Tata Cara Pencoblosan Pemilu 2019

>Hello Sohib EditorOnline,Terima kasih telah membaca artikel kami tentang tata cara pencoblosan pemilu 2019. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara untuk melakukan pencoblosan pada pemilihan umum 2019 dengan lengkap dan rinci. Semoga artikel kami ini dapat membantu anda memahami tata cara pencoblosan pada pemilihan umum 2019.

Apa itu Pemilihan Umum 2019?

Pemilihan Umum 2019 merupakan sebuah event pemilihan yang akan diadakan pada bulan April tahun 2019. Pemilihan ini akan menentukan siapa yang akan menjadi penguasa negara selama 5 tahun ke depan. Dalam pemilihan ini, setiap warga negara Indonesia berhak memberikan suara atau memilih calon yang akan mereka pilih sebagai pemimpin negara.

Setiap warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Indonesia (KPU) berhak memberikan suara dalam pemilihan ini. Syarat dan ketentuan ini antara lain adalah sudah memiliki KTP atau paspor, telah terdaftar sebagai pemilih, dan memiliki hak suara.

Pemilihan Umum 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 dan akan diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap warga negara Indonesia untuk memahami tata cara pencoblosan pada pemilihan ini.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Mencoblos?

Sebelum melakukan pencoblosan pada Pemilihan Umum 2019, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pertama, pastikan bahwa anda telah terdaftar sebagai pemilih di tempat anda saat ini berdomisili. Jika belum terdaftar, segera daftarkan diri anda ke Disdukcapil setempat.

Kedua, pastikan bahwa anda sudah memiliki KTP atau paspor yang masih berlaku. KTP atau paspor ini akan digunakan sebagai identitas diri anda saat melakukan pencoblosan. Jika anda menggunakan paspor, pastikan bahwa paspor anda telah terdaftar pada KPU.

Ketiga, pastikan bahwa anda telah mengetahui nomor urut calon yang akan anda pilih pada saat pencoblosan. Nomor urut calon ini akan tertera pada surat suara yang akan anda terima saat menjelang hari pencoblosan.

Keempat, pastikan bahwa anda mengetahui tempat dan waktu pencoblosan yang telah ditetapkan oleh KPU. Informasi ini dapat dilihat melalui situs resmi KPU atau melalui pengumuman yang telah disebarkan oleh petugas keamanan setempat.

Setelah anda melakukan persiapan tersebut, selanjutnya anda siap untuk melakukan tata cara pencoblosan pada Pemilihan Umum 2019.

Tata Cara Pencoblosan

Ada beberapa tata cara pencoblosan yang harus anda ikuti saat melakukan pemilihan umum. Berikut adalah beberapa tata cara pencoblosan yang harus anda ikuti:

1. Penerimaan Surat Suara

Saat anda tiba di tempat pencoblosan, anda akan diberikan surat suara oleh petugas yang bertugas. Pastikan bahwa surat suara yang telah anda terima adalah surat suara yang benar dan sesuai dengan calon pilihan anda.

2. Penandaan Surat Suara

Setelah anda menerima surat suara, selanjutnya anda harus menandai surat suara tersebut sesuai dengan calon pilihan anda. Penandaan surat suara dilakukan dengan cara memberikan tanda atau centang pada kotak yang tersedia pada surat suara.

TRENDING 🔥  Cara Memulihkan Akun Google

3. Pengisian Lembar Pengawas Pemilihan

Setelah menandai surat suara, anda harus mengisi lembar pengawas pemilihan. Lembar pengawas pemilihan ini berfungsi sebagai bukti bahwa anda telah memberikan suara pada pemilihan umum.

Pada lembar pengawas pemilihan, anda akan diminta untuk menandatangani dan mencantumkan identitas diri anda, seperti nama lengkap, alamat, nomor KTP atau paspor. Pastikan anda mengisi lembar pengawas pemilihan dengan benar dan sesuai dengan identitas diri anda.

4. Penyerahan Surat Suara

Setelah melakukan penandaan dan pengisian lembar pengawas pemilihan, selanjutnya anda harus menyerahkan surat suara dan lembar pengawas pemilihan tersebut kepada petugas yang bertugas. Pastikan bahwa surat suara dan lembar pengawas pemilihan telah diserahkan pada petugas yang bertugas.

5. Pengambilan Stiker Pemilih

Setelah menyerahkan surat suara dan lembar pengawas pemilihan, anda harus mengambil stiker pemilih yang telah disediakan oleh petugas yang bertugas. Stiker pemilih ini berfungsi sebagai tanda bahwa anda telah memberikan suara pada pemilihan umum.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah setiap warga negara Indonesia berhak memberikan suara pada Pemilihan Umum 2019? Ya, setiap warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU berhak memberikan suara pada Pemilihan Umum 2019.
Apakah saya harus memiliki KTP atau paspor untuk memberikan suara pada Pemilihan Umum 2019? Ya, anda harus memiliki KTP atau paspor yang masih berlaku untuk memberikan suara pada Pemilihan Umum 2019.
Bagaimana cara untuk mengetahui nomor urut calon pada Pemilihan Umum 2019? Nomor urut calon akan tertera pada surat suara yang akan anda terima saat menjelang hari pemilihan.
Bagaimana cara untuk mengetahui tempat dan waktu pencoblosan pada Pemilihan Umum 2019? Informasi mengenai tempat dan waktu pencoblosan dapat dilihat melalui situs resmi KPU atau melalui pengumuman yang telah disebarkan oleh petugas keamanan setempat.

Demikianlah tata cara pencoblosan pada Pemilihan Umum 2019. Pastikan bahwa anda telah memahami dan mengikuti tata cara pencoblosan dengan benar agar suara anda dapat terhitung dan memilih calon yang tepat.

Tata Cara Pencoblosan Pemilu 2019