Cara Salat Gerhana Bulan

>Halo Sohib EditorOnline! Selamat datang di artikel yang membahas tentang cara salat gerhana bulan. Gerhana bulan adalah peristiwa langit yang selalu menarik untuk diobservasi. Selain itu, gerhana bulan juga memiliki nilai religius bagi umat Islam, karena dalam agama Islam terdapat cara khusus untuk melakukan salat pada saat gerhana bulan terjadi. Berikut ini akan kita bahas cara salat gerhana bulan yang benar.

Persiapan

Sebelum melaksanakan salat gerhana bulan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Berikut ini adalah persiapannya:

  1. Mengetahui waktu gerhana bulan: Sebelum melaksanakan salat gerhana bulan, kita perlu mengetahui waktu gerhana bulan terjadi. Hal ini bisa dilihat pada jadwal waktu shalat atau melalui situs-situs yang menyediakan informasi tentang gerhana bulan.
  2. Mempersiapkan diri secara lahir dan batin: Sebelum melaksanakan salat gerhana bulan, kita perlu membersihkan diri secara fisik dan juga mempersiapkan diri secara batiniah. Ini termasuk membersihkan badan dan pakaiannya serta berwudhu’.
  3. Memilih tempat yang tepat: Pilihlah tempat yang tenang dan tidak mengganggu konsentrasi ketika melaksanakan salat gerhana bulan.

Tata Cara Salat Gerhana Bulan

Berikut ini adalah tata cara melaksanakan salat gerhana bulan:

1. Salat Sunnah Gerhana Bulan

Sebelum melaksanakan salat gerhana bulan, ada baiknya untuk menunaikan salat Sunnah gerhana bulan terlebih dahulu. Salat Sunnah gerhana bulan terdiri dari dua rakaat.

Shalat Sunnah Gerhana Bulan I

Rakaat Takbiratul Ihram Surat Al-Fatihah Surat Al-Kafirun atau Surat Al-Ikhlas Ruku’ I’tidal Sujud Duduk di antara 2 sujud Tasyahud Akhir Salam
1 X X 1x X X 2x X 1x X
2 X X 1x X X 2x X 1x X

Sumber: https://www.bimbinganislam.com/sholat-gerhana/

Shalat Sunnah Gerhana Bulan II

Rakaat Takbiratul Ihram Surat Al-Fatihah Surat Al-Kafirun atau Surat Al-Ikhlas Ruku’ I’tidal Sujud Duduk di antara 2 sujud Tasyahud Akhir Salam
1 X X 1x X X 2x X 1x X
2 X X 1x X X 2x X 1x X

Sumber: https://www.bimbinganislam.com/sholat-gerhana/

2. Salat Gerhana Bulan

Setelah menunaikan salat Sunnah gerhana bulan, selanjutnya adalah melaksanakan salat gerhana bulan. Salat gerhana bulan terdiri dari dua rakaat.

Tata Cara Salat Gerhana Bulan

Rakaat Takbiratul Ihram Surat Al-Fatihah Surat Al-Qamar (Ayat 54-55) Ruku’ I’tidal Sujud Duduk di antara 2 sujud Tasyahud Akhir Salam
1 X X X X X 2x X 1x X
2 X X X X X 2x X 1x X

Sumber: https://www.bimbinganislam.com/sholat-gerhana/

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara yang Tepat untuk Membuang Limbah

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan gerhana bulan?

Gerhana bulan adalah peristiwa ketika Bulan berada di belakang Bumi sehingga terjadi bayangan pada Bulan.

2. Apakah salat gerhana bulan hanya dilakukan di Indonesia saja?

Salat gerhana bulan dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

3. Apakah ada batasan umur untuk melaksanakan salat gerhana bulan?

Tidak ada batasan umur untuk melaksanakan salat gerhana bulan.

4. Apa yang harus dilakukan jika tidak bisa melaksanakan salat gerhana bulan pada waktunya?

Jika tidak bisa melaksanakan salat gerhana bulan pada waktunya, maka bisa dilaksanakan setelah gerhana bulan berakhir.

5. Apakah gerhana bulan berdampak pada kehidupan sehari-hari?

Tidak ada dampak langsung gerhana bulan pada kehidupan sehari-hari. Namun, peristiwa langit ini biasanya menjadi momen untuk refleksi dan introspeksi.

Kesimpulan

Salat gerhana bulan adalah salah satu salat khusus dalam agama Islam yang dilakukan pada saat gerhana bulan terjadi. Persiapan yang perlu dilakukan sebelum melaksanakan salat gerhana bulan antara lain mengetahui waktu gerhana bulan, mempersiapkan diri secara lahir dan batin, serta memilih tempat yang tepat. Tata cara melaksanakan salat gerhana bulan terdiri dari salat Sunnah gerhana bulan dan salat gerhana bulan. Jangan lupa untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Cara Salat Gerhana Bulan