Cara Parafrase: Tips Mudah untuk Menghindari Plagiarisme

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu sering mengalami kesulitan dalam melakukan penulisan karya ilmiah atau pun tugas-tugas kuliah yang membutuhkan rujukan dari sumber luar? Salah satu hal yang paling penting dalam penulisan adalah menghindari plagiat atau penjiplakan karya orang lain. Meskipun begitu, terkadang para penulis masih kesulitan dalam menemukan cara yang tepat untuk menghindari plagiat tersebut. Di dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai cara parafrase atau merubah kata-kata dari sumber yang asli.

Apa itu Cara Parafrase?

Parafrase adalah proses merubah atau mengganti suatu kalimat, bagian kalimat atau kata-kata tertentu dari suatu sumber teks, sehingga makna dari sumber teks tersebut tetap dipertahankan, namun dengan cara yang lebih mudah dimengerti. Dalam kata yang lebih sederhana, parafrase merupakan kegiatan merubah susunan atau rangkaian kata dalam suatu teks dengan tujuan untuk menghindari plagiat. Dalam hal ini, penulis akan merubah kata-kata atau menggunakan sinonim dari kata-kata yang sudah ada di dalam sumber asli.

Parafrase juga dapat menjadi bagian penting dalam proses pembuatan karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, atau pun jurnal. Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa penulis dapat memahami dan mensintesis informasi dari sumber-sumber yang sudah ada di luar sana. Namun, para penulis sering mengalami kendala dalam melakukan parafrase yang benar dan efektif. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan membahas tips dan trick untuk melakukan parafrase yang tepat dan efektif.

5 Tips Cara Parafrase yang Tepat dan Efektif

Berikut adalah 5 tips cara parafrase yang tepat dan efektif:

No Tips
1 Memahami dan membaca teks asli dengan seksama
2 Meringkas informasi dari sumber asli
3 Mengenali dan menghilangkan kata-kata yang umum dan tidak penting
4 Mengubah struktur kalimat
5 Menggunakan sinonim yang tepat

Tip 1: Memahami dan membaca teks asli dengan seksama

Langkah pertama dalam melakukan parafrase adalah memahami dan membaca teks asli dengan seksama. Hal ini akan membuatmu paham dengan materi yang dibahas dan membuat proses parafrase lebih mudah. Baca teks asli secara keseluruhan dan pastikan bahwa kamu mengerti isi dari teks tersebut.

Setelah membaca teks asli, baca kembali beberapa kali dan identifikasi kata-kata kunci dan gagasan utama yang hendak kamu parafrase. Jika kamu kesulitan memahami teks asli, cari sinonim atau kata-kata serupa dari teks tersebut.

Tip 2: Meringkas informasi dari sumber asli

Langkah selanjutnya adalah memilih dan merangkum informasi yang ingin kamu ambil dari sumber. Pilih informasi yang penting dan relevan dengan topik yang hendak kamu bahas dalam tulisanmu. Setelah itu, buat ringkasan dari informasi tersebut dengan menggunakan kata-katamu sendiri. Pastikan bahwa ringkasan yang kamu buat masih mempertahankan esensi atau makna dari sumbernya.

Tip 3: Mengenali dan menghilangkan kata-kata yang umum dan tidak penting

Ada beberapa kata yang umum dan tidak penting yang sering menjadi penghalang dalam proses parafrase. Kata-kata tersebut, seperti “the”, “a”, “an”, dan kata-kata penghubung seperti “and” atau “but”. Hindari penggunaan kata-kata tersebut dan fokus pada kata-kata kunci dalam teks asli.

TRENDING 🔥  Cara Minum Propolis untuk Menjaga Kesehatan

Tip 4: Mengubah struktur kalimat

Ketika melakukan parafrase, seringkali kamu perlu untuk mengubah struktur kalimat dari sumber asli. Hal ini dapat membantu kamu untuk menghindari plagiat dan membuat kesan bahwa parafrase yang kamu lakukan memang hasil dari pemikiranmu sendiri. Cobalah untuk merubah beberapa kata dalam kalimat dan mengubah struktur kalimat sehingga lebih mudah dipahami.

Tip 5: Menggunakan sinonim yang tepat

Selain merubah struktur kalimat, kamu juga bisa menggunakan sinonim dari kata-kata yang ada di dalam sumber asli. Sinonim adalah kata-kata yang memiliki arti yang sama atau mirip dengan kata-kata yang sudah ada. Jika kamu kesulitan untuk menemukan sinonim yang tepat, kamu bisa menggunakan kamus online atau aplikasi kamus.

FAQ Cara Parafrase

  1. Apa gunanya melakukan parafrase?
  2. Parafrase dilakukan untuk menghindari plagiat atau penjiplakan karya orang lain. Selain itu, parafrase juga dapat membantu penulis untuk memahami dan mensintesis informasi dari sumber-sumber yang sudah ada di luar sana.

  3. Apakah parafrase bisa dilakukan pada setiap jenis teks?
  4. Ya, parafrase dapat dilakukan pada setiap jenis teks. Namun, ada beberapa jenis teks yang lebih sulit untuk diparafrase, seperti teks ilmiah atau teks teknis yang menggunakan bahasa khusus atau istilah-istilah teknis.

  5. Apakah parafrase harus selalu menggunakan sinonim?
  6. Tidak selalu. Selain menggunakan sinonim, kamu juga bisa mengubah struktur kalimat atau memilih kata-kata yang lebih tepat untuk menggantikan kata-kata dalam sumber asli.

  7. Apakah parafrase bisa dianggap sebagai bentuk plagiarism?
  8. Jika parafrase yang kamu lakukan masih mengambil atau menyalin kata-kata secara keseluruhan dari sumber asli, maka bisa dianggap sebagai bentuk plagiarism. Oleh karena itu, pastikan bahwa parafrase yang kamu lakukan benar-benar menggunakan kata-katamu sendiri dan tidak menyalin secara langsung dari sumber asli.

  9. Berapa banyak persen dari kata-kata asli yang boleh dipakai dalam parafrase?
  10. Secara umum, sebaiknya tidak ada persentase yang ditentukan dalam melakukan parafrase. Namun, pastikan bahwa kamumenggunakan kata-katamu sendiri sehingga tidak mendatangkan dugaan plagiat atau menyalin secara langsung dari sumber asli.

Kesimpulan

Parafrase merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghindari plagiat atau penjiplakan karya orang lain. Dalam melakukan parafrase, kamu harus memahami dan membaca teks asli dengan seksama, merangkum informasi yang penting, menghindari kata-kata umum yang tidak penting, mengubah struktur kalimat, dan menggunakan sinonim yang tepat. Dalam melakukan parafrase, pastikan bahwa kamu tidak menyalin atau mengambil kata-kata secara langsung dari sumber asli. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam melakukan parafrase dengan tepat dan efektif.

Cara Parafrase: Tips Mudah untuk Menghindari Plagiarisme