Cara Pengurangan Pecahan Campuran

>Hello Sohib EditorOnline! If you are looking to learn about cara pengurangan pecahan campuran, you have come to the right place. In this article, we will go over 20 consecutive headings that will help you understand this topic in relaxed Indonesian language. We will also include tables and FAQ to make it easier for you to follow along. So, let’s get started!

Pengertian Pecahan Campuran

Pecahan campuran adalah bilangan pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Contohnya adalah 2 3/4, 5 1/2, dan sebagainya. Untuk mengurangi pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kita perlu mengikuti beberapa langkah. Berikut adalah cara pengurangan pecahan campuran:

Langkah 1: Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Kita bisa melakukan ini dengan menggunakan rumus berikut:

Rumus Contoh
Bilangan bulat x penyebut + pembilang 2 3/4 = 2 x 4 + 3 = 11/4

Jadi, jika kita mengubah 2 3/4 menjadi pecahan biasa, maka hasilnya adalah 11/4.

Langkah 2: Mengurangi Pecahan Biasa

Langkah kedua adalah mengurangi pecahan biasa tersebut. Kita bisa melakukan ini dengan mengikuti rumus berikut:

Rumus Contoh
(pembilang1 x penyebut2) – (pembilang2 x penyebut1) / penyebut1 x penyebut2 (7 x 4) – (3 x 4) / 4 x 5 = 28 – 12 / 20 = 16/20

Contohnya, jika kita ingin mengurangi 7/5 dengan 3/4, maka kita bisa mengikuti rumus di atas. Hasilnya adalah 16/20 atau dapat disederhanakan menjadi 4/5.

Mengapa Harus Mengurangi Pecahan Campuran?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa harus mengurangi pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Ada beberapa alasan mengapa kita perlu melakukan ini, di antaranya:

  1. Lebih mudah untuk melakukan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan pecahan biasa.
  2. Pecahan biasa lebih mudah untuk dibandingkan.
  3. Pecahan biasa lebih mudah untuk dikonversi ke desimal atau persen.

Cara Lain untuk Mengurangi Pecahan Campuran

Selain cara di atas, ada beberapa cara lain untuk mengurangi pecahan campuran, di antaranya:

  1. Menggunakan Operasi Matematika – Kita bisa menggunakan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian untuk mengurangi pecahan campuran. Namun, cara ini lebih rumit dan memerlukan waktu yang lebih lama.
  2. Menggunakan Kalkulator – Jika kita kesulitan dalam mengurangi pecahan campuran secara manual, kita bisa menggunakan kalkulator untuk membantu kita. Namun, cara ini kurang membantu dalam memahami konsep pengurangan pecahan campuran.
  3. Menggunakan Aplikasi atau Software – Saat ini, sudah banyak aplikasi atau software yang bisa membantu kita dalam mengurangi pecahan campuran. Cara ini lebih cepat dan efektif, namun biasanya memerlukan biaya.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Cuka

FAQ

1. Apa itu pecahan campuran?

Pecahan campuran adalah bilangan pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Contohnya adalah 2 3/4, 5 1/2, dan sebagainya.

2. Mengapa harus mengurangi pecahan campuran?

Kita perlu mengurangi pecahan campuran menjadi pecahan biasa karena lebih mudah untuk melakukan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan pecahan biasa. Pecahan biasa juga lebih mudah untuk dibandingkan dan dikonversi ke desimal atau persen.

3. Apa saja cara untuk mengurangi pecahan campuran?

Ada beberapa cara untuk mengurangi pecahan campuran, di antaranya adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan mengurangi pecahan biasa dengan menggunakan rumus tertentu. Selain itu, kita juga bisa menggunakan operasi matematika, kalkulator, atau aplikasi atau software khusus.

4. Apakah ada cara yang lebih mudah dalam mengurangi pecahan campuran?

Meskipun ada beberapa cara lain untuk mengurangi pecahan campuran, namun cara pertama yang kami sebutkan yaitu mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa adalah cara yang paling mudah dan efektif.

5. Apa manfaat dari mengurangi pecahan campuran?

Manfaat dari mengurangi pecahan campuran antara lain lebih mudah untuk melakukan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan pecahan biasa. Pecahan biasa juga lebih mudah untuk dibandingkan dan dikonversi ke desimal atau persen.

Cara Pengurangan Pecahan Campuran