Cara Wudhu yang Benar dan Doanya

>Hello Sohib EditorOnline, thank you for choosing to read this journal article about cara wudhu yang benar dan doanya. In this article, we will discuss the correct way to perform wudhu and the supplications (doa) that should be recited during the process. We hope that this article will not only provide useful information but also help readers in their daily practice of wudhu.

Pendahuluan

Wudhu merupakan salah satu ibadah penting dalam Islam yang harus dilakukan sebelum melakukan sholat. Dalam melakukan wudhu, ada beberapa langkah yang harus diikuti secara benar dan tepat. Selain itu, ada juga doa atau zikir yang dianjurkan untuk dibaca ketika melakukan wudhu. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan wudhu yang benar dan doanya. Mari simak bersama-sama.

Langkah-Langkah Wudhu yang Benar

Langkah pertama dalam melakukan wudhu adalah niat. Niat harus dilakukan di dalam hati sebelum memulai wudhu. Setelah itu, lakukan lima langkah berikut ini secara berurutan:

No. Langkah Keterangan
1 Basuh kedua tangan hingga pergelangan tangan sebanyak tiga kali Pastikan seluruh bagian tangan terkena air
2 Berkumur-kumur sebanyak tiga kali Pastikan air mencapai seluruh bagian mulut dan tenggorokan
3 Membasuh hidung sebanyak tiga kali Pastikan air mencapai seluruh bagian dalam hidung
4 Membasuh wajah sebanyak tiga kali Pastikan seluruh bagian wajah terkena air
5 Membasuh kedua tangan hingga siku sebanyak tiga kali Pastikan seluruh bagian tangan terkena air

Setelah melakukan lima langkah di atas, lanjutkan dengan tiga langkah berikutnya:

No. Langkah Keterangan
6 Membasuh kepala sebanyak satu kali Pastikan air mencapai seluruh bagian kepala
7 Membasuh kedua telinga sebanyak satu kali Pastikan air mencapai seluruh bagian telinga
8 Membasuh kedua kaki hingga mata kaki sebanyak tiga kali Pastikan seluruh bagian kaki terkena air

Setelah melakukan delapan langkah di atas, wudhu sudah benar dan sah dilakukan. Selain itu, ada juga doa atau zikir yang dianjurkan untuk dibaca ketika melakukan wudhu. Selengkapnya dapat kita simak dalam sub-bab berikut.

Doa atau Zikir Ketika Melakukan Wudhu

Setelah melakukan wudhu, ada beberapa doa atau zikir yang disunnahkan untuk dibaca. Berikut ini adalah doa atau zikir yang dapat dibaca setelah melakukan wudhu:

  1. Bismillahirrahmanirrahim.
  2. Ashhadu alla ilaha illallahu wahdahu la sharika lah, wa ashhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu.
  3. Allahummaj ‘alni minat tawwabin, waj alni minal mutathahhirin.

Doa atau zikir di atas dapat dibaca setelah selesai melakukan wudhu. Selain itu, kita juga bisa membaca zikir lain seperti subhanallah, alhamdulillah, atau allahu akbar.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Ayam Semur

FAQ tentang Cara Wudhu yang Benar dan Doanya

1. Apa itu wudhu?

Wudhu adalah sebuah ibadah yang dilakukan oleh umat Islam sebelum melakukan sholat. Wudhu dilakukan dengan membersihkan anggota tubuh tertentu dengan air.

2. Mengapa wudhu penting?

Wudhu penting dilakukan karena agar sholat kita diterima oleh Allah SWT. Selain itu, wudhu juga dapat membersihkan anggota tubuh dan membantu kita untuk menjadi lebih fokus dalam melakukan sholat.

3. Apa saja langkah-langkah wudhu yang benar?

Langkah-langkah wudhu yang benar meliputi niat, membaca basmalah, membilas tangan sebanyak tiga kali, berkumur-kumur sebanyak tiga kali, membilas hidung sebanyak tiga kali, membilas wajah sebanyak tiga kali, membilas tangan hingga siku sebanyak tiga kali, membilas kepala sekali, dan membilas kedua kaki hingga mata kaki sebanyak tiga kali.

4. Apa saja doa atau zikir yang disunnahkan setelah melakukan wudhu?

Doa atau zikir yang disunnahkan setelah melakukan wudhu antara lain Bismillahirrahmanirrahim, Ashhadu alla ilaha illallahu wahdahu la sharika lah, wa ashhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu, dan Allahummaj ‘alni minat tawwabin, waj alni minal mutathahhirin.

5. Apakah diperbolehkan menggunakan sabun atau lainnya saat melakukan wudhu?

Tidak diperbolehkan menggunakan sabun atau benda lainnya yang bisa menghalangi air dari bekerja secara maksimal. Cukup menggunakan air untuk membersihkan anggota tubuh yang diperlukan.

Kesimpulan

Melakukan wudhu yang benar adalah hal yang sangat penting bagi umat Islam. Dalam melakukan wudhu, kita harus mengikuti langkah-langkah yang benar dan tepat. Selain itu, kita juga harus membaca doa atau zikir yang dianjurkan setelah melakukan wudhu. Dengan melakukan wudhu yang benar dan tepat, kita akan merasa lebih bersih dan siap untuk melakukan sholat. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Cara Wudhu yang Benar dan Doanya