dengan handuk.

2.1 Sayuran Hijau

Untuk sayuran hijau yang sudah dipotong, cuci dan keringkan daunnya terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam kantong plastik atau wadah tertutup di dalam kulkas. Buatlah lubang kecil di dalam kantong plastik untuk menambah sirkulasi udara. Jangan lupa untuk mengganti kantong plastik setiap beberapa hari.

Untuk sayuran hijau yang masih utuh seperti selada, cuci dan keringkan sebelum disimpan dalam wadah tertutup yang telah dilapisi dengan handuk kertas atau tisu untuk menyerap kelembapan. Wadah tersebut kemudian disimpan di dalam kulkas.

2.2 Sayuran Akar

Untuk sayuran akar seperti wortel atau bit, potong kedua ujungnya terlebih dahulu lalu cuci dan keringkan. Kamu bisa menyimpannya dalam kantong plastik atau wadah tertutup yang telah dilapisi dengan handuk kertas atau tisu untuk menjaga kelembapan. Sayuran akar juga bisa disimpan dalam air bersih yang dijadikan tempat seperti gelas atau botol.

3. Menyimpan Sayuran di Kulkas

Setelah sayuran disiapkan, saatnya menyimpannya di kulkas dengan benar agar umur rakusnya bisa panjang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyimpan sayuran di kulkas:

TRENDING 🔥  Cara Merebus Daun Singkong Agar Cepat Empuk dan Tetap Hijau

3.1 Suhu Kulkas

Pastikan suhu kulkas diatur sekitar 2-4°C untuk menjaga umur rakus sayuran. Suhu yang terlalu dingin akan merusak sayuran, sedangkan suhu yang terlalu hangat akan mempercepat pembusukan.

3.2 Wadah yang Tepat

Sayuran harus disimpan dalam wadah yang tepat agar tidak terkena uap air. Wadah yang lebih baik adalah wadah plastik atau kaca yang kedap udara. Penggunaan wadah kertas atau plastik yang tidak kedap udara akan mempercepat pembusukan sayuran di dalamnya.

3.3 Rak Kulkas

Jangan simpan sayuran terlalu dekat dengan bahan makanan lain, terutama daging mentah dan ayam. Jangan juga memadatkan sayuran terlalu padat di dalam wadah karena itu akan menghalangi sirkulasi udara.

4. Tips Menyimpan Sayuran Tertentu

Ada beberapa jenis sayuran tertentu yang perlu penanganan khusus ketika disimpan di dalam kulkas. Berikut adalah tips untuk menyimpan sayuran tertentu:

4.1 Brokoli

Potong batangnya dan rendam dalam air dingin selama beberapa menit sebelum disimpan di dalam kulkas menggunakan wadah kedap udara. Jangan mencuci brokoli sebelum menyimpannya karena kelembapan dapat menyebabkan kerusakan. Brokoli dapat disimpan selama 3-5 hari.

4.2 Kacang Hijau

Buang ujung kacang hijau, cuci, dan keringkan. Simpan di dalam wadah tertutup dengan tisu basah di bagian atas untuk menjaga kelembapan. Kacang hijau dapat disimpan selama 3-5 hari.

4.3 Labu

Simpan di dalam kulkas dengan wadah kedap udara. Jangan cuci atau kupas labu sebelum disimpan karena uap air dapat mempercepat pembusukan. Labu dapat disimpan selama 2-3 minggu.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika sayuran sudah membusuk di dalam kulkas?

Jika sayuran sudah membusuk dalam kulkas, segera buang sayuran tersebut dan bersihkan wadahnya dengan air dan sabun. Hindari membiarkan sayuran yang busuk terlalu lama di dalam kulkas karena dapat menyebar bau tidak sedap ke sayuran lain.

2. Apakah sayuran yang sudah dimasak bisa disimpan di dalam kulkas?

Ya, sayuran yang sudah dimasak bisa disimpan di dalam kulkas selama 3-4 hari. Pastikan kamu merendam sayuran dalam air es selama beberapa menit sebelum disimpan untuk mendinginkannya terlebih dahulu.

3. Apakah sayuran beku bisa disimpan di dalam kulkas?

Tidak, sayuran beku harus disimpan di dalam freezer untuk menjaga kualitas dan keamanannya. Sayuran beku dapat disimpan di dalam kulkas selama beberapa jam jika kamu ingin mengolahnya dalam waktu dekat.

Sayuran Umur Rakus
Bayam 3-5 hari
Brokoli 3-5 hari
Kacang Hijau 3-5 hari
Labu 2-3 minggu
Seledri 1-2 minggu
Selada 1 minggu
Wortel 2 minggu

Semoga artikel ini membantu kamu menyimpan sayuran dengan benar sehingga bisa tahan lebih lama di kulkas dan tetap segar. Ingatlah bahwa penyimpanan yang tepat akan memperpanjang umur rakus sayuran dan menghemat uang belanja kamu.

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas