Inilah Cara Cek NUPTK Online Berdasarkan Nama & NIK Mudah 2023

Cek NUPTK Online – Untuk para guru atau tenaga kependidikan yang mau cek NUPTK secara online atau cetak, tapi belum tau gimana caranya, NUPTK ini nomor yang cuma didapet sama yang jadi guru atau tenaga pendidik aja.

Kalo udah dapet nomor ini, gak bakal berubah meskipun tempat ngajarnya berpindah-pindah. Apakah NUPTK ini langsung didapet begitu jadi guru? Atau proses apa yang harus dilalui supaya setiap guru dan tenaga pengajar bisa dapet NUPTK ini dan juga apa kegunaannya? Informasi lebih lengkap tentang Cek NUPTK dan yang berhubungan dengan NUPTK bakal kita jelasin secara detail di https://www.editoronline.co.id/

Apa Itu NUPTK?

Editor Online|Inilah Cara Cek NUPTK Online Berdasarkan Nama & NIK Mudah 2023

Udah pernah dengar tentang kode NUPTK belum? Kode ini pasti masih asing buat beberapa orang soalnya cuma dimiliki sama masyarakat tertentu aja. Sebelum ngebahas lebih jauh tentang cara cek NUPTK, kudu tau dulu itu NUPTK itu apaan sih dan gunanya buat apa. NUPTK singkatan dari Nomor Unik Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Jadi, yang punya NUPTK cuma pendidik dan tenaga pendidik aja.

NUPTK bisa dimiliki sama semua guru dan tenaga pendidik yang udah memenuhi kualifikasi. Perlu diketahui juga kalau NUPTK bisa dimiliki sama tenaga pengajar yang udah PNS atau masih honorer. Kalo udah dapet NUPTK sekali, nomor gak akan berubah meskipun pindah kerja ke luar kotak. Nomor NUPTK terdiri dari 16 angka unik yang tentunya setiap orang berbeda.

Kode ini dibuat buat tujuan tertentu yang berhubungan sama pendidikan. Gak semua orang bisa dapet kode NUPTK karena cuma yang berprofesi sebagai pengajar dan tenaga pendidik yang berhak dapet kode itu. Mungkin ada pembaca yang guru atau tenaga kependidikan yang belum tau syarat dapet nomor NUPTK atau masih bingung cara cek status NUPTK. Buat itu, akan dijelasin informasi yang lebih lengkap di https://www.editoronline.co.id/

Syarat Untuk Mendapatkan Nomor NUPTK

Syarat Untuk Mendapatkan Nomor NUPTK

Jika kamu guru atau tenaga kependidikan di sekolah dan merasa belum dapet NUPTK, jangan lupa daftarin diri kamu buat dapetin kode khusus itu. Buat dapetin kode NUPTK ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dulu, baik guru yang udah PNS atau belum. Ada syaratnya sendiri-sendiri dan kudu baca baik-baik supaya gak salah.

Proses pengajuan ini bisa dilakuin sendiri atau diajukan langsung sama pihak sekolah. Tapi, kamu tetep harus tau syarat yang harus dilengkapi kalo mau dapetin nomor unik pengajar dan tenaga kependidikan ini.

Apa aja syarat yang dibutuhin? Ini dia daftar syarat yang harus kamu lengkapi kalo mau dapetin kode NUPTK resmi.

Berikut ini syarat daftar kode NUPTK buat guru atau tenaga kependidikan honorer:

  1. Punya KTP
  2. Lampirin ijazah dari sekolah dasar sampai pendidikan yang ditempuh terakhir
  3. Memenuhi syarat kualifikasi pendidikan, minimal D-IV atau S-1 terutama buat para pengajar yang ada di satuan pendidikan formal
  4. Lampirin SK pengangkatan dari Kepala Dinas Pendidikan kalo kerja di satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah daerah

Buat guru atau tenaga pengajar yang udah PNS, syarat yang harus dilengkapi itu:

  1. Punya KTP
  2. Ijazah pendidikan
  3. Memenuhi syarat kualifikasi pendidikan
  4. Lampirin SK pengangkatan PNS dan SK penugasan dari Dinas Pendidikan

kalau kamu udah memenuhi semua syarat yang ada di atas baru bisa ngajuin buat dapetin kode NUPTK yang resmi.

Cara Mendapatkan NUPTK Bagi Seorang Guru Dan Tenaga Kependidikan

Sebelum kita ngebahas NUPTK, pasti kamu juga pengen tau gimana cara dapetin nih kode unik pendidik dan tenaga kependidikan. Ada beberapa tahap yang harus kamu lewatin sebelum akhirnya kamu bisa dapetin kode NUPTK.

Admin bakal jelasin step-by-step gimana cara dapetin NUPTK dari awal sampai akhir. Jangan lupa baca penjelasan ini sama-sama, siapa tau nanti kamu jadi guru atau tenaga kependidikan.

Dan pas waktunya datang, kamu udah nggak bingung lagi gimana cara dapetin kode unik ini. Caranya cuma satu, yaitu daftarin diri lewat dinas pendidikan.

Walaupun kamu udah lama jadi guru atau tenaga kependidikan, tapi belum pernah daftar NUPTK, artinya kamu belum punya kode NUPTK dan nggak bisa dicek statusnya aktif atau nggak.

Memenuhi Syarat Yang Ditetapkan

Langkah pertama yang pasti harus kamu lakukan adalah siapin semua persyaratan yang udah ditentuin. Sebelumnya admin udah jelasin apa aja dokumen yang harus kamu lengkapi buat daftar NUPTK.

Nggak boleh ada syarat yang belum terpenuhi, karena kalau satu aja nggak ada, mungkin susah dapetin kode NUPTK. Semua syarat bisa kamu lengkapi duluan.

Kalau daftar bisa dilakukan secara online dan semua dokumen syarat bisa di-scan untuk diupload saat daftar. Jangan lupa cek syarat yang harus terpenuhi, ya teman-teman.

Mengajukan Pendaftaran

Kalau kamu udah siapin semua syarat yang dibutuhin, sekarang waktunya daftar. Pendaftaran bisa dilakukan secara online, jadi kamu nggak perlu repot pergi ke dinas pendidikan atau tempat pendaftaran NUPTK.

Dimana sih tempat daftar NUPTK? Kamu bisa buka website vervalptk data kemendikbud dan sebelumnya kamu harus punya akun buat login dulu.

Biasanya semua guru udah punya akun buat login ke website kemendikbud ini. Kalau kamu berhasil login, langkah selanjutnya upload semua dokumen yang dibutuhin ke kolom yang udah disediain.

Baca formulir yang tertera dengan seksama dan pastikan kamu sudah mengisi semua yang dibutuhkan. Jangan sampai ada yang terlewat ya, karena bisa jadi pendaftaran kamu ditolak.

Setelah kamu mengajukan pendaftaran, kamu harus menunggu proses verifikasi dari dinas pendidikan. Biasanya proses ini cukup cepat, tapi jika ada kendala atau masalah, kamu bisa menghubungi dinas pendidikan untuk mengecek status pendaftaran kamu.

Dan setelah proses verifikasi selesai, kamu akan menerima kode NUPTK yang unik dan valid. Kamu bisa menyimpan kode tersebut dan mengecek statusnya di website kemendikbud.

Jadi itu dia cara mendapatkan kode NUPTK yang gaul dan keren, jangan lupa untuk memenuhi syarat yang ditentukan dan mengajukan pendaftaran dengan benar. Selamat mencoba!

Fungsi Dari NUPTK Untuk Guru Dan Tenaga Kependidikan

Berikut Ini Cara Cek Nomor NUPTK Secara Online

Guru dan tenaga pendidik, NUPTK itu penting banget buat dimiliki. Jadi, segera daftar kalau belum punya NUPTK.

Buat yang baca artikel ini, admin mau jelasin sebentar apa guna dari NUPTK. NUPTK ini salah satu alat buat dukung program pemerintah yang mau naikin kesejahteraan guru di Indonesia.

Ada NUPTK, data guru dan tenaga pendidik bisa diatur dan gampang di tracking. Selain itu, yang punya NUPTK bisa dapet tunjangan pendidikan.

Setiap guru harus ikut ujian kompetensi guru, salah satu syaratnya ada NUPTK. Guru yang belum PNS atau masih honorer bisa dapet kesempatan dapetin beasiswa dari kemendikbud.

Dan yang paling penting, NUPTK itu nomor identitas yang beda-beda untuk setiap orang.

Berikut Ini Cara Cek Nomor NUPTK Secara Online

Yo, buat kamu yang udah daftar NUPTK tapi belum tau kodenya, jangan khawatir, cek aja di website resmi GTK Kemendikbud.

  1. Cari akun GTK di sana atau pakai link ini https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk.
  2. Isi beberapa kotak yang muncul, masukin nama lengkap, pilih provinsi dan kota, lalu klik “Cari GTK”.
  3. Tunggu hingga selesai, nanti kamu bakal dapat kode NUPTK 16 digit yang bisa kamu salin.
  4. Jangan lupa, kalau belum punya kartu NUPTK, salin kodenya biar gak lupa.

Cara Cek NUPTK Terdaftar Atau Tidak Statusnya

Cara Cek NUPTK Terdaftar Atau Tidak Statusnya

Wah, pasti kamu penasaran banget sama status NUPTK kamu, kan? Tenang aja, gampang banget ngeceknya. Caranya cuma online aja, jadi gak perlu repot-repot ke kantor.

Cara ceknya juga gak ribet banget, cuma masukin kode NUPTK yang kamu punya aja. Gak tau kode NUPTK kamu? Gak problem, kamu bisa cari tau dari langkah-langkah yang udah admin jelasin sebelumnya.

Oh iya, jangan lupa untuk cek status NUPTK kamu sebelum dipakai, karena ternyata ada juga yang ternyata statusnya belum aktif. Jangan sampai kamu salah masukin kode NUPTK, deh.

Nah, buat cek status NUPTK, kamu bisa kunjungi website GTK Kemendikbud atau cuma masukin alamat situs ini http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status ke Google. Tampilan cek status NUPTK juga gak ribet, cuma isi kode NUPTK aja.

Setelah kamu masukin kode NUPTK, klik tombol cari yang ada di sebelah kotak itu. Tunggu prosesnya hingga selesai. Nanti akan muncul status NUPTK kamu di bagian bawah. Jika statusnya aktif, yaaahh, gak perlu khawatir.

Gampang kan cek status NUPTK secara online? Cuma perlu tau kode NUPTK kamu dulu. Jangan lupa, cek status NUPTK kamu sebelum dipakai, ya.

Inilah Cara Cetak Kartu NUPTK Online Dengan Mudah Dan Praktis

EditorOnline.co.id bakal kasih tau kamu, NUPTK itu bisa dicetakin jadi kartu. Jadi kalau kamu mau nyari data kodenya, gak usah pusing-pusing lagi nyari di website. Tapi, cetak kartu NUPTK gak bisa segampang itu, harus lewatin beberapa proses dulu.

Isi dari kartu NUPTK adalah nomor kartunya, nama, tempat tanggal lahir, dan juga jenis kelamin. Persyaratan utama kalau kamu mau cetak kartu NUPTK adalah udah daftar pengajuan dulu.

Jadi, kalau kamu udah diterima dan udah cek statusnya, baru kamu bisa cetak kartu NUPTK. Buat cetakin kartunya ada website khusus.

Di https://www.editoronline.co.id/ juga sudah dijelaskan gimana cara cetak NUPTK dengan gampang dan cepat:

  • Kunjungi website cetak kartu NUPTK yang ada di internet.
  • Terus scroll layar ke bawah dan isi form pendaftaran yang ada disana.
  • Masukkin pas foto yang sesuai dengan ketentuan yang udah ditentuin, yaitu ukuran 3×4 dengan format file JPG, JPEG, dan PNG. Dan file maksimal 250 Kb.
  • Trus masukkin 16 digit kode NUPTK.
  • Isi tempat dan tanggal lahir. Dan yang terakhir pilih gender.
  • Terus tekan cetak kartu dan kamu bakal dapet file PDF dulu sebelum akhirnya bisa dicetak.

Bagaimana Jika NUPTK Tidak Ditemukan?

Waktu cek NUPTK lewat website yang udah kita jelasin tadi, bisa jadi kamu nemuin status “tidak valid” yang muncul. Kenapa bisa gitu? Alasannya karena mungkin kamu salah masukin data-data sebelumnya.

Pastikan semua data yang kamu masukin sama kayak yang di Dapodik, dan kamu bisa cek sendiri. Jadi kamu bisa langsung tau kalau ada yang salah dengan data yang udah kamu buat.

Kalau ternyata ada yang salah, datang aja ke dinas pendidikan atau laporkan ke sekolah tempat kamu kerja.

Yah, gitu aja sih yang bisa admin jelasin tentang cek NUPTK online, terus cara tau kalau aktif atau tidak valid.