Cara Buat Apple ID: Panduan Lengkap Bagi Pengguna Baru

>Halo Sohib EditorOnline, jika kamu baru mengenal produk Apple dan ingin mengakses layanan seperti App Store, Apple Music dan lain-lainnya, maka kamu membutuhkan sebuah akun yang disebut dengan Apple ID. Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan panduan lengkap dari langkah awal hingga akhir dalam membuat akun Apple ID.

Persyaratan Dasar Membuat Apple ID

Sebelum memulai pembuatan akun, terlebih dahulu pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan dasar yang tertera di bawah ini:

Persyaratan Keterangan
Email aktif Memiliki email yang masih aktif dan bisa diakses.
Perangkat Apple Memiliki perangkat Apple seperti iPhone, iPad, atau iPod Touch.
Metode pembayaran Memiliki metode pembayaran yang valid seperti kartu kredit atau hadiah kartu iTunes.

Jika kamu sudah memenuhi ketiga persyaratan di atas, maka kamu siap untuk membuat Apple ID. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka App Store atau iTunes Store

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka App Store atau iTunes Store pada perangkat Apple kamu. Pastikan perangkatmu terhubung dengan jaringan internet sebelum membuka aplikasi tersebut.

Agar lebih mudah, kamu bisa mencari ikon App Store atau iTunes Store pada layar utama perangkatmu. Ikon tersebut biasanya berwarna biru dengan gambar sebuah huruf “A” putih di dalamnya.

Langkah 2: Pilih opsi “Buat Apple ID”

Setelah membuka App Store atau iTunes Store, kamu akan melihat berbagai macam aplikasi dan konten yang tersedia. Kamu perlu mencari opsi “Buat Apple ID” untuk memulai proses pembuatan akun.

Untuk menemukan opsi tersebut, kamu bisa memilih aplikasi gratis atau konten gratis lainnya yang tersedia di App Store atau iTunes Store. Sentuh opsi “Dapatkan” untuk mengunduh aplikasi atau konten tersebut.

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk masuk ke akun Apple ID. Karena kamu belum memiliki akun, pilih opsi “Buat Apple ID”.

Langkah 3: Isi informasi personal

Setelah memilih opsi “Buat Apple ID”, kamu akan diminta untuk mengisi informasi personal seperti nama depan, nama belakang, tanggal lahir, dan alamat email yang valid. Pastikan untuk memasukkan informasi yang benar dan sesuai dengan identitasmu.

Setelah mengisi informasi personal, kamu akan diminta untuk membuat dan memasukkan kata sandi yang akan kamu gunakan untuk masuk ke akun Apple ID. Pastikan kata sandimu kuat dan terdiri dari kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil, dan simbol. Hindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaanmu.

TRENDING 🔥  Cara Copy Excel ke Word

Langkah 4: Verifikasi akun

Setelah mengisi informasi personal dan membuat kata sandi, kamu akan diminta untuk memasukkan beberapa pertanyaan keamanan yang akan digunakan untuk memverifikasi akunmu di masa depan. Pertanyaan ini akan kamu jawab ketika kamu lupa kata sandi atau terjadi masalah keamanan pada akunmu.

Setelah selesai menjawab pertanyaan keamanan, kamu akan diminta untuk memasukkan verifikasi kode yang akan dikirimkan ke email yang kamu daftarkan tadi.

Setelah memasukkan kode verifikasi, akun Apple ID kamu akan selesai dibuat. Kamu sudah siap untuk memanfaatkan layanan Apple seperti App Store, iCloud, dan Apple Music.

FAQ

1. Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa kata sandi Apple ID?

Jika kamu lupa kata sandi untuk Apple ID, bisa melakukan reset kata sandi melalui email yang kamu daftarkan saat membuat akun. Kamu akan menerima email dari Apple berisi link untuk mengatur ulang kata sandi.

2. Apakah Apple ID bisa dibuat tanpa menggunakan perangkat Apple?

Tidak, Apple ID hanya bisa dibuat melalui perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch atau melalui iTunes di komputer.

3. Apakah perlu membayar untuk membuat Apple ID?

Tidak, membuat Apple ID gratis.

4. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak mempunyai metode pembayaran yang valid?

Kamu bisa membeli hadiah kartu iTunes dari toko atau supermarket yang menyediakan. Kamu juga bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar aplikasi atau konten yang kamu unduh. Namun, pastikan penggunaan kartu kredit tersebut diizinkan oleh pemilik kartu.

5. Apa bedanya antara Apple ID dan iCloud?

Apple ID adalah akun yang digunakan untuk mengakses layanan Apple seperti App Store dan iTunes Store, sedangkan iCloud adalah layanan penyimpanan awan yang digunakan untuk menyimpan data seperti foto, video, dan dokumen kamu.

Cara Buat Apple ID: Panduan Lengkap Bagi Pengguna Baru