Tata Cara Thaharah: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

>Halo Sohib EditorOnline! Apa kabar? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tata cara thaharah. Bagi umat Muslim, thaharah adalah salah satu ibadah yang penting dan harus dilakukan sebelum melakukan ibadah lainnya seperti sholat, puasa, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami tata cara thaharah dengan benar. Berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Pengertian Thaharah

Thaharah adalah membersihkan diri dari hadats kecil dan besar dengan tujuan memurnikan diri untuk beribadah. Hadats kecil antara lain kencing, buang air kecil, dan keluarnya madzi. Sedangkan hadats besar adalah keluarnya air mani, haid, dan nifas. Thaharah juga dapat dilakukan untuk membersihkan diri dari kotoran atau najis yang menempel pada tubuh kita.

1.1. Thaharah dalam Al-Quran

Thaharah tidak hanya diwajibkan dalam Islam namun juga terdapat dalam ayat-ayat Al-Quran seperti dalam surat Al-Maidah ayat 6:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kalian hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah muka dan tanganmu sampai siku dan gosoklah kepalamu dan (basuh) kaki mu sampai mata kaki. Jika kalian junub (karena bersetubuh), maka mandilah (bersuci)…”

1.2. Thaharah dalam Hadits

Thaharah juga dijelaskan dalam hadits-hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tata cara thaharah yang benar. Salah satu hadits terkait thaharah adalah hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi:

“Sesungguhnya agama itu bersih, maka bersihkanlah dirimu karena tidak ada seorangpun yang masuk surga kecuali orang yang bersih.”

2. Syarat Thaharah

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan thaharah, antara lain:

2.1. Islam

Merupakan syarat pertama thaharah adalah seorang Muslim, karena ibadah thaharah adalah ibadah khusus umat Muslim. Seorang non-Muslim tidak wajib melakukan thaharah.

2.2. Akal Sehat

Merupakan syarat kedua thaharah adalah memiliki akal sehat. Seorang dengan gangguan jiwa atau orang yang tidak mampu untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan thaharah tidak diwajibkan untuk melakukannya.

2.3. Baligh

Syarat ketiga adalah baligh atau telah dewasa, karena thaharah diwajibkan pada diri yang telah baligh. Untuk perempuan, syarat baligh adalah ketika mengalami haid atau nifas. Sedangkan untuk laki-laki, syarat baligh adalah ketika mengalami mimpi basah atau telah mencapai usia 15 tahun.

2.4. Bebas dari Hadats

Pada saat melakukan thaharah, kita harus bebas dari hadats besar atau hadats kecil. Hal ini berarti kita harus membersihkan diri dari kencing, buang air kecil, keluarnya madzi, keluarnya air mani, haid atau nifas terlebih dahulu sebelum melakukan thaharah.

3. Tata Cara Thaharah

Tata cara thaharah terdiri dari 2 macam yaitu tata cara thaharah kecil (wudhu) dan tata cara thaharah besar (mandi wajib). Berikut adalah tata cara thaharah kecil:

3.1. Wudhu

Wudhu adalah tata cara thaharah kecil yang dilakukan untuk membersihkan diri dari hadats kecil. Berikut adalah tata cara wudhu:

TRENDING 🔥  Cara Melihat Akun: Panduan Komprehensif
No Tata Cara Keterangan
1 Membasuh kedua telapak tangan Basuh kedua telapak tangan sampai pergelangan tangan
2 Berkumur-kumur Berkumur-kumur dengan air yang diambil ke dalam mulut, kemudian meludahkannya kembali
3 Membasuh hidung Masukkan air ke dalam hidung kemudian keluarkan kembali
4 Membasuh wajah Basuh wajah mulai dari dahi sampai dagu dan dari telinga kanan ke telinga kiri
5 Membasuh kedua lengan Basuh kedua lengan sampai siku, dimulai dari lengan kanan
6 Mengusap kepala Mengusap seluruh kepala dengan air yang telah dibasahkan pada tangan kanan
7 Mengusap telinga Mengusap kedua telinga, dimulai dari telinga kanan
8 Membasuh kedua kaki Basuh kedua kaki sampai mata kaki, dimulai dari kaki kanan

Setelah melakukan tata cara wudhu tersebut, maka kita sudah bersuci dari hadats kecil dan dapat melakukan ibadah sholat.

3.2. Mandi Wajib

Mandi wajib dilakukan untuk membersihkan diri dari hadats besar seperti keluarnya air mani, haid atau nifas. Berikut adalah tata cara mandi wajib:

No Tata Cara Keterangan
1 Membaca niat Membaca niat mandi wajib
2 Membasuh seluruh tubuh Basuh seluruh tubuh dengan air yang mengalir, dimulai dari kepala
3 Membasuh rambut Membasuh rambut dengan cara meratakan air ke seluruh rambut
4 Membasuh dalam lubang hidung, telinga, dan pusar Membasuh dalam lubang hidung dengan cara mengambil air dan menghirupnya, membilas telinga dengan cara memasukkan jari ke dalam telinga dan mencucinya, serta membilas pusar dengan cara membilasnya dengan air

Setelah melakukan tata cara mandi wajib tersebut, kita sudah bersuci dari hadats besar dan dapat melakukan ibadah lainnya seperti sholat, puasa, dan lain sebagainya.

4. FAQ

4.1. Apa itu thaharah?

Thaharah adalah membersihkan diri dari hadats kecil dan besar dengan tujuan memurnikan diri untuk beribadah.

4.2. Bagaimana tata cara thaharah kecil (wudhu)?

Wudhu adalah tata cara thaharah kecil yang dilakukan untuk membersihkan diri dari hadats kecil. Tata cara wudhu meliputi membaca niat, membasuh kedua telapak tangan, berkumur-kumur, membilas hidung, membilas wajah, membilas kedua lengan, mengusap kepala, mengusap telinga, dan membilas kedua kaki.

4.3. Bagaimana tata cara thaharah besar (mandi wajib)?

Mandi wajib dilakukan untuk membersihkan diri dari hadats besar seperti keluarnya air mani, haid atau nifas. Tata cara mandi wajib meliputi membaca niat, membasuh seluruh tubuh, membilas rambut, membilas dalam lubang hidung, telinga, dan pusar.

4.4. Apa saja syarat thaharah?

Syarat thaharah antara lain Islam, memiliki akal sehat, baligh, dan bebas dari hadats besar atau kecil.

4.5. Apa saja hadats kecil?

Hadats kecil antara lain kencing, buang air kecil, dan keluarnya madzi.

4.6. Apa saja hadats besar?

Hadats besar antara lain keluarnya air mani, haid, dan nifas.

4.7. Apa yang harus dilakukan jika tidak bisa mandi wajib?

Jika tidak bisa mandi wajib, maka bisa mengganti dengan tayamum.

Demikianlah panduan tata cara thaharah yang dilakukan dalam Islam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sohib EditorOnline dan semua pembaca yang sedang mencari informasi seputar thaharah.

Tata Cara Thaharah: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline