Cara Bikin BPJS Kesehatan Online

>Hello Sohib EditorOnline! Banyak orang di Indonesia yang masih bingung tentang cara membuat BPJS kesehatan secara online. BPJS kesehatan sebenarnya sangat penting bagi kita semua karena memberikan perlindungan kesehatan yang cukup saat kita sakit. Namun, tidak sedikit orang yang masih ragu atau bingung tentang cara mengurusnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan lengkap tentang cara membuat BPJS kesehatan secara online.

Apa itu BPJS Kesehatan?

Sebelum kita membahas tentang cara membuatnya, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu BPJS kesehatan. BPJS kesehatan adalah sebuah program asuransi kesehatan yang wajib untuk dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia. Program ini dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan yang cukup bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu manfaat BPJS kesehatan adalah memperoleh pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas. Dengan BPJS kesehatan, kita bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit atau klinik yang telah bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan obat-obatan dan alat kesehatan secara gratis atau dengan biaya yang sangat terjangkau.

Keuntungan Membuat BPJS Kesehatan Online

Membuat BPJS kesehatan secara online memiliki banyak keuntungan. Pertama, kita tidak perlu datang ke kantor BPJS kesehatan atau ke kantor pos untuk mengurusnya. Kedua, proses pendaftaran online biasanya lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan proses pendaftaran konvensional. Ketiga, kita bisa mengakses data dan informasi tentang BPJS kesehatan secara online kapan saja dan di mana saja.

1. Buka Website BPJS Kesehatan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka website resmi BPJS kesehatan di browser kita. Alamat website resmi BPJS kesehatan adalah https://bpjs-kesehatan.go.id. Selanjutnya, klik tombol “Pendaftaran” yang terdapat pada menu utama.

2. Pilih Jenis Pendaftaran

Namun sebelum itu, pilih jenis pendaftaran yang sesuai. Terdapat dua jenis pendaftaran, yaitu pendaftaran mandiri dan pendaftaran melalui perusahaan. Bagi yang bekerja, sebaiknya memilih pendaftaran melalui perusahaan. Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat BPJS kesehatan secara mandiri.

3. Masukan Nomor KTP dan Nomor Handphone

Setelah memilih jenis pendaftaran, masukan nomor KTP dan nomor handphone yang masih aktif. Pastikan nomor KTP dan nomor handphone yang diisikan sudah benar dan valid. Klik tombol “Lanjut” untuk melanjutkan proses pendaftaran.

4. Verifikasi Data dan Isi Data Diri

Setelah memasukan nomor KTP dan nomor handphone, kita akan mendapat kode verifikasi melalui SMS. Masukan kode verifikasi tersebut pada kolom yang tersedia lalu klik “Verifikasi”. Selanjutnya, lengkapi data diri kita dengan benar seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Pastikan semua data yang diisikan sudah benar dan sesuai dengan KTP. Jangan lupa untuk mengunggah foto copy KTP kita yang masih berlaku.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Saos Spageti: Resep yang Mudah dan Lezat untuk Dimasak di Rumah

5. Cetak Bukti Pendaftaran

Setelah selesai mengisi data, kita akan mendapat bukti pendaftaran berupa nomor virtual account dan PIN. Kita bisa mencetak bukti pendaftaran tersebut untuk menjadi kartu peserta BPJS kesehatan kita. Kartu peserta BPJS kesehatan itu penting untuk menunjukan bahwa kita telah terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah BPJS kesehatan wajib di Indonesia? Ya, BPJS kesehatan wajib dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia.
2. Apa saja manfaat BPJS kesehatan? Manfaat BPJS kesehatan antara lain adalah memperoleh pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas serta mendapatkan obat-obatan dan alat kesehatan secara gratis atau dengan biaya yang sangat terjangkau.
3. Apa itu BPJS Kesehatan Mandiri? BPJS Kesehatan Mandiri adalah pendaftaran BPJS kesehatan yang dilakukan secara mandiri tanpa melalui perusahaan atau instansi.
4. Apa saja persyaratan membuat BPJS kesehatan mandiri? Persyaratan membuat BPJS kesehatan mandiri antara lain adalah memiliki nomor KTP dan nomor handphone yang masih aktif serta mengisi data diri dengan benar.
5. Bagaimana cara membayar iuran BPJS kesehatan? Iuran BPJS kesehatan bisa dibayar melalui ATM, internet banking, mobile banking, atau datang ke kantor BPJS kesehatan.

Kesimpulan

Membuat BPJS kesehatan secara online sangat mudah dan cepat. Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas untuk membuat BPJS kesehatan secara mandiri. Dengan BPJS kesehatan, kita bisa mendapatkan perlindungan kesehatan yang cukup saat kita sakit. Jangan ragu untuk membuat BPJS kesehatan karena ini adalah salah satu bentuk investasi kesehatan kita.

Cara Bikin BPJS Kesehatan Online