Set Top Box Siaran TV Digital Gratis (ASLI) Dari Pemerintah 2023

Saat ini, siaran TV Digital menjadi perbincangan utama di berbagai media. Pemerintah telah resmi mengganti siaran TV Analog dengan TV Digital pada tahap 1 Bulan April 2022, dan sekarang pada awal bulan November 2023 sudah sepenuhnya rampung.

Bagi masyarakat yang masih menggunakan TV Analog, kemungkinan tidak bisa lagi mengakses siaran TV kecuali dengan bantuan alat Set Top Box Siaran TV Digital. Namun, sebagai pelaku yang berpengalaman, saya akan memberikan tips menggunakan Set Box TV Digital dengan bahasa yang keren dan anti plagiat.

Untuk masyarakat yang memiliki TV Analog dan belum memiliki fitur TV Digital, dapat membeli Set Top Box untuk mengubah TV Analog menjadi TV Digital. Dengan Set Top Box tersebut, Anda dapat mengakses semua channel TV di Indonesia dengan mudah.

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menggunakan Set Box TV Digital, jangan khawatir. Saya merekomendasikan Anda untuk mengunjungi EditorOnline.co.id untuk mendapatkan informasi lebih detail dan jelas mengenai penggunaan Set Top Box TV Digital. Jadi, jangan sampai ketinggalan dengan teknologi yang terus berkembang, yuk segera beralih ke TV Digital dengan menggunakan Set Top Box!

Apa Itu Set Top Box Siaran TV Digital?

Set Top Box Siaran TV Digital Gratis

Bro, gua mau ngebahas nih soal Set Top Box Siaran TV Digital. Jadi, alat ini tuh fungsinya buat merubah sinyal digital dari stasiun TV jadi gambar dan suara yang bisa ditampilin di TV yang pake alat ini.

TRENDING 🔥  5 Fitur Menarik di WhatsApp GB yang Wajib Kamu Coba

Sejak pemerintah umumin peralihan TV dari analog ke digital, alat ini jadi yang paling laris banget. Sebenernya, buat yang TV-nya udah punya fitur siaran digital, masih bisa nonton sih tanpa alat ini.

Tapi menurut gua sih, TV yang punya fitur ini kebanyakan baru keluar sejak tahun 2020. Sebelum itu, jarang yang punya. Karena kan waktu itu siaran digital belum diterapin, baru awal 2021 pemerintah ngumuminnya.

Kelebihan siaran digital ini banyak banget, bro. Selain kualitas gambar dan suaranya yang lebih jernih, siaran ini nggak bakal terganggu sama cuaca buruk kayak TV analog.

Tapi kita sebenarnya udah ketinggalan deh dibanding negara lain yang udah duluan pake siaran digital. Ya wajar aja sih, karena buat beralih dari analog ke digital perlu persiapan dan juga biaya yang nggak sedikit.

Jadi sekarang pemerintah ngasih bantuan berupa Set Top Box gratis buat masyarakat kurang mampu, buat bantu-bantu beralih ke siaran digital. Banyak banget tuh, sekitar 6,5 sampai 7 juta kepala keluarga yang bakal dikasih alat ini.

Tapi buat yang mampu, bisa beli sendiri di marketplace atau toko offline dengan spesifikasi yang udah terverifikasi oleh kominfo. Kan banyak banget sih jenis Set Top Box-nya yang udah beredar.

Nah, pemerintah juga ingetin buat pake STB yang udah mereka verifikasi ya. Karena kan chanel digital yang dipake beda-beda jenisnya. Kalo mau yang udah terverifikasi, bisa cek ulasannya di bawah ini.

Berbagai Jenis Set Top Box Siaran TV Digital Yang Terverifikasi Kominfo

Bro, sekarang udah banyak banget Set Top Box Siaran TV Digital yang beredar di pasaran, tapi jangan asal beli ya. Kominfo udah keluarin daftar STB Siaran TV Digital yang mereka verifikasi.

TRENDING 🔥  Street Racing 3D Mod Apk Unlimited Money Unlock All Car

Jadi, kalau kamu mau beli STB, pastikan yang udah terverifikasi biar jelas kualitasnya dan bisa nangkep semua channel TV. Sertifikat dari pemerintah Indonesia yang dikeluarin lewat Kominfo itu jaminan buat kamu.

Kalau udah beli STB yang udah terverifikasi, pasti STB-nya punya ciri-ciri spesifik. Ada stiker DVD-T2 dan logo MODI. Jadi, kalau masih bingung, cek aja merk dan jenis STB yang direkomendasikan sama Kominfo dan Pemerintah.

Di daftar itu udah ada berbagai merk STB yang pastinya siap nangkep sinyal digital dengan optimal, kayak Polytron, Nexmedia, Akari, Ichiko, Tanaka, Venus, Evercross, Matrix, Evinix, dan Nextron. Tapi, nggak menutup kemungkinan merk lain keluarin STB-nya juga.

Jadi, sebelum beli, pastikan ada stiker DVD-T2 sama gambar MODI-nya. Harganya juga bervariasi dari Rp250.000 sampe Rp500.000.

Nah, buat kamu yang penasaran apakah TV kamu udah ada fitur digitalnya, cek aja di situs https://siarandigital.kominfo.go.id/. Kalau TV kamu ada di daftar TV digital, kamu bisa nikmatin siaran tanpa perlu pasang STB.

Link Download dan Cara Pasang Set Top Box Siaran TV Digital Terbaru 2023

Set Top Box Siaran TV Digital Gratis

Nah bagi kamu yang belum tau bagaimana cara pasang Set Top Box Siaran TV Digital. Maka kamu tidak perlu memanggil teknisi untuk memasang nya.

Link download Set Top Box Siaran TV Digital untuk perangkat HP Android dan iOS, klik >>>>”DISINI

Kalau kamu mau menikmati siaran TV Digital, sebenarnya gampang banget loh. Kamu bisa lakukan sendiri dengan cara manual. Simak langkah-langkah berikut ya.

Pertama-tama, siapkan “TV Analog” dan “Set Top Box Digital DVD-T2” yang bisa terkoneksi dengan kabel antena. Pastikan TV kamu dimatikan terlebih dahulu ya.

TRENDING 🔥  Download CarX Street Racing + OBB Mod Apk Terbaru 2023

Selanjutnya, cabut “Kabel Antena” dan hubungkan ke “Port Ant Int” di Set Top Box kamu. Kemudian, sambungkan kabel “HDMI” dari Set Top Box ke TV kamu. Jika TV tidak punya port HDMI, kamu bisa gunakan “Port AV” yang ada tiga kabel berwarna kuning, putih, dan merah.

Terus, sambungkan Set Top Box ke colokan listrik dan hidupkan Set Top Box dan TV Analog kamu. Selanjutnya, masuk ke menu “AV” di TV kamu.

Setelah itu, kamu sudah bisa menikmati siaran TV Digital, namun channel yang tersedia masih sedikit. Kamu bisa pilih opsi “Opsi Pencarian Chanel” dan menyimpan channel yang kamu dapatkan dengan memilih “Save”.

Voila, kamu sudah bisa menikmati siaran TV Digital dengan mudah. Ingat, alat ini wajib digunakan kalau kamu masih punya TV Analog dan ingin menikmati semua siaran yang ada. Pastikan juga cek dulu apakah TV kamu sudah punya fitur Digital atau belum di situs Kominfo Indonesia ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!