Alat Musik Tamborin Dimainkan dengan Cara

>Hello Sohib EditorOnline, in this article we will discuss about how to play the musical instrument tambourine in a relaxed Indonesian language. Tambourine is a musical instrument that is often used in various types of music genres such as pop, jazz, and traditional Indonesian music. In addition, tambourine is also often used in religious ceremonies and rituals. Playing tambourine is not difficult, but it requires practice and skill. Let’s explore more about how to play tambourine and the techniques used.

Cara Memegang Tamborin

Meskipun kelihatan mudah, memegang tamborin sebenarnya mempunyai teknik tersendiri. Posisi tangan dan jarum yang tidak sesuai akan mempengaruhi suara yang dihasilkan dan dapat berdampak pada kualitas pengalaman musik. Untuk itu, cara memegang tamborin berikut dapat membantu untuk memainkan alat musik tamborin dengan baik.

1. Pegang tamborin dengan satu tangan pada bagian tepi atas atau bawah. Pastikan tangan mu memegang tamborin dengan kuat.

2. Jangan memegang tamborin terlalu kuat, karena dapat memperkecil suara yang dihasilkan.

3. Gunakan jari telunjuk dan jempol untuk memainkan tamborin. Untuk suara yang lebih keras, tahan dengan jari tengah dan jari manis.

4. Pastikan telapak tangan dalam posisi datar pada tamborin. Hal ini akan membantu agar suara yang dihasilkan lebih stabil dan jelas.

5. Posisikan jari agar tidak terlalu dekat dengan bagian aluminium/silver pada bagian tengah tamborin. Hal ini dapat menjaga agar suara yang dihasilkan tidak terlalu mengganggu.

Teknik dasar memainkan tamborin

Cara memainkan tamborin sangat bervariasi tergantung pada teknik yang digunakan. Namun, ada teknik dasar memainkan tamborin yang perlu diketahui agar dapat memainkan alat musik ini dengan baik. Berikut adalah teknik dasar memainkan tamborin:

1. Teknik Shake

Teknik ini dilakukan dengan menggerakan tamborin ke kiri dan kanan dengan cepat pada setiap akhir suku. Teknik Shake ini sangat baik digunakan pada lagu-lagu yang memiliki tempo cepat seperti lagu-lagu pop dan jazz.

2. Teknik Tap

Teknik Tap dilakukan dengan menepuk bagian atas atau bawah tamborin dengan jari telunjuk dan jempol secara bergantian pada setiap akhir suku lagu. Teknik ini akan menghasilkan suara yang cukup keras dan cocok digunakan pada lagu-lagu yang memiliki tempo sedang.

3. Teknik Flick

Teknik Flick dilakukan dengan memainkan tamborin dengan cara mengangkatnya ke atas dan menepuk bagian dalamnya dengan jari telunjuk. Teknik ini digunakan untuk menghasilkan suara yang tajam dan ringan. Biasa digunakan dalam lagu klasik.

4. Teknik Thumb Roll

Teknik Thumb Roll dilakukan dengan memainkan tamborin dengan menggunakan ibu jari pada setiap akhir suku. Teknik ini cocok digunakan pada lagu-lagu yang memiliki tempo sedang atau lambat.

TRENDING 🔥  Cara Sambung Bluetooth Laptop ke Speaker

5. Teknik Tamborine Crescendo

Teknik Tamborine Crescendo dilakukan dengan memainkan tamborin dengan cara menggoyangkan dan menggesekkan jari pada bagian sisi tamborin secara perlahan-lahan. Teknik ini akan menghasilkan suara yang semakin keras dan cocok digunakan pada lagu-lagu dengan tempo yang lambat atau sedang.

Tabel Jenis-Jenis Tamborin

Nama Tamborin Asal Negara Deskripsi
Tambourine Prancis Memiliki dua bel/ling yang terbuat dari besi atau kayu
Pandeirola Spanyol Memiliki cincin/kerincing pada permukaannya yang terbuat dari logam
Daf Iran Memiliki bulu dari kambing pada sekeliling tepi tamborin
Riq Timur Tengah Memiliki jingle pada kedua sisi sudut kotak
Tammorra Italia Memiliki suara yang lebih besar dari tamborin biasa karena ukurannya yang lebih besar

FAQ: Pertanyaan-Pertanyaan Seputar Tamborin

1. Apa itu tamborin?

Tamborin adalah alat musik yang terdiri dari sebuah cincin bulat yang dikelilingi dengan plat logam atau cymbal kecil yang disebut “jingle” atau “platsa”.

2. Dapatkah tamborin dimainkan dengan teknik lain selain teknik yang ada di artikel ini?

Ya, masih ada teknik lain dalam memainkan tamborin yang dapat ditemukan dalam berbagai budaya, namun teknik-teknik tersebut pada dasarnya sama seperti teknik yang ada di artikel ini.

3. Bagaimana cara merawat tamborin?

Tamborin dapat dirawat dengan membersihkannya secara berkala untuk mencegah timbulnya jamur atau kerusakan pada bahan. Jangan biarkan tamborin terkena air atau cairan kimia yang dapat merusak logam atau bahan dasarnya.

4. Apakah tamborin cocok untuk dimainkan bagi pemula?

Tamborin adalah alat musik yang mudah dipelajari, sehingga sangat cocok bagi pemula yang ingin mencoba belajar tentang alat musik dan musik dalam hal yang lebih luas.

5. Dapatkah tamborin digunakan pada acara-acara religius?

Ya, tamborin sering digunakan pada acara-acara religius karena dapat memberikan nuansa musik yang khusyuk dan menyenangkan.

Alat Musik Tamborin Dimainkan dengan Cara