Jelaskan Cara Memegang Raket: Panduan Lengkap untuk Pemula

>Halo Sohib EditorOnline! Jika kamu baru saja memulai olahraga bulu tangkis dan ingin mempelajari cara memegang raket yang tepat, artikel ini akan memberikan panduan lengkap untukmu. Memegang raket secara benar sangat penting untuk memaksimalkan teknik bermain bulu tangkis.

1. Pengenalan tentang Raket Bulu Tangkis

Sebelum memulai mempelajari cara memegang raket, pertama-tama harus mengenal bagian-bagian dari raket terlebih dahulu. Raket bulu tangkis terdiri dari beberapa bagian, seperti grip, throat, frame, dan head. Setiap bagian memiliki peran dan fungsi yang berbeda dalam permainan.

Grip

Grip adalah bagian yang digunakan untuk meletakkan tangan saat memegang raket. Grip terbuat dari bahan kulit sintetis atau karet yang dililitkan ke batang raket. Pilihlah grip dengan ketebalan yang tepat dan nyaman di tanganmu.

Throat

Throat adalah bagian yang menyambungkan grip dengan frame. Pada bagian ini terdapat tulang tengah yang berfungsi sebagai penguat serta menjadi batas dari besarnya ukuran blade atau head raket.

Frame

Frame adalah rangka raket yang terbuat dari bahan carbon fiber, graphite, atau alumunium. Frame yang ringan dan kuat akan membantu meningkatkan kecepatan dan daya dorong saat melakukan pukulan. Pemain telah banyak yang memilih bermain dengan raket ringan.

Head

Head adalah bagian yang berada di ujung atas raket. Head berfungsi untuk memukul bola dan mempengaruhi arah dan kekuatan bola saat dipukul.

2. Memegang Raket dengan Benar

Cara memegang raket yang baik dan benar harus dilakukan dengan telaten, karena posisi tangan saat memegang raket mempengaruhi kualitas pukulan yang dihasilkan. Berikut ini adalah cara memegang raket yang benar:

Cara Memegang Raket untuk Pukulan Forehand

Pukulan forehand adalah pukulan yang dilakukan dengan memukul bola yang datang dari samping badan dengan raket yang dipegang di tangan kanan (untuk pemain yang tangan dominan kanan) atau tangan kiri (untuk pemain yang tangan dominan kiri). Cara memegang raketnya adalah:

Step Gambar Deskripsi
Step 1
Forehand Step 1
Forehand Step 1 Source Bing.com
Pegang raket di bagian grip dengan tangan yang dominan dan jari-jari tangan menggenggam rapat grip raket.
Step 2
Forehand Step 2
Forehand Step 2 Source Bing.com
Posisikan jari-jari pada bagian belakang grip raket dan rapatkan jari telunjuk ke bagian tempat blade raket bertemu dengan grip. Jangan terlalu lama memegang grip lebar karena dapat mengurangi kemampuan memutar tangan secara instan pada saat memukul bola.
Step 3
Forehand Step 3
Forehand Step 3 Source Bing.com
Putar jari-jari tangan ke arah raket agar ujung raket membentuk sudut 45 derajat ke kanan. Pastikan bagian blade raket lurus sejajar dengan lenganmu.
TRENDING 🔥  Cara Melunakan Daging Ayam yang Alot

Cara Memegang Raket untuk Pukulan Backhand

Pukulan backhand adalah pukulan yang dilakukan dengan memukul bola yang datang dari samping badan dengan raket yang dipegang di tangan yang bertolak belakang dengan tangan bermain (dalam hal ini tangan non-dominan). Cara memegang raketnya adalah:

Step Gambar Deskripsi
Step 1
Backhand Step 1
Backhand Step 1 Source Bing.com
Pegang raket di bagian grip dengan tangan non-dominan. Jangan rapatkan jari-jari tangan terlalu kencang agar tidak mudah kelelahan saat bermain bulu tangkis.
Step 2
Backhand Step 2
Backhand Step 2 Source Bing.com
Pindahkan jari telunjuk di atas grip raket dan letakkan jari tersebut sejajar dengan tangan, lalu rapatkan jari yang lain. Pastikan bagian blade raket lurus sejajar dengan lenganmu.

3. FAQ

1. Apakah saya harus memilih grip yang sama dengan tangan dominan saya?

Ya, pilih grip yang sama dengan tangan yang dominan dalam bermain bulu tangkis. Pilih juga grip yang sesuai dengan ukuran tanganmu agar lebih nyaman saat digunakan.

2. Apa bedanya holding dan gripping?

Holding merupakan cara memegang raket yang benar dan sesuai dengan teknik bermain, sedangkan gripping merupakan kekuatan memegang raket yang sesuai dengan kebutuhan saat mengejar bola.

3. Bagaimana cara melatih kekuatan holding dan gripping?

Kamu dapat melatih kekuatan holding dan gripping dengan menggunakan alat pelatihan khusus yang tersedia di toko olahraga atau dengan melakukan latihan reguler menggunakan raket bulu tangkis.

4. Apakah posisi jari-jari tangan berpengaruh pada teknik pukulan?

Ya, posisi jari-jari tangan saat memegang raket berpengaruh pada teknik pukulan yang dihasilkan. Pastikan jari-jari tangan berada pada posisi yang tepat saat memegang raket agar teknik pukulanmu semakin maksimal.

5. Bagaimana cara mengatasi raket yang terasa berat saat digunakan?

Kamu dapat mengatasi raket yang terasa berat saat digunakan dengan mengganti grip raket dengan yang lebih tebal atau menggunakan raket yang lebih ringan dan lebih mudah digunakan.

Semoga artikel ini membantu kamu memahami cara memegang raket yang benar dan meningkatkan teknik bermain bulu tangkismu. Selamat berlatih dan semoga sukses!

Jelaskan Cara Memegang Raket: Panduan Lengkap untuk Pemula