Cara Pakai Termux

>Halo Sohib EditorOnline! Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Termux. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menjalankan beberapa perintah Linux di Android. Tapi, apakah kamu sudah mengetahui cara menggunakan Termux dengan benar? Dalam artikel ini, kami akan membahas 20 hal yang perlu kamu ketahui tentang cara pakai Termux. Yuk, simak!

1. Apa Itu Termux?

Termux adalah sebuah aplikasi terminal emulator dan Linux environment untuk Android. Aplikasi ini berjalan secara lokal di perangkat kamu, sehingga kamu dapat membuat dan mengelola proyek-proyek Linux secara mudah.

1.1. Terminal Emulator

Sebagai sebuah terminal emulator, Termux memungkinkan kamu untuk mengakses shell Linux di Android. Kamu dapat menjalankan perintah seperti cd untuk berpindah direktori, ls untuk melihat daftar file, dan lain-lain.

1.2. Linux Environment

Sebagai Linux environment, Termux memungkinkan kamu untuk menginstal dan menjalankan paket-paket Linux di Android. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat menjalankan beberapa perintah Linux yang sering digunakan.

2. Menginstal Termux

Sebelum kamu dapat menggunakan Termux, kamu perlu menginstalnya terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah cara menginstal Termux:

2.1. Melalui Google Play Store

Langkah pertama adalah membuka Google Play Store dan mencari aplikasi Termux. Setelah menemukannya, klik tombol “Install” untuk mulai mengunduh dan menginstal aplikasi.

2.2. Menggunakan APK

Jika kamu tidak ingin menggunakan Google Play Store, kamu dapat menginstal Termux melalui APK. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Unduh APK Termux dari situs resminya atau situs-situs terpercaya lainnya.
  2. Buka pengaturan perangkat kamu dan aktifkan opsi “Sumber Tidak Dikenal”.
  3. Buka file APK yang sudah diunduh dan klik tombol “Install”.

3. Mengakses Terminal Termux

Setelah menginstal Termux, langkah selanjutnya adalah mengakses terminalnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

3.1. Membuka Aplikasi Termux

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Termux yang sudah terinstal. Kamu dapat menemukannya di layar utama atau di menu aplikasi.

3.2. Mengakses Terminal

Setelah membuka aplikasi Termux, kamu akan langsung masuk ke dalam terminal. Kamu dapat mulai mengetik perintah Linux di sini.

4. Memasukkan Perintah Linux di Termux

Setelah mengakses terminal Termux, kamu dapat mulai memasukkan perintah Linux. Berikut adalah contoh perintah Linux yang sering digunakan:

Perintah Fungsi
pwd Melihat direktori saat ini.
cd Memindahkan direktori.
ls Menampilkan daftar file dan direktori.
mkdir Membuat direktori baru.
rm Menghapus file atau direktori.
apt-get Menginstal atau menghapus paket Linux.

5. Menjalankan Script di Termux

Salah satu fitur unggulan dari Termux adalah kemampuan untuk menjalankan script di Android. Kamu dapat membuat script bash atau Python di Termux dan menjalankannya langsung di perangkat kamu. Berikut adalah langkah-langkah menjalankan script di Termux:

5.1. Buat Script

Langkah pertama adalah membuat script bash atau Python. Kamu dapat menggunakan editor teks seperti nano atau vim untuk membuat script ini. Pastikan script sudah disimpan dengan ekstensi .sh atau .py.

TRENDING 🔥  Cara Dapat Promo GoFood untuk Meningkatkan Pengalaman Makan Anda

5.2. Berikan Hak Akses

Sebelum script dapat dijalankan, kamu perlu memberikan hak akses ke file tersebut. Kamu dapat melakukannya dengan perintah chmod +x namafile.sh atau chmod +x namafile.py.

5.3. Jalankan Script

Setelah memberikan hak akses, kamu dapat menjalankan script dengan perintah ./namafile.sh atau ./namafile.py.

6. Menginstal Paket Linux di Termux

Sebagai Linux environment, Termux memungkinkan kamu untuk menginstal paket-paket Linux di Android. Berikut adalah langkah-langkah menginstal paket Linux di Termux:

6.1. Update Repositori

Sebelum menginstal paket Linux, pastikan repositori sudah diupdate. Kamu dapat melakukannya dengan perintah apt update.

6.2. Menginstal Paket

Setelah repositori diupdate, kamu dapat menginstal paket Linux dengan perintah apt-get install namapaket. Ganti “namapaket” dengan nama paket yang ingin kamu instal.

7. Menghapus Paket Linux di Termux

Jika kamu ingin menghapus paket Linux yang sudah terinstal di Termux, kamu dapat melakukannya dengan perintah apt-get remove namapaket.

8. Mengupdate Paket Linux di Termux

Untuk memastikan paket Linux kamu selalu up-to-date, kamu dapat mengupdate paket dengan perintah apt-get update dan apt-get upgrade.

9. Menggunakan Keyboard Eksternal

Jika kamu merasa susah menggunakan keyboard virtual di Termux, kamu dapat menggunakan keyboard eksternal yang terkoneksi dengan perangkat kamu. Caranya adalah dengan menghubungkan keyboard ke perangkat melalui kabel USB atau Bluetooth. Setelah terhubung, keyboard akan otomatis terdeteksi oleh Termux.

10. Mengganti Tema di Termux

Jika kamu bosan dengan tampilan default Termux, kamu dapat menggantinya dengan tema yang berbeda. Berikut adalah langkah-langkah mengganti tema di Termux:

10.1. Instal Aplikasi Termux Styling

Langkah pertama adalah menginstal aplikasi Termux Styling dari Google Play Store. Aplikasi ini berfungsi untuk mengubah tema Termux.

10.2. Pilih Tema

Setelah menginstal Termux Styling, kamu dapat memilih tema yang ingin digunakan. Kamu dapat memilih dari beberapa tema yang sudah disediakan atau membuat tema sendiri.

10.3. Terapkan Tema

Setelah memilih tema, klik tombol “Apply” untuk mengaplikasikannya ke Termux. Tema baru akan langsung terlihat di terminal.

11. Menyimpan Catatan di Termux

Jika kamu ingin menyimpan catatan atau memo di Termux, kamu dapat menggunakan aplikasi teks editor seperti nano atau vim. Kamu dapat membuat file teks baru dengan perintah nano namafile.txt atau vim namafile.txt.

12. Mengganti Tampilan Prompt di Termux

Prompt di Termux adalah tanda perintah yang muncul di awal setiap baris. Kamu dapat mengganti tampilan prompt dengan format yang berbeda. Misalnya, untuk mengganti prompt dengan teks “hello”, kamu dapat menggunakan perintah export PS1=”hello”.

13. Menjalankan Aplikasi GUI di Termux

Salah satu kekurangan dari Termux adalah tidak mendukung aplikasi GUI (Graphical User Interface). Namun, kamu masih dapat menjalankan beberapa aplikasi GUI dengan bantuan aplikasi XServer XSDL. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menjalankan desktop environment seperti GNOME atau KDE di Termux.

14. Menggunakan Termux API

Termux API adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengakses beberapa fungsi API di Android. Dengan menggunakan Termux API, kamu dapat melakukan berbagai hal seperti mengambil gambar, membaca sensor, dan lain-lain.

15. Melakukan Port Forwarding di Termux

Port forwarding adalah sebuah teknik untuk mengarahkan lalu lintas jaringan dari satu port ke port lainnya. Kamu dapat melakukan port forwarding di Termux dengan bantuan aplikasi termux-tunnel. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mem-forward port dari perangkat kamu ke internet atau sebaliknya.

16. Menggunakan Web Server di Termux

Termux juga dapat digunakan sebagai web server yang menjalankan aplikasi web di perangkat kamu. Kamu dapat menggunakan aplikasi Apache2 atau Nginx untuk menjalankan web server di Termux.

17. Menjalankan Perintah Lokal di Termux

Jika kamu ingin menjalankan perintah lokal di Termux, kamu dapat menggunakan perintah “termux-setup-storage”. Perintah ini akan membuka akses ke penyimpanan lokal di perangkat kamu, sehingga kamu dapat melakukan berbagai hal seperti mengakses file atau memindahkan file antara Termux dan penyimpanan lokal.

18. Melakukan Pemindahan File di Termux

Jika kamu ingin memindahkan file dari Termux ke penyimpanan lokal atau sebaliknya, kamu dapat menggunakan perintah “cp” atau “mv”. Misalnya, untuk memindahkan file index.html dari direktori /sdcard ke direktori /data/data/com.termux/files/home, kamu dapat menggunakan perintah “cp /sdcard/index.html ~/”.

19. Menggunakan Fitur Tab di Termux

Jika kamu membuka beberapa sesi Termux sekaligus, kamu dapat menggunakan fitur tab yang tersedia di Termux. Fitur tab memungkinkan kamu untuk membuka beberapa tab di satu layar, sehingga kamu dapat bekerja dengan lebih efisien.

TRENDING 🔥  Cara Menulis Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

20. Menyembunyikan Aplikasi Termux

Jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi Termux dari layar utama atau menu aplikasi, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Nova Launcher. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyembunyikan aplikasi Termux dan mengaksesnya melalui shortcut atau gesture khusus.

FAQ

1. Apakah Termux Aman Digunakan?

Termux aman digunakan asalkan kamu menginstal paket-paket Linux dari repositori yang terpercaya. Pastikan juga untuk tidak memberikan hak akses yang tidak perlu pada aplikasi di Termux.

2. Apa yang Harus Dilakukan Jika Instalasi Paket Gagal?

Jika instalasi paket Linux di Termux gagal, pastikan repositori sudah diupdate dan koneksi internet kamu stabil. Kamu juga dapat mencoba menginstal paket lagi beberapa saat kemudian.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika Termux Tidak Mau Terbuka?

Jika Termux tidak mau terbuka, kamu dapat mencoba membersihkan data dan cache aplikasi di pengaturan Android. Jika masih tidak berhasil, kamu dapat mencoba menghapus aplikasi dan menginstal ulang.

4. Apakah Termux Bisa Digunakan di Semua Perangkat Android?

Termux dapat digunakan di hampir semua perangkat Android, meskipun ada beberapa perangkat yang tidak didukung.

5. Apakah Termux Gratis?

Ya, Termux dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

Cara Pakai Termux