Tata Cara Wudhu yang Benar sesuai Sunnah

>

Tata Cara Wudhu yang Benar sesuai Sunnah – Jurnal Artikel

Halo Sohib EditorOnline! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai tata cara wudhu yang benar sesuai dengan sunnah. Sebagai seorang muslim, wudhu merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menjalankan ibadah sholat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui tata cara wudhu yang benar agar bisa menjalankan ibadah sholat dengan maksimal. Berikut ini adalah penjelasan mengenai tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah.

Pengertian Wudhu

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai tata cara wudhu yang benar, marilah kita pahami terlebih dahulu pengertian dari wudhu sendiri. Wudhu adalah suatu ibadah yang dilakukan dengan cara membersihkan seluruh anggota badan yang biasa digunakan dalam ibadah, seperti tangan, kaki, wajah, dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk menyucikan diri sebelum melakukan ibadah sholat.

Wudhu ini memiliki dasar hukum yang sangat kuat, yaitu berdasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW. Nabi bersabda bahwa “Tidak ada sholat yang diterima tanpa wudhu, tidak juga ada wudhu yang diterima tanpa mengucapkan basmallah”.

Tata Cara Wudhu yang Benar sesuai Sunnah

Mengenai tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan oleh seorang muslim. Berikut ini adalah tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah :

1. Niat

Sebelum memulai wudhu, seorang muslim harus memiliki niat yang tulus. Niat tersebut haruslah berdasarkan pada hadis shahih yang menyatakan bahwa niat adalah bagian dari ibadah.

Contoh niat wudhu yang benar adalah “Aku niat wudhu untuk menghilangkan hadas kecil, membersihkan diri, dan siap untuk melaksanakan ibadah sholat”.

2. Berkumur-kumur

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam tata cara wudhu yang benar adalah berkumur-kumur dengan menggunakan air. Hal ini dilakukan untuk membersihkan mulut dan menghilangkan bau tidak sedap akibat sisa makanan.

Untuk melakukan langkah ini, seorang muslim cukup mengambil sedikit air dalam mulut, kemudian berkumur-kumur selama beberapa detik. Setelah itu, air yang mengandung kotoran dibuang.

3. Mencuci Hidung

Setelah selesai berkumur-kumur, langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam tata cara wudhu yang benar adalah mencuci hidung. Hal ini dilakukan untuk membersihkan hidung dari debu dan kotoran yang menempel.

Cara mencuci hidung adalah dengan mengambil air ke dalam telapak tangan, lalu menghirup air tersebut sedikit demi sedikit. Kemudian, keluarkan air tersebut dengan posisi kepala sedikit condong ke depan.

4. Mencuci Wajah

Setelah selesai mencuci hidung, langkah selanjutnya adalah mencuci wajah. Mencuci wajah ini dilakukan untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada wajah, serta untuk menyegarkan kulit wajah.

TRENDING 🔥  Cara Penggunaan Test Pack: Panduan Lengkap

Cara mencuci wajah adalah dengan mengambil air ke dalam telapak tangan, kemudian diusapkan pada seluruh bagian wajah. Pastikan seluruh bagian wajah terkena air, termasuk daerah sekitar jenggot dan rambut.

5. Mencuci Lengan

Setelah mencuci wajah, selanjutnya adalah mencuci lengan. Langkah ini dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada lengan.

Cara mencuci lengan adalah dengan mengambil air ke dalam telapak tangan, kemudian mengusapkan air tersebut pada lengan kanan hingga ke siku. Setelah itu, lakukan hal yang sama pada lengan kiri.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apakah niat wudhu harus diucapkan dengan suara? Tidak perlu diucapkan dengan suara, cukup dalam hati saja.
2 Bagaimana cara mencuci telinga saat wudhu? Untuk mencuci telinga, cukup menggunakan jari telunjuk dan jari tengah yang dibasahi dengan air kemudian mengusapkan pada bagian luar daun telinga. Tidak perlu memasukkan air ke dalam telinga.
3 Apakah wudhu dapat menghilangkan hadas besar? Tidak, wudhu hanya dapat menghilangkan hadas kecil saja. Untuk menghilangkan hadas besar, perlu dilakukan mandi wajib atau ghusl.

Itulah tadi penjelasan mengenai tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dalam menjalankan ibadah sholat dengan maksimal.

Tata Cara Wudhu yang Benar sesuai Sunnah