7 Hari Cara Jadwal FYP Tiktok agar Video Kamu Viral Terus!

Jadwal FYP TikTok gampang gak diketahui, karena setiap minggu atau hari bisa berubah-ubah sesuai tren yang lagi hot. Jadi, harus selalu update tau tren apa aja yang lagi happening di TikTok, biar gampang ngerti gimana metode FYP TikTok bekerja. Dan jangan lupa buat konten yang bagus, kalau konten jelek ya pasti gak lancar-lancar aja.

APa itu FYP Tiktok?

FYP TikTok itu sejenis kumpulan video keren yang muncul di beranda kamu di TikTok. Biasanya video-video ini muncul secara random sesuai dengan apa yang disukai oleh masyarakat. Misal kamu suka banget sama video dance, maka sebagian besar video yang muncul di beranda kamu pasti berhubungan sama dance dan hal-hal yang terkait.

Orang-orang yang pake TikTok biasanya suka banget sama FYP, karena kalau video kamu masuk ke FYP, jumlah orang yang nonton video kamu bakal lebih banyak daripada video standar. Jadi, beberapa orang selalu berusaha untuk bisa masuk ke FYP.

Ada beberapa orang yang udah punya formula sendiri atau gak ngerti algoritma yang dipake TikTok, jadi apapun video yang dibuat bisa jadi viral dan dilihat oleh jutaan orang dalam sehari.

Kalau kamu pengen tau lebih jelas tentang FYP TikTok dan cara kerjanya, bisa baca tutorial di artikel ini. Di sana bakal dijelasin tentang waktu yang tepat buat posting video dan beberapa tips untuk masuk ke FYP.

Faktor yang Memicu FYP TikTok

Faktor yang Memicu FYP TikTok

Ada beberapa faktor yang bisa bikin video kamu masuk ke FYP, seperti seberapa banyak orang yang like, share, dan comment video kamu. Dengan pemahaman tentang faktor-faktor ini, video kamu bisa jadi viral lebih cepat dan mudah.

Kualitas Video FYP TikTok

Ada beberapa faktor yang bisa bikin akun kamu masuk ke FYP TikTok atau gak. Salah satunya adalah kualitas video kamu. Semakin bagus kualitas video kamu, semakin besar kemungkinan kamu masuk ke FYP. Kualitas video di sini bisa dilihat dari kualitas gambar dan resolusi.

Jadi, konten di dalam video harus jelas banget supaya orang lain gak susah ngerti. Jangan asal buat video, kalau asal-asalan, video kamu gak akan dikenal sama sekali dan malah sia-sia aja.

Jenis Video FYP TikTok

Buat aja berbagai macam video yang kece dan sesuai dengan branding yang udah kamu punya. Di TikTok itu banyak banget jenis video, mulai dari video challenge yang kece-kece, makan, sampai video edukasi.

Setiap video pasti bakal punya target penonton yang berbeda-beda, jadi gak ada salahnya kalau kamu tau dulu siapa sih target penonton yang kamu mau. Kalau kamu tau, jadi lebih mudah buat bikin video. Karena kamu bisa bikin video yang sesuai dengan selera penonton.

Jangan asal bikin video aja, karena kalau video kamu gak sesuai, FYP TikTok bakal gak mau masukin video kamu. FYP TikTok itu udah punya persona sendiri untuk setiap akun.

Hook di Bagian Depan FYP TikTok

Salah satu hal yang bikin susah dari pembuatan video itu adalah cara buat video yang bikin orang betah nonton. Karena kalau video kamu gak bikin orang betah, pasti dia cepet-cepet skip atau stop. Inilah yang bikin video kamu susah masuk ke FYP TikTok.

Jadi, gak ada salahnya kalau kamu mikir dulu tentang konsep video kamu, misalnya dengan buat teaser yang keren atau sesuatu yang bikin orang penasaran. Kalau dari awal video kamu udah gak disukai, kemungkinan masuk ke FYP TikTok jadi kecil banget. Itulah kenapa gak ada salahnya kalau kamu bikin konten-konten yang berkualitas dan gak cuma asal-asalan.

Isi dari Video FYP TikTok

Isi video itu penting banget dah, karena isi video yang keren pasti bakal disukai. Kalau isinya gak keren, video kamu bakal susah diterima. Jadi, pastikan isi video kamu sesuai dan gak bohong. Selain itu, buat konsep yang keren supaya hasilnya sesuai harapan. Isi video FYP TikTok juga harus sama satu dengan yang lain, jadi dalam satu akun gak boleh ada jenis video yang berbeda-beda, biar gak bikin miskonsepsi.

Pembuat Video

Siapa yang bikin videonya, dia yang bakal nentuin apakah videonya bisa jadi FYP TikTok atau enggak. Kalau kamu udah terkenal atau punya followers banyak, kesempatan kamu buat FYP TikTok jadi lebih gampang. Orang-orang yang udah terkenal atau udah punya centang biru biasanya bisa lebih gampang dapet FYP TikTok, meski videonya cuma biasa aja. Soalnya yang nentuin itu siapa yang liat videonya. Orang yang udah punya centang biru biasanya udah tau gimana cara bikin target market suka sama videonya.

Target Video

Kalo kamu mau punya video yang dilihat sama orang yang kamu mau, pasti harus punya target yang spesifik. Target ini akan ngebantu kamu tau siapa aja yang ngeliat video kamu setelah kamu aktifin fitur insight. So, pastikan kamu bikin video yang sesuai sama target kamu, biar lebih gampang dapet FYP TikTok dan pasang iklan. Jangan lupa, selalu jaga target kamu!

Keberuntungan

Last but not least, adalah keberuntungan yang bakal dibawa sama seseorang. Gimanapun juga, keberuntungan seseorang bakal jadi penentu apakah video mereka bakal masuk FYP TikTok atau gak.

Kadang, orang bikin video yang simpel aja tapi malah dapet banyak banget viewer. Sementara, orang yang udah berusaha bikin video yang cukup kompleks tapi malah gak dapet penonton.

Mengapa FYP TikTok Tidak Bisa Viral ?

Kadang, ada faktor-faktor yang bikin video kita ga keliatan kece di mata publik dan ga bisa jadi viral. Ini beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya.

  1. Konten yang tidak laku di pasaran
    Ada beberapa alasan kenapa video kita gak bisa viral dan gak dapet FYP di TikTok. Salah satunya karena konten kita gak disukai banyak orang karena terlalu menyinggung atau bahaya. Jadi, penting banget buat bikin konten yang aman dan gak terlalu berlebihan. Kalau terlalu berlebihan pasti gak disukai banyak orang.
  2. Nge-copy paste terus, gak bikin orang lain jenuh?
    Kalo mau nge-copy paste sih gak masalah, asal jangan langsung di-post di akun sendiri. Tapi, yang jelas bikin orang lain jenuh banget kalo cuma liat konten yang udah ada aja tanpa ada yang original.
  3. Tidak Post di Jam yang Tepat
    Jangan sampai nge-postnya nggak pas waktu, loh. Kalo posting di jam yang salah, udah pasti nggak dapat FYP TikTok. Jadi, jangan lupa jaga waktu post-nya, terutama di hari-hari kerja. Oh ya, jangan lupa juga posting di akhir pekan, kalo nggak mau video yang udah dibuat susah payah malah nggak diliat sama siapapun.
  4. Tidak Ada Interaksi
    Kalo video kamu gak dapet interaksi, gak akan ada kesempatan buat dapetin FYP di TikTok. Interaksi yang dimaksud di sini adalah jumlah like dan komentar yang diterima. Makin banyak interaksinya, makin gampang buat dapetin FYP. Tapi kalo gak ada interaksi, ya udah gitu aja, sia-sia aja.
  5. Melanggar Aturan
    Sebagai penutup, yang pasti sering diabaikan sama banyak orang adalah aturan yang diterapin sama Tiktok. Ada beberapa aturan yang harus diikutin sama persis biar gak melanggar, dan video yang dibuat juga bisa masuk FYP TikTok. Kalau kamu melanggar, kemungkinan besar bakal susah banget buat masuk FYP TikTok. Jadi, pelajari semuanya dengan baik biar gak ngebuat kesalahan.

Jadwal FYP TikTok yang Bisa Diikuti

Jadwal FYP TikTok yang Bisa Diikuti

Ini dia jadwal FYP TikTok yang bisa kamu ikutin supaya posting-mu bisa dapet FYP. Gak ada jaminan sih tapi gak ada salahnya juga coba-coba.

  1. Senin
    Senin itu hari kerja yang lumayan sibuk, jadi kebanyakan orang jarang buka TikTok. Tapi biasanya setelah pulang kerja mulai jam 18.00 WIB mereka lebih santai. Cobain posting di jam ini aja.
  2. Selasa
    Selasa itu lebih santai dibanding hari Senin, jadi kamu bisa lebih banyak waktu buat lihat TikTok. Kalau mau posting, disarankan jam 11.00-13.00 WIB dan 18.00-21.00 WIB.
  3. Rabu
    Jadwal untuk hari Rabu gak jauh beda sama Selasa. Jadi, tetap posting di jam yang sudah ditentukan aja.
  4. Kamis
    Kamis itu sudah mulai menyongsong akhir pekan, jadi orang lebih aktif di media sosial. Jadwal FYP TikTok 2022 yang disarankan mulai jam 10.00-13.00 WIB dan setelah pulang kerja jam 18.00 WIB.
  5. Jumat
    Jumat itu mungkin ada sedikit perbedaan jadwal FYP TikTok. Disarankan posting mulai jam 15.00 WIB sampai malam hari.
  6. Sabtu dan Minggu
    Sabtu dan Minggu jadwalnya gak jauh beda, jadi posting di jam berapa aja gak masalah. Tapi disarankan posting mulai pagi hingga sore hari.

Manfaat Video FYP TikTok

Ketahuan deh, dapetin FYP itu keren banget loh. Ini beberapa keuntungan yang bakal kamu dapetin kalo videomu udah dapet FYP di TikTok.

  1. Mendapatkan ExposureSalah satu keuntungannya kalo kamu tau jadwal FYP TikTok, kamu bakal dapetin exposure yang jauh lebih gede. Soalnya biasanya TikTok lagi rame banget di jam-jam tertentu tiap harinya. Contohnya, di hari kerja, biasanya rame banget di siang atau malem hari.Tapi kalo di jam biasa atau jam kerja, jarang banget yang online karena kebanyakan lagi sibuk sama aktivitasnya. Kalo kamu posting videomu di jam yang tepat, exposure videomu bakal tinggi banget. Artinya, peluang dapetin FYP juga tinggi dan bakal dapetin banyak keuntungan lainnya.
  2. Peluang Kerja Sama Mantap
    Kita punya peluang untuk kerja sama sama dengan banyak orang lain. Soalnya, kalo video kita ditonton sama banyak orang, pasti banyak banget yang nge-lihat, termasuk akun-akun resmi dari brand-brand keren.Kalau pemilik brand tertarik dan mau kerja sama, pasti mereka akan nawarin kita. Ini yang banyak orang cari, karena bisa dapet duit dengan gampang.

    Jadi, pastikan untuk buat konten FYP TikTok yang keren abis. Selain itu, kalau kita beruntung dan dapet viral, gak mustahil untuk kerja sama sama dengan banyak pihak.

  3. Naikin FollowerKalo video kita dapet FYP TikTok, kemungkinan besar bakal gampang buat dapet follower. Walaupun video gak ditonton sama banyak orang, kalau disukai, pasti orang langsung tekan tombol follow.Semakin sering akun kita nampilin video FYP, berarti jumlah follower juga bakal naik. Itulah kenapa, beberapa orang yang sering dapet FYP TikTok sering kebanjiran follower.

    Semakin banyak pengikut, kredibilitas akun kita juga bakal naik. Ini bakal bikin gampang buat dapet jumlah pengikut yang banyak dan disukai sama brand-brand yang ngehubungin akun kita.

  4. Dapet Centang Biru
    Semakin terkenal dan punya exposure yang cukup tinggi, bisa bikin akun kita gampang dapet centang biru. Akun yang udah dapet centang biru biasanya punya kredibilitas yang cukup tinggi.Ini bakal bikin gampang buat akun kita dikenal dan kerja sama sama dengan banyak pihak. Bahkan, pihak dari TikTok sendiri juga bisa kerja sama sama, jadinya peluang yang lebih besar bakal terbuka lebar.

    Itulah kenapa, beberapa orang sengaja belajar media sosial video ini dengan baik. Bahkan, ada yang rela edit FYP TikTok terus-terusan biar selalu aktif di akun mereka.

  5. Bisa Jualan
    Ternyata, kalo dapet FYP TikTok bisa bikin kita semua gampang buat jualan. Kalau udah sering dapet flip, kita bisa tambahin kotak atau keranjang kuning di pojok kiri bawah.Bahkan bisa juga masukin soft selling atau hard selling di dalam video. Dengan begitu, orang lain bisa dengan gampang buat cek produk dan transaksi langsung di situ.

    Kita bisa jual barang sendiri atau jual barang orang lain. Dengan begitu, proses transaksi bisa berjalan dengan lancar dan gampang. Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan ini untuk jualan dengan FYP TikTok.

FYP TikTok schedule yang tertera di atas hanyalah perkiraan saja, kadang-kadang bisa berubah-ubah tergantung dari jenis konten yang dibuat. Selain itu, keberuntungan juga menjadi faktor penting.

Terkadang video yang terlihat simpel saja bisa mendapatkan jumlah penonton dan like yang cukup banyak, bahkan lebih sedikit dibandingkan video lain.