5 Fitur Menarik di WhatsApp GB yang Wajib Kamu Coba

Hai, guys! Udah tahu nggak sih apa itu WhatsApp GB?

WhatsApp GB adalah salah satu aplikasi chatting yang lagi nge-hits banget di kalangan pengguna smartphone. Aplikasi ini merupakan versi modifikasi dari WhatsApp resmi yang dikembangkan oleh tim pengembang independen.

Baca Cepat show

Sejarah WhatsApp GB

Editor Online|5 Fitur Menarik di WhatsApp GB yang Wajib Kamu Coba

WhatsApp GB pertama kali muncul di tahun 2017 lalu, dan sejak saat itu terus mengalami pembaruan dan penambahan fitur-fitur baru yang keren-keren. Kamu pasti udah sering lihat orang-orang di sekitar kamu yang pake WhatsApp GB, kan?

Nah, meskipun sama-sama aplikasi chatting, tapi ternyata ada beberapa perbedaan antara WhatsApp GB dengan WhatsApp resmi. WhatsApp GB memiliki fitur-fitur tambahan yang nggak ada di WhatsApp resmi, seperti pilihan tema custom, sticker unik, dan mode gelap.

Tapi, ada juga kekurangan dari WhatsApp GB yang nggak dimiliki oleh WhatsApp resmi. Salah satunya adalah WhatsApp GB nggak selalu mendapat pembaruan secara otomatis seperti WhatsApp resmi. Jadi, fitur-fiturnya mungkin kadang agak ketinggalan zaman.

Fitur-fitur Menarik di WhatsApp GB

Editor Online|5 Fitur Menarik di WhatsApp GB yang Wajib Kamu Coba

Nah, kalau sudah tahu apa itu WhatsApp GB dan perbedaannya dengan WhatsApp resmi, sekarang kita bahas fitur-fitur keren yang ada di WhatsApp GB. Fitur-fitur ini yang membuat WhatsApp GB jadi pilihan banyak orang.

  • Pertama adalah tema custom.
    Di WhatsApp GB, kamu bisa ganti tema chat sesuai dengan selera kamu. Kamu bisa pilih tema yang sudah disediakan atau bahkan membuat tema sendiri dengan menggunakan gambar yang kamu sukai. Ini bisa jadi solusi buat kamu yang merasa tema bawaan WhatsApp itu terlalu biasa-biasa aja.
  • Kedua, ada sticker unik.
    Di WhatsApp GB, kamu bisa tambahin sticker-sticker keren ke dalam percakapanmu. Sticker-sticker ini bisa membuat percakapanmu jadi lebih menyenangkan dan menarik. Kamu bisa pilih sticker yang sudah disediakan atau bahkan membuat sticker sendiri dengan menggunakan gambar yang kamu sukai.
  • Ketiga, ada pengiriman file tanpa batas.
    Di WhatsApp GB, kamu bisa kirim file apapun tanpa dibatasi ukurannya. Kamu bisa kirim foto, video, atau dokumen dengan ukuran sebesar apapun. Ini bisa jadi solusi buat kamu yang sering kesulitan kirim file yang terlalu besar lewat email atau aplikasi sharing file lainnya.
  • Keempat, ada pembaruan otomatis.
    Di WhatsApp GB, kamu bisa dapat pembaruan yang membuat aplikasi ini selalu up-to-date dengan fitur-fitur terbaru. Pembaruan ini dilakukan secara berkala dan bisa memberikan fitur-fitur baru yang tidak terdapat pada versi sebelumnya. Ini bisa jadi solusi buat kamu yang suka banget sama fitur-fitur terbaru tapi males nge-install aplikasi secara manual.
  • Kelima, ada mode gelap.
    Di WhatsApp GB, kamu bisa pilih mode gelap yang bisa menghemat baterai ponselmu dan membuat tampilan aplikasi lebih nyaman dilihat pada saat malam hari. Ini bisa jadi solusi buat kamu yang suka ngobrol sampai larut tapi takut kehabisan baterai.
Fitur WhatsApp GB WhatsApp Orisinal
Panjang karakter untuk status WhatsApp Sampai 255 karakter Maksimal hanya 139 karakter
Dokumen yang bisa dibagikan sekali jalan 100 30
Ukuran media yang bisa dikirimkan 50MB 15MB
Download status Iya Tidak
Sembunyikan status online Iya Tidak
Sembunyikan status typing dan recording Iya Tidak
Kirim foto tanpa mengurangi ukuran dan kualitas Iya Tidak
Opsi font Banyak Terbatas
Tema WhatsApp Banyak Hanya tersedia 2 tema WhatsApp
Anti hapus pesan Iya Tidak

Cara Menggunakan WhatsApp GB

Nah, kalau udah tahu fitur-fitur keren yang ada di WhatsApp GB, sekarang kita bahas cara pakenya. Cara pakai WhatsApp GB nggak jauh beda sih sama WhatsApp resmi, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Pertama, persyaratan sistem.
    Kamu harus punya smartphone dengan sistem operasi Android 4.0.3 atau yang lebih baru, ruang penyimpanan minimal 90 MB, dan koneksi internet yang stabil. Ini supaya aplikasi bisa jalan dengan lancar.
  • Kedua, cara install.
    Buka / klik link “Download” di bawah ini. Setelah proses download selesai, buka file APK yang udah didownload tadi, dan ikuti instruksi yang diberikan untuk menginstall aplikasi. Setelah proses install selesai, buka aplikasi WhatsApp GB, masukkan nomor teleponmu, dan ikuti instruksi selanjutnya untuk verifikasi nomor telepon.
  • Ketiga, cara mengubah tema dan menambah sticker.
    Buka WhatsApp GB, pilih menu “Setting” yang ada di pojok kanan atas, pilih “Chat Wallpaper” untuk mengubah tema chat, dan pilih “Stickers” untuk menambah sticker ke dalam aplikasi. Kamu bisa pilih tema atau sticker yang sudah disediakan atau membuat sendiri dengan menggunakan gambar yang kamu sukai.
  • Keempat, cara mengirim file tanpa batas.
    Buka chat yang ingin kamu kirim file-nya, pilih tombol “Attachment” yang ada di pojok kanan bawah, pilih file yang ingin dikirim dari ponselmu atau ambil foto atau video baru dengan menggunakan kamera ponselmu.
  • Kelima, cara mengaktifkan mode gelap.
    Buka WhatsApp GB, pilih menu “Setting” yang ada di pojok kanan atas, pilih “Theme” untuk mengubah tema WhatsApp GB, dan pilih “Dark” untuk mengaktifkan mode gelap.
Nama Aplikasi GBWhatsApp APK
OS Android yang Dibutuhkan 4.3 +
Versi Aplikasi Terbaru
Ukuran Aplikasi 44.3 MB
Root Not Root
Last Updated 1 Januari 2023
Harga Gratis
Link Download DISINI

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp GB

Setiap aplikasi pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk WhatsApp GB. Jadi, sebelum kamu memutuskan pakai atau nggak pakai WhatsApp GB, sebaiknya kamu pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini.

Kelebihan WhatsApp GB:

  • Fitur-fitur menarik yang nggak ada di WhatsApp resmi, seperti tema custom, sticker unik, dan mode gelap.
  • Bisa kirim file tanpa batas, jadi kamu nggak perlu repot-repot pindahin file ke layanan sharing file lain.

Kekurangan WhatsApp GB:

  • Nggak selalu mendapat pembaruan secara otomatis seperti WhatsApp resmi.
  • Nggak selalu bisa diinstall di semua smartphone.
  • Nggak selalu aman untuk digunakan, karena nggak terdaftar sebagai aplikasi resmi di Google Play Store.

Apakah WhatsApp GB Aman untuk Digunakan?

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan WhatsApp GB, sekarang pertanyaannya adalah: apakah aplikasi ini aman untuk digunakan?

Sebenarnya, nggak ada jawaban pasti mengenai keamanan WhatsApp GB. Karena aplikasi ini bukan merupakan aplikasi resmi yang terdaftar di Google Play Store, jadi tidak ada jaminan keamanan yang diberikan oleh Google.

Tapi, bukan berarti WhatsApp GB nggak aman sama sekali. Kamu cuma perlu lebih berhati-hati aja saat menggunakannya. Cara menghindari ancaman keamanan saat menggunakan WhatsApp GB adalah:

  • Jangan download aplikasi dari situs yang tidak dikenal atau tidak terpercaya.
  • Jangan klik link atau download file yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal atau tidak dianggap terpercaya.
  • Pastikan kamu selalu menggunakan versi terbaru dari aplikasi WhatsApp GB yang telah diperbarui dengan keamanan yang lebih baik.

Kesimpulan

WhatsApp GB adalah aplikasi chatting yang menawarkan fitur-fitur menarik yang tidak terdapat di WhatsApp resmi. Fitur-fitur tersebut seperti tema custom, sticker unik, pengiriman file tanpa batas, pembaruan otomatis, dan mode gelap.

Namun, ada juga kekurangan dari WhatsApp GB seperti tidak selalu mendapat pembaruan otomatis, tidak selalu bisa diinstall di semua smartphone, dan tidak selalu aman untuk digunakan. Jadi, sebelum menggunakan WhatsApp GB, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini agar kamu bisa memutuskan apakah aplikasi ini sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak.

Meskipun demikian, tidak ada jawaban pasti mengenai apakah WhatsApp GB aman atau tidak untuk digunakan. Namun, kamu bisa menghindari ancaman keamanan saat menggunakan aplikasi ini dengan cara hanya download dari situs yang terpercaya, tidak klik link atau download file yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal, dan selalu menggunakan versi terbaru dari WhatsApp GB yang telah diperbarui dengan keamanan yang lebih baik.

Jadi, itulah 5 fitur menarik di WhatsApp GB yang wajib kamu coba. Dengan fitur-fitur tersebut, percakapanmu pasti jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan saat menggunakan WhatsApp GB agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba WhatsApp GB.

FAQ tentang Whatsapp GB

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin muncul sebagai FAQ dari artikel di atas, serta hal-hal yang belum dibahas mengenai WhatsApp GB:

Apakah WhatsApp GB gratis?

Ya, WhatsApp GB adalah aplikasi chatting yang gratis untuk diunduh dan digunakan. Kamu hanya perlu membayar biaya data internet saja saat menggunakan aplikasi ini.

Apakah WhatsApp GB bisa diinstall di semua smartphone?

Tidak, WhatsApp GB hanya bisa diinstall di smartphone dengan sistem operasi Android 4.0.3 atau yang lebih baru. Jadi, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah smartphone-mu memenuhi persyaratan sistem yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi ini.

Apakah WhatsApp GB bisa digunakan di komputer?

Tidak, WhatsApp GB hanya bisa digunakan di smartphone saja. Namun, kamu bisa menggunakan WhatsApp Web yang merupakan versi WhatsApp untuk komputer jika ingin menggunakan WhatsApp di komputer. WhatsApp Web bisa digunakan dengan cara membuka situs web.whatsapp.com di browser komputer, dan menghubungkannya dengan ponsel yang telah terinstall WhatsApp.

Apakah WhatsApp GB bisa digunakan bersamaan dengan WhatsApp resmi?

Tidak, WhatsApp GB tidak bisa digunakan bersamaan dengan WhatsApp resmi. Jadi, kamu harus memutuskan untuk menggunakan salah satu aplikasi tersebut.

Apakah WhatsApp GB bisa di-backup chat seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga bisa melakukan backup chat seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa membackup chat dengan cara masuk ke menu “Setting” dan pilih “Chats”. Setelah itu, pilih “Backup Chats” untuk memulai proses backup. Namun, perlu diingat bahwa backup di WhatsApp GB tidak bisa di-restore ke WhatsApp resmi.

Apakah WhatsApp GB memiliki kemampuan end-to-end encryption seperti WhatsApp resmi?

Tidak, WhatsApp GB tidak memiliki kemampuan end-to-end encryption seperti WhatsApp resmi. End-to-end encryption adalah teknologi yang membuat pesan tidak bisa dibaca oleh pihak ketiga selama dikirim dan diterima. Jadi, jika keamanan adalah prioritasmu, mungkin lebih baik untuk menggunakan WhatsApp resmi yang memiliki kemampuan end-to-end encryption ini.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengubah font chat seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengubah font chat seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengubah font chat dengan cara masuk ke menu “Setting” dan pilih “Chats”. Setelah itu, pilih “Font” untuk memilih font yang diinginkan.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengirim pesan ke grup seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengirim pesan ke grup seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengirim pesan ke grup dengan cara membuat grup baru atau bergabung dengan grup yang sudah ada. Setelah itu, tinggal kirim pesan seperti biasa melalui chat grup tersebut.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengirim pesan broadcast seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengirim pesan broadcast seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengirim pesan broadcast dengan cara masuk ke menu “Setting” dan pilih “Broadcast Lists”. Setelah itu, tambahkan kontak yang ingin menerima pesan broadcastmu dan kirim pesan seperti biasa.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengirim pesan secara otomatis seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengirim pesan secara otomatis seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara masuk ke menu “Setting” dan pilih “Auto Reply”. Setelah itu, atur pesan yang ingin dikirim secara otomatis sesuai kebutuhanmu. Fitur ini bisa memudahkanmu mengirim pesan secara otomatis kepada kontak yang tidak bisa dihubungi saat itu.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengirim pesan yang akan terhapus secara otomatis seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengirim pesan yang akan terhapus secara otomatis seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara masuk ke menu “Setting” dan pilih “Disappearing Messages”. Setelah itu, atur waktu kadaluarsa untuk pesan yang ingin dikirim dan kirim pesan seperti biasa. Fitur ini bisa memudahkanmu mengirim pesan rahasia yang tidak ingin dilihat orang lain.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan suara seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan suara seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengirim pesan dengan suara dengan cara tekan dan tahan tombol mikrofon di layar chat, lalu mulai merekam suara yang ingin dikirim. Setelah selesai merekam, tinggal lepaskan tombol mikrofon untuk mengirim pesan suara tersebut. Fitur ini bisa memudahkanmu mengirim pesan dengan cara yang lebih interaktif.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan lokasi seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan lokasi seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengirim pesan dengan lokasi dengan cara tekan tombol “Lokasi” di layar chat, lalu pilih lokasi yang ingin dikirim. Setelah itu, tinggal kirim pesan seperti biasa. Fitur ini bisa memudahkanmu mengirim informasi tentang lokasi kepada kontak yang ingin dituju.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan kontak seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan kontak seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengirim pesan dengan kontak dengan cara tekan tombol “Kontak” di layar chat, lalu pilih kontak yang ingin dikirim. Setelah itu, tinggal kirim pesan seperti biasa. Fitur ini bisa memudahkanmu mengirim informasi tentang kontak kepada orang lain.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan dokumen seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan dokumen seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengirim pesan dengan dokumen dengan cara tekan tombol “Dokumen” di layar chat, lalu pilih dokumen yang ingin dikirim. Setelah itu, tinggal kirim pesan seperti biasa. Fitur ini bisa memudahkanmu mengirim dokumen kepada orang lain.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan foto seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan foto seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengirim pesan dengan foto dengan cara tekan tombol “Foto” di layar chat, lalu pilih foto yang ingin dikirim. Setelah itu, tinggal kirim pesan seperti biasa. Fitur ini bisa memudahkanmu mengirim foto kepada orang lain.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan video seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan video seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengirim pesan dengan video dengan cara tekan tombol “Video” di layar chat, lalu pilih video yang ingin dikirim. Setelah itu, tinggal kirim pesan seperti biasa. Fitur ini bisa memudahkanmu mengirim video kepada orang lain.

Apakah WhatsApp GB memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan audio seperti WhatsApp resmi?

Ya, WhatsApp GB juga memiliki fitur untuk mengirim pesan dengan audio seperti WhatsApp resmi. Kamu bisa mengirim pesan dengan audio dengan cara tekan tombol “Audio” di layar chat, lalu pilih audio yang ingin dikirim. Setelah itu, tinggal kirim pesan seperti biasa. Fitur ini bisa memudahkanmu mengirim audio kepada orang lain.