Sebutkan Dua Cara Memegang Raket

>Hello Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas tentang cara memegang raket yang benar. Terutama bagi pemula atau pemain yang baru belajar dalam dunia bulutangkis. Apa saja dua cara memegang raket yang benar? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Cara Memegang Raket Backhand

Cara pertama yang akan kita bahas adalah cara memegang raket backhand. Backhand merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain bulutangkis. Dalam teknik backhand, pemain harus memegang raket dengan cara sebagai berikut:

No. Cara Memegang Raket
1 Pertama-tama, letakkan raket di permukaan datar dan pegang gagang raket dengan tangan yang dominan.
2 Letakkan ibu jari di sisi kiri gagang raket (bagi yang tangan dominannya kanan) atau di sisi kanan gagang raket (bagi yang tangan dominannya kiri).
3 Genggam gagang raket dengan kuat dengan sisa empat jari (telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking) membentuk lingkaran.
4 Pastikan kakimu berada di depan dan rapat satu sama lain agar posisi tubuh lebih mantap.

Itulah cara memegang raket backhand yang benar. Dengan memegang raket seperti itu, pemain akan lebih mudah mengontrol gerakan saat melakukan backhand. Selanjutnya, mari kita bahas cara memegang raket forehand.

2. Cara Memegang Raket Forehand

Cara kedua yang akan kita bahas adalah cara memegang raket forehand. Forehand merupakan teknik serangan yang sangat penting dalam permainan bulutangkis. Dalam teknik ini, pemain harus memegang raket dengan cara sebagai berikut:

No. Cara Memegang Raket
1 Pertama-tama, letakkan raket di permukaan datar dan pegang gagang raket dengan tangan yang dominan.
2 Kemudian, letakkan ibu jari di sisi kiri gagang raket (bagi yang tangan dominannya kanan) atau di sisi kanan gagang raket (bagi yang tangan dominannya kiri).
3 Pada posisi ini, jari-jari lainnya menggenggam gagang raket dengan lebih longgar daripada memegang raket backhand.
4 Pastikan kakimu berada di depan dan rapat satu sama lain agar posisi tubuh lebih mantap.

Dengan memegang raket forehand seperti itu, pemain akan lebih mudah melakukan teknik serangan dan mengontrol gerakan raket. Selain itu, pemain juga harus bisa melakukan pergerakan kaki yang tepat dan mengatur napas dengan baik saat melakukan serangan.

FAQ

1. Bolehkah saya memegang raket dengan satu tangan?

Baik teknik backhand maupun forehand, pemain harus memegang raket dengan dua tangan. Hal ini dilakukan untuk memastikan stabilitas gerakan dan kontrol raket yang lebih baik.

TRENDING 🔥  Cara Membersihkan Najis Mughallazah

2. Adakah teknik lain untuk memegang raket?

Teknik yang dijelaskan di atas merupakan teknik dasar dalam memegang raket. Namun, ada beberapa teknik lain seperti chopper grip, panjang grip, atau sebagainya yang dapat digunakan bergantung pada kondisi dan kebutuhan pemain.

3. Apa yang harus dilakukan jika merasa tidak nyaman saat memegang raket?

Setiap pemain memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam memegang raket. Jika merasa tidak nyaman, maka pemain harus mencoba memegang raket dengan teknik lain sampai menemukan teknik yang cocok untuk dirinya.

4. Apakah perbedaan teknik memegang raket Backhand dan Forehand?

Perbedaan utama antara teknik memegang raket backhand dan forehand terdapat pada posisi jari-jari dan kekuatan genggaman yang digunakan. Pada teknik backhand, grip raket lebih kuat, sedangkan pada teknik forehand grip raket lebih longgar.

5. Apa yang harus dilakukan jika raket terasa terlalu berat atau terlalu ringan?

Memilih raket yang sesuai dengan bobot yang diinginkan merupakan hal penting dalam dunia bulutangkis. Jika raket terasa terlalu berat atau terlalu ringan, maka pemain harus mencoba raket dengan bobot yang berbeda sampai menemukan raket yang nyaman untuk digunakan.

Kesimpulan

Itulah dua cara memegang raket yang benar dalam permainan bulutangkis, yakni teknik backhand dan forehand. Selain teknik dasar memegang raket yang benar, seorang pemain bulutangkis juga harus menguasai teknik lainnya seperti footwork, smash, dan lain-lain. Dengan menguasai teknik-teknik tersebut, pemain akan lebih mudah dalam mengontrol gerakan dan mendapatkan poin dalam permainan bulutangkis.

Sebutkan Dua Cara Memegang Raket