Tata Cara Sholat Jenazah Laki-Laki dan Bacaannya

>Hello Sohib EditorOnline, welcome to our article about the tata cara sholat jenazah laki-laki dan bacaannya. Losing loved ones is a natural and sad part of life. When someone passes away, it is important to bury or cremate them as soon as possible. In Islam, there is a specific way to perform the funeral prayer or sholat jenazah. In this article, we will guide you through the tata cara sholat jenazah laki-laki dan bacaannya in a relaxed Indonesian language.

Apa itu Sholat Jenazah?

Sholat jenazah adalah salah satu jenis sholat yang dilakukan ketika seseorang meninggal dunia. Sholat jenazah merupakan sebuah ibadah yang wajib dilakukan sesama umat Muslim. Hal ini dilakukan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada orang yang telah meninggal dunia. Sholat jenazah dilakukan sebelum jenazah dikebumikan atau dikremasi.

Sholat jenazah memiliki niat dan tata cara yang berbeda dengan sholat lainnya. Karena itu, perlu diketahui cara melakukan sholat jenazah dengan benar. Pada artikel ini, kita akan membahas tata cara sholat jenazah bagi laki-laki beserta bacaannya.

1. Niat Sholat Jenazah

Sebelum memulai sholat jenazah, kita harus berniat dengan tulus dalam hati untuk melakukan sholat ini. Berikut adalah niat sholat jenazah:

“Aku berniat sholat jenazah untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menghormati jenazah yang dihadapkan, semoga Allah menerima sholatku.”

Niat tersebut diucapkan saat berdiri tegak sebelum takbiratul ihram.

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram adalah tanda dimulainya sholat jenazah. Untuk melakukan takbiratul ihram, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Berdirilah tegak menghadap kiblat dengan tangan kanan menutup tangan kiri di atas dada.
  2. Ucapkanlah takbiratul ihram, “Allahu akbar”.

3. Membaca Doa Thana’

Doa thana’ adalah doa pembukaan yang melambangkan memuji dan membesar-besarkan Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa thana’ dalam sholat jenazah:

“Subhanaka Allahumma wabihamdika, watabarakasmuka, wata’ala jadduka, wala ilaha ghairuka.”

Artinya: “Mahasuci Engkau Allah, aku memuji-Mu, Maha suci nama-Mu, Maha tinggi derajat-Mu dan tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Engkau.”

4. Membaca Doa Iftitah

Doa iftitah adalah doa pembuka yang melambangkan permohonan ampun dan restu dari Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa iftitah dalam sholat jenazah:

“Allahumma ba’id baini wa baina khatayaya, kama ba’adta baina al-masyriqi wa al-maghribi, Allahumma naqqini min khatayaya kama yunaqqa al-thawbu al-abyadu min al-danas, Allahumma ighfir li hayyina wa mayyitina, wa shahidina wa gha’ibina, wa saghirina wa kabirina, wa dhakarina wa untsana. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘ala al-Islam, wa man tawaffaitahu minna fatawaffahu ‘ala al-Iman.”

Artinya: “Ya Allah, jauhkanlah antara dosa-dosa kami seperti Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kami dari dosa-dosa kami sebagaimana kain putih dicuci dari kotoran. Ya Allah, ampunilah kami yang masih hidup dan yang telah meninggal, yang hadir dan yang tidak hadir, yang kecil dan yang besar, yang laki-laki dan yang perempuan. Ya Allah, hidupkanlah orang yang Engkau hidupkan di antara kami dengan hidayah Islam, dan matikanlah orang yang Engkau wafatkan di antara kami dengan iman.”

5. Membaca Doa Tawassul

Doa tawassul adalah doa permohonan dengan perantara Nabi Muhammad SAW. Doa ini dilakukan dengan maksud agar permohonan diijabah oleh Allah SWT sebagaimana dijanjikan dalam hadis. Berikut adalah bacaan doa tawassul dalam sholat jenazah:

“Allahumma inna nas’aluka wa nad’uka bihaqqi nabiyyika Muhammadin sallallahu ‘alaihi wa sallama, ya Muhammadu inna nad’u Allaha bihaqika ‘alaina, wa bihaqi man bai’ataka ma’ana, wa bihaqi al-mu’minina wa al-mu’minat, wa bihaqi al-muslimina wa al-muslimat, wa bihaqi al-musta’shfinina bi-ka, wa bihaqi ajma’in.

TRENDING 🔥  Cara Melihat Nomor Pendaftaran SNMPTN yang Lupa

Artinya: “Ya Allah, kami memohon dan memohon dengan hak Nabi Muhammad SAW, wahai Muhammad kami memohon kepada Allah dengan hakmu atas kami, dan dengan hak orang-orang yang membelimu bersama kami, dan dengan hak kaum mukminin perempuan dan laki-laki, dan dengan hak kaum muslimin perempuan dan laki-laki, dan dengan hak orang-orang yang meminta bantuan-Mu dengan perantara-Mu, dan dengan hak seluruh makhluk.”

Tata Cara Sholat Jenazah Laki-Laki

Selanjutnya, berikut adalah tata cara sholat jenazah laki-laki:

1. Shaf-shaf

Shaf-shaf adalah barisan dalam sholat jenazah. Barisan ini harus disusun dengan rapi dan terdiri dari minimal 3 orang. Saat memasuki barisan shaf-shaf, kita harus berdiri di samping kanan jenazah.

2. Takbiratul Ihram

Setelah membentuk shaf-shaf, kita melakukan takbiratul ihram seperti halnya pada sholat biasa. Namun, dalam sholat jenazah, takbiratul ihram hanya dilakukan sekali di awal sholat.

3. Membaca Surah Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, kita membaca Surah Al-Fatihah sebanyak satu kali. Surah Al-Fatihah diucapkan dengan lirih dan tegas.

4. Membaca Doa Ibadah

Setelah membaca Surah Al-Fatihah, kita membaca doa ibadah sebanyak satu kali. Doa ini berisi permohonan ampun, rahmat dan perlindungan dari Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa ibadah dalam sholat jenazah:

“Allahumma salli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama sallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka Hamidum Majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka Hamidum Majid.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau limpahkan rahmat dan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Ya Allah, berikanlah rahmat dan keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau berikan rahmat dan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya.”

5. Membaca Doa Selamat

Setelah membaca doa ibadah, kita membaca doa selamat sebanyak dua kali. Doa selamat adalah doa yang berisi permohonan agar jenazah mendapatkan tempat yang baik di sisi Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa selamat dalam sholat jenazah:

“Allahumma lakal hamdu kama yam baghi li wajhika wa adzimi sultanik. Allahumma ighfir li hayyina wa mayyitina, wa syahidina wa gha’ibina, wa saghirina wa kabirina, wa dhakarina wa untsana. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘ala al-Islam, wa man tawaffaitahu minna fatawaffahu ‘ala al-Iman.”

Artinya: “Ya Allah, segala puji hanya untuk-Mu karena pantas bagi wajah-Mu dan besar kekuasaan-Mu. Ya Allah, ampunilah kami yang masih hidup dan yang telah meninggal, yang hadir dan yang tidak hadir, yang kecil dan yang besar, yang laki-laki dan yang perempuan. Ya Allah, hidupkanlah orang yang Engkau hidupkan di antara kami dengan hidayah Islam, dan matikanlah orang yang Engkau wafatkan di antara kami dengan iman.”

6. Salam

Setelah membaca doa selamat, kita melakukan salam sebanyak dua kali seperti halnya pada sholat biasa. Setelah itu, sholat jenazah selesai.

Bacaan Sholat Jenazah Laki-Laki

Berikut adalah bacaan sholat jenazah laki-laki:

No Tata Cara Bacaan Bacaan
1 Bacaan Takbir Pertama “Allahu akbar”
2 Bacaan Doa Diharapkan Masuk Surga “Allahumma inna fulan bin fulan minal mu’minina, wa ahlal-quburilmuslimina, nas-aluka bihaqqi kalimatillah, wat-tammatil athqiya, waz-zurriyati ash-shalihati an-tus-alah ‘alaihim walaa taj’al mihqabi fi hadzal-yawmil-ladzi la rayba fihi, Allahumma inna nas’aluka min khairi ma sa’ala minhu nabiyyuka wa ‘abduka wa habibuka, wa najjina min sharri ma najjaka minhu nabiyyuka wa ‘abdika wa habibuka, wa inna na’tharu ilaika fi dawlatin kariimah, tu’izzu bihaal-islama wa ahlahu, wa tudhillu bihannifaaq wa ahlahu, wa taj’aluna fiha minad-du’ati ila ta’atik, wa sirajil-muniri ila sabilih, wa tashhaduuna bihaa fii hadzihil-hayatil baraarah wa zilal al-mawti, Allahumma abdi’lahu bi-rizqika wa azwajika wa waladika wa jannatika min ‘adhabil-qabr wa ‘adhabi-nnar.”
3 Bacaan Takbir Kedua “Allahu akbar”
4 Bacaan Doa Permohonan Amal Baik “Allahumma ba’id baina huwa baina khatayaya kama ba’adta bainal-masyriqi wal-maghrib, Allahumma naqqihu min khatayaya kama yunaqqa ath-thaubul-abyadhu minad-danas, Allahumma ahsin farjahu, Allahumma abdi’lahu bi-lbai’til-ahsan, wa rzuqhu min zuhuril-mahasin, wa ma thahiramin al-izhdi wa al-raddi, wa ma batan, Rabbana ighfirli wa li-walidayya wa li-as-habihi wa li-ijma’i.”
5 Bacaan Takbir Ketiga “Allahu akbar”
6 Bacaan Doa Pemimpin Sholat “Allahumma inna khalq tahu wa anta rabbuh, wa anta ‘ala qadrihi muqtadir, inna hu astaqdama ilaika bi-imaanihi wa qad qamat ba’ina yadaihi amaluhu, Allahumma la tahrimna ajrahu wa la tudillana ba’dah, Allahumma aghfir lahu wa rhamhu, wa ‘afihi wa’fu ‘anhu, wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bil-ma’i wath-thalji wal-barad, wa naqqihi minal-khatayaa kama yunaqqa ath-thawbul-abyadhu minad-danas, Allahumma abdi’lahu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zawjan khairan min zawjihi, wa qih fitnataqabaral-mauti, wa ‘adhabal-jahim.”
7 Bacaan Takbir Keempat “Allahu akbar”
TRENDING 🔥  Tata Cara Sholat Hajat Sesuai Sunnah

FAQ

Apa Keutamaan Sholat Jenazah?

Sholat jenazah memiliki keutamaan yang besar karena dalam sholat ini kita memberikan penghormatan terakhir kepada orang yang telah meninggal dunia. Selain itu, sholat jenazah juga dapat mempercepat proses pengampunan dosa-dosa jenazah dan memudahkan jalan menuju surga.

Bagaimana Jika Tidak Bisa Membaca Bacaan Sholat Jenazah?

Jika tidak bisa membaca bacaan sholat jenazah, dapat dilakukan dengan mengikuti gerakan sholat jenazah yang dilakukan oleh pengurus sholat jenazah. Namun, sebaiknya mempelajari bacaan sholat jenazah agar bisa melakukannya sendiri.

Apakah Sholat Jenazah Berlaku Bagi Semua Jenis Kelamin?

Ya, sholat jenazah berlaku bagi semua jenis kelamin. Tata cara sholat jenazah laki-laki dan perempuan h

Tata Cara Sholat Jenazah Laki-Laki dan Bacaannya