Cara Screenshot HP Xiaomi

>Halo Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara screenshot HP Xiaomi. Screenshot adalah salah satu fitur yang sangat membantu ketika kita ingin mengabadikan tampilan layar smartphone Xiaomi kita. Berikut adalah 20 cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot di HP Xiaomi-mu.

Cara Screenshot HP Xiaomi dengan Tombol Fisik

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk screenshot di HP Xiaomi-mu adalah dengan menggunakan tombol fisik. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Tampilan yang Ingin Kamu Screenshot

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka tampilan yang ingin kamu screenshot. Misalnya, kamu ingin mengambil screenshot tampilan home screen, maka kamu harus membuka home screen terlebih dahulu.

Langkah 2: Tekan Tombol Volume Bawah dan Tombol Power

Setelah tampilan yang ingin kamu screenshot sudah terbuka, kamu bisa menekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan. Tekan dan tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik hingga muncul suara penangkapan layar.

Langkah 3: Periksa Hasil Screenshot Kamu

Setelah kamu menekan tombol volume bawah dan tombol power, kamu akan mendengar suara penangkapan layar. Screenshot yang kamu ambil akan disimpan di folder Screenshots yang terletak di Galeri Xiaomi-mu. Kamu bisa membuka folder Screenshots untuk melihat hasil tangkapan layar kamu.

Cara Screenshot HP Xiaomi dengan Gestur Jari

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk screenshot di HP Xiaomi-mu adalah dengan menggunakan gestur jari. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menggeser tiga jari di layar smartphone-mu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Aktifkan Gestur Jari di Pengaturan

Sebelum kamu bisa menggunakan gestur jari untuk screenshot di HP Xiaomi-mu, kamu perlu mengaktifkan fitur tersebut di pengaturan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka pengaturan dan masuk ke bagian Additional Settings > Button and Gesture Shortcuts > Screenshot.

Langkah 2: Buka Tampilan yang Ingin Kamu Screenshot

Setelah gestur jari sudah diaktifkan, kamu bisa membuka tampilan yang ingin kamu screenshot. Misalnya, kamu ingin mengambil screenshot tampilan home screen, maka kamu harus membuka home screen terlebih dahulu.

Langkah 3: Geser Tiga Jari ke Atas

Setelah tampilan yang ingin kamu screenshot sudah terbuka, kamu bisa menggeser tiga jari ke atas di layar smartphone-mu. Geser tiga jari tersebut sekaligus hingga muncul suara penangkapan layar.

Langkah 4: Periksa Hasil Screenshot Kamu

Setelah kamu menggeser tiga jari ke atas, kamu akan mendengar suara penangkapan layar. Screenshot yang kamu ambil akan disimpan di folder Screenshots yang terletak di Galeri Xiaomi-mu. Kamu bisa membuka folder Screenshots untuk melihat hasil tangkapan layar kamu.

TRENDING 🔥  Cara Menyembuhkan Salah Bantal

Cara Screenshot HP Xiaomi dengan Google Assistant

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan untuk screenshot di HP Xiaomi-mu adalah dengan menggunakan Google Assistant. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu meminta Google Assistant untuk mengambil screenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Aktifkan Google Assistant

Sebelum kamu bisa menggunakan Google Assistant untuk screenshot di HP Xiaomi-mu, kamu perlu mengaktifkan fitur tersebut di pengaturan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka Google Assistant dan mengikuti petunjuk untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Langkah 2: Buka Tampilan yang Ingin Kamu Screenshot

Setelah Google Assistant sudah diaktifkan, kamu bisa membuka tampilan yang ingin kamu screenshot. Misalnya, kamu ingin mengambil screenshot tampilan home screen, maka kamu harus membuka home screen terlebih dahulu.

Langkah 3: Minta Google Assistant untuk Mengambil Screenshot

Setelah tampilan yang ingin kamu screenshot sudah terbuka, kamu bisa meminta Google Assistant untuk mengambil screenshot. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu berkata “Ok Google, ambil screenshot” atau “Ok Google, take a screenshot”. Google Assistant akan menjalankan perintah tersebut dan mengambil screenshot untukmu.

Langkah 4: Periksa Hasil Screenshot Kamu

Setelah kamu meminta Google Assistant untuk mengambil screenshot, kamu bisa langsung memeriksa hasil tangkapan layar kamu. Screenshot yang kamu ambil akan disimpan di folder Screenshots yang terletak di Galeri Xiaomi-mu.

Cara Screenshot HP Xiaomi dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara keempat yang bisa kamu gunakan untuk screenshot di HP Xiaomi-mu adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi screenshot yang bisa kamu gunakan di HP Xiaomi-mu, seperti Screenshot Easy, Super Screenshot, dan sebagainya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Install Aplikasi Screenshot

Sebelum kamu bisa menggunakan aplikasi screenshot di HP Xiaomi-mu, kamu harus mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut terlebih dahulu. Kamu bisa mencari aplikasi screenshot di Google Play Store atau toko aplikasi lainnya.

Langkah 2: Buka Aplikasi dan Pilih Fitur Screenshot

Setelah aplikasi screenshot sudah terinstall, kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan memilih fitur screenshot. Biasanya, fitur screenshot akan terletak di bagian utama aplikasi atau di menu settings.

Langkah 3: Buka Tampilan yang Ingin Kamu Screenshot

Setelah fitur screenshot sudah terpilih, kamu bisa membuka tampilan yang ingin kamu screenshot. Misalnya, kamu ingin mengambil screenshot tampilan home screen, maka kamu harus membuka home screen terlebih dahulu.

Langkah 4: Gunakan Fitur Screenshot di Aplikasi

Setelah tampilan yang ingin kamu screenshot sudah terbuka, kamu bisa menggunakan fitur screenshot di aplikasi. Biasanya, kamu hanya perlu menekan tombol khusus yang terdapat di aplikasi tersebut untuk mengambil screenshot.

Langkah 5: Periksa Hasil Screenshot Kamu

Setelah kamu menggunakan fitur screenshot di aplikasi, kamu bisa langsung memeriksa hasil tangkapan layar kamu. Screenshot yang kamu ambil akan disimpan di folder Screenshots yang terletak di Galeri Xiaomi-mu.

Cara Screenshot HP Xiaomi dengan Mi Cloud

Cara kelima yang bisa kamu gunakan untuk screenshot di HP Xiaomi-mu adalah dengan menggunakan Mi Cloud. Mi Cloud adalah layanan penyimpanan awan yang disediakan oleh Xiaomi. Selain digunakan untuk menyimpan data, kamu juga bisa menggunakan Mi Cloud untuk mengambil screenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Aktifkan Sinkronisasi Mi Cloud

Sebelum kamu bisa menggunakan Mi Cloud untuk screenshot di HP Xiaomi-mu, kamu perlu mengaktifkan sinkronisasi Mi Cloud terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka pengaturan dan masuk ke bagian Mi Account > Mi Cloud. Aktifkan sinkronisasi Mi Cloud di sini.

Langkah 2: Buka Tampilan yang Ingin Kamu Screenshot

Setelah sinkronisasi Mi Cloud sudah diaktifkan, kamu bisa membuka tampilan yang ingin kamu screenshot. Misalnya, kamu ingin mengambil screenshot tampilan home screen, maka kamu harus membuka home screen terlebih dahulu.

Langkah 3: Tekan Tombol Screenshot di Mi Cloud

Setelah tampilan yang ingin kamu screenshot sudah terbuka, kamu bisa menekan tombol screenshot di Mi Cloud. Tombol screenshot ini biasanya terletak di bagian paling bawah dari tampilan screenshot. Tekan tombol tersebut untuk mengambil screenshot.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Sendawa Akibat Asam Lambung

Langkah 4: Periksa Hasil Screenshot Kamu

Setelah kamu menekan tombol screenshot di Mi Cloud, kamu bisa langsung memeriksa hasil tangkapan layar kamu. Screenshot yang kamu ambil akan disimpan di folder Screenshots yang terletak di Galeri Xiaomi-mu.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah semua tipe HP Xiaomi bisa melakukan screenshot? Ya, semua tipe HP Xiaomi bisa melakukan screenshot dengan berbagai cara.
Apakah ada cara screenshot di HP Xiaomi yang lebih mudah? Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan gestur jari atau Google Assistant.
Berapa banyak screenshot yang bisa disimpan di HP Xiaomi? Jumlah screenshot yang bisa disimpan di HP Xiaomi tergantung pada kapasitas penyimpanan internal dan eksternal.
Apakah screenshot di HP Xiaomi bisa langsung dibagikan ke media sosial? Ya, kamu bisa langsung membagikan screenshot ke media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan Facebook.

Cara Screenshot HP Xiaomi