Bagaimana Cara Mengobati Asma

>

Bagaimana Cara Mengobati Asma – Jurnal Kesehatan

Halo Sohib EditorOnline, selamat datang di artikel jurnal kesehatan tentang bagaimana cara mengobati asma. Asma adalah penyakit yang sering ditemukan di tengah-tengah masyarakat. Asma memengaruhi sistem pernapasan dan membuat orang yang menderitanya kesulitan untuk bernapas secara normal. Pada artikel ini, kita akan membahas cara-cara untuk mengobati asma secara efektif dan alami. Simak terus artikel ini ya!

Apa itu Asma dan Apa Penyebabnya?

Asma adalah penyakit pernapasan kronis yang memengaruhi saluran udara kecil di paru-paru. Gejala utama asma adalah batuk, sesak napas, dan dada terasa berat. Asma disebabkan oleh inflamasi atau peradangan pada saluran udara kecil di paru-paru, yang menyebabkan penyempitan dan kesulitan bernapas. Ada beberapa faktor yang dapat memicu serangan asma, seperti:

  • Alergi (misalnya debu, serbuk sari, atau bulu binatang)
  • Cuaca dingin atau lembap
  • Paparan bahan kimia atau asap
  • Olahraga yang terlalu berat
  • Stress atau emosi yang mengganggu
  • Merokok atau terpapar asap rokok
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Pola makan yang tidak sehat

Obat-Obatan untuk Mengobati Asma

Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati asma. Berikut adalah jenis obat-obatan tersebut:

Inhaler Dosis Rendah

Inhaler dosis rendah mengandung steroid dan dapat membantu mengontrol inflamasi di saluran udara kecil. Inhaler dosis rendah biasanya dikonsumsi secara teratur untuk mencegah serangan asma.

Inhaler Beta-Agonis

Inhaler beta-agonis adalah obat yang dapat membantu melebarkan saluran udara dan membuat pengidap asma dapat bernapas lebih mudah. Inhaler beta-agonis dapat digunakan untuk mengatasi serangan asma atau untuk mencegahnya.

Singulair

Singulair adalah obat yang dapat membantu mengontrol dan mencegah serangan asma. Singulair biasanya dikonsumsi satu kali sehari dan dapat membantu mengurangi gejala asma seperti sesak napas dan batuk.

Kortikosteroid Oral

Kortikosteroid oral adalah jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi inflamasi di paru-paru dan mengontrol serangan asma. Kortikosteroid oral biasanya dikonsumsi dalam waktu yang singkat dan dapat menyebabkan efek samping jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Theophylline

Theophylline adalah obat yang dapat membantu mengendurkan otot di saluran udara kecil dan membantu menghilangkan gejala asma seperti sesak napas dan batuk. Theophylline biasanya dikonsumsi dua kali sehari dan dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala dan gangguan pencernaan.

Mengobati Asma dengan Obat Alami

Selain obat-obatan di atas, terdapat beberapa obat alami yang dapat membantu mengobati asma. Berikut adalah beberapa obat alami tersebut:

Jahe

Jahe adalah obat alami yang dapat membantu mengurangi inflamasi di saluran udara kecil. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk teh atau menambahkan jahe ke makanan dan minuman Anda.

Madu

Madu adalah obat alami yang dapat membantu meredakan batuk dan mengurangi peradangan di saluran udara kecil. Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung atau menambahkan madu ke teh atau jus buah.

TRENDING 🔥  Cara Buat Bakso Tahu

Bawang Putih

Bawang putih adalah obat alami yang dapat membantu mengurangi inflamasi di saluran udara kecil dan memperbaiki fungsi paru-paru. Anda dapat mengonsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen atau menambahkannya ke makanan dan minuman Anda.

Kurkumin

Kurkumin adalah senyawa yang terdapat dalam kunyit dan dapat membantu mengurangi inflamasi di saluran udara kecil. Anda dapat mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen atau menambahkannya ke makanan dan minuman Anda.

Omega-3

Omega-3 adalah lemak sehat yang terdapat dalam ikan dan dapat membantu mengurangi inflamasi di saluran udara kecil. Anda dapat mengonsumsi ikan yang kaya akan omega-3, seperti salmon, sarden, atau ikan tuna.

FAQ tentang Asma

Pertanyaan Jawaban
Apakah asma dapat disembuhkan? Tidak, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan asma sepenuhnya. Namun, serangan asma dapat dikontrol dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup.
Apakah asma dapat menular? Tidak, asma bukan penyakit menular.
Apakah anak-anak dapat menderita asma? Ya, anak-anak dapat menderita asma. Namun, gejalanya biasanya lebih ringan daripada pada orang dewasa.
Apakah merokok dapat memperburuk gejala asma? Ya, merokok dapat memperburuk gejala asma dan meningkatkan risiko terkena serangan asma.
Bagaimana cara mencegah serangan asma? Anda dapat mencegah serangan asma dengan menghindari faktor-faktor pencetus, mengonsumsi obat-obatan secara teratur, dan menjaga pola hidup yang sehat.

Rangkuman

Asma adalah penyakit kronis yang memengaruhi sistem pernapasan dan membuat orang yang menderitanya kesulitan untuk bernapas secara normal. Ada beberapa obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati asma, seperti inhaler dosis rendah, inhaler beta-agonis, Singulair, kortikosteroid oral, dan Theophylline. Selain itu, terdapat juga obat alami yang dapat membantu mengobati asma, seperti jahe, madu, bawang putih, kurkumin, dan omega-3. Untuk mencegah serangan asma, Anda dapat menghindari faktor-faktor pencetus, mengonsumsi obat-obatan secara teratur, dan menjaga pola hidup yang sehat.

© 2021 Jurnal Kesehatan

Bagaimana Cara Mengobati Asma