Cara Mutasi Mobil: Semua yang Perlu Anda Ketahui

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda pernah merasa bingung ketika ingin melakukan mutasi kendaraan? Terutama mobil? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan membahas secara lengkap cara mutasi mobil yang benar dan aman. Dari persyaratan hingga prosedurnya, semuanya akan dijelaskan secara rinci. Simak terus artikel ini untuk mengetahui selengkapnya.

Apa itu Mutasi Mobil?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara mutasi mobil, alangkah baiknya jika kita mengenal lebih dulu apa itu mutasi mobil. Secara sederhana, mutasi mobil adalah proses perpindahan kepemilikan kendaraan dari satu pemilik ke pemilik lain. Mutasi mobil juga dapat dilakukan ketika ada perubahan data pada STNK atau karena pemilik kendaraan ingin mengganti nomor polisi. Namun, proses mutasi mobil bukanlah hal yang mudah dan butuh beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan Mutasi Mobil

Sebelum melakukan proses mutasi mobil, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

1. STNK Asli dan Fotokopinya

Satu persyaratan utama untuk melakukan mutasi mobil adalah dengan memiliki STNK asli dan fotokopinya. Pastikan STNK yang Anda bawa sesuai dengan kendaraan yang akan dimutasi. Biasanya, STNK hanya bisa dimutasi maksimal 1 tahun setelah masa berlakunya habis. Setelah 1 tahun, pemilik kendaraan harus membuat STNK baru.

2. BPKB Asli dan Fotokopinya

Setelah STNK, Anda juga harus mempersiapkan BPKB asli dan fotokopinya. BPKB adalah bukti kepemilikan kendaraan, sehingga harus disertakan dalam proses mutasi mobil. Pastikan BPKB sesuai dengan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan.

3. Surat Tanda Pendaftaran Kendaraan Bermotor (STNK) Nomor Lama (Jika Ada)

Jika Anda ingin melakukan perubahan data pada STNK seperti nomor polisi, Anda harus menyertakan STNK nomor lama. STNK nomor lama akan digantikan dengan STNK yang baru dengan data yang sudah diperbarui.

4. Surat Keterangan Asli atau Fotokopi Faktur Pembelian Kendaraan

Selain STNK dan BPKB, Anda juga harus menyertakan surat keterangan atau fotokopi faktur pembelian kendaraan. Surat keterangan ini berfungsi sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut benar-benar dimiliki oleh Anda. Jika Anda tidak memiliki surat keterangan, Anda dapat menggantinya dengan surat pernyataan kepemilikan kendaraan.

5. Surat Kuasa dan Identitas Pemilik Kendaraan (Jika Antri)

Jika Anda tidak bisa mengurus mutasi mobil sendiri, maka Anda dapat memberikan kuasa pada orang lain untuk mengurusnya. Namun, Anda harus menyertakan surat kuasa dan fotokopi identitas pemilik kendaraan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Proses Mutasi Mobil

Setelah memenuhi persyaratan, Anda bisa langsung memulai proses mutasi mobil di SAMSAT (Satuan Administrasi Pembayaran dan Penyelesaian Tunggakan) terdekat. Berikut adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam proses mutasi mobil:

TRENDING 🔥  Chordtela Ajarkan Aku Cara Tuk Melupakanmu

1. Pendaftaran Awal

Pertama-tama, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di loket pendaftaran. Pastikan Anda membawa semua persyaratan yang diperlukan. Loket pendaftaran akan memberikan nomor antrean dan formulir pendaftaran yang harus diisi. Setelah itu, Anda bisa menuju ke loket pemeriksaan fisik kendaraan.

2. Pemeriksaan Fisik Kendaraan

Setelah mendaftar, kendaraan Anda akan diperiksa secara fisik oleh petugas SAMSAT. Petugas akan memeriksa nomor rangka, nomor mesin, nomor polisi, dan tanda-tanda fisik lainnya pada kendaraan Anda. Jika tidak ada masalah, maka kendaraan Anda akan dinyatakan lulus pemeriksaan fisik dan Anda bisa menuju loket pembayaran.

3. Pembayaran

Setelah kendaraan dinyatakan lulus pemeriksaan fisik, Anda harus membayar biaya mutasi mobil sesuai dengan aturan yang berlaku. Setelah membayar, Anda akan mendapatkan tanda bukti pembayaran yang harus disimpan dengan baik.

4. Pengambilan Dokumen

Setelah melakukan pembayaran, Anda bisa mengambil dokumen mutasi mobil yang telah selesai diproses. Dokumen mutasi mobil yang akan Anda terima adalah STNK, BPKB, dan bukti pembayaran mutasi mobil. Pastikan semua dokumen tersebut sesuai dengan data kendaraan Anda.

Frequently Asked Questions (FAQ)

No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah mutasi mobil dapat dilakukan di luar kota domisili? Ya, mutasi mobil dapat dilakukan di SAMSAT mana saja di seluruh Indonesia.
2 Berapa biaya mutasi mobil? Biaya mutasi mobil bervariasi tergantung jenis kendaraan dan wilayah tempat Anda melakukan mutasi. Pastikan Anda menanyakan harga mutasi mobil sebelum membayar.
3 Apakah mutasi mobil bisa dilakukan jika STNK sudah mati? Tidak bisa. STNK harus masih berlaku saat akan dilakukan mutasi mobil.
4 Bagaimana cara mengurus mutasi mobil jika kendaraan masih dalam kredit? Anda harus mengurus surat kuasa dari leasing atau perusahaan pembiayaan dan membawa persyaratan lengkap termasuk fotokopi surat kuasa tersebut.
5 Apakah mutasi mobil bisa dilakukan tanpa BPKB? Tidak bisa. BPKB adalah salah satu persyaratan utama dalam melakukan mutasi mobil.

Kesimpulan

Demikianlah semua yang perlu Anda ketahui tentang cara mutasi mobil. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang diperlukan dan mengikuti prosedur mutasi mobil dengan benar. Jangan lupa untuk menanyakan informasi lebih lanjut kepada petugas SAMSAT jika masih ada hal yang belum jelas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Cara Mutasi Mobil: Semua yang Perlu Anda Ketahui