Cara Buat Thumbnail Youtube

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu ingin memaksimalkan jumlah penonton video di channel YouTube kamu? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat thumbnail yang menarik dan menarik perhatian. Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan detail tentang cara membuat thumbnail YouTube yang efektif dan menarik.

1. Mengapa Thumbnail YouTube Sangat Penting?

Thumbnail YouTube adalah gambar kecil yang muncul di sebelah video di YouTube. Thumbnail yang menarik dapat membantu video kamu membedakan diri dari video lain dan mempengaruhi keputusan penonton untuk menonton video kamu. Sebuah thumbnail yang baik dapat meningkatkan jumlah klik video dan jumlah penonton.

Menurut penelitian, video dengan thumbnail yang menarik memiliki kemungkinan 154% lebih banyak tampilan dan lebih banyak di-share daripada video tanpa thumbnail. Oleh karena itu, penting untuk memberikan perhatian yang tepat saat membuat thumbnail.

2. Langkah-langkah untuk Membuat Thumbnail YouTube

i. Pilih Gambar atau Screenshot yang Menarik

Pertama-tama, kamu harus memilih gambar atau screenshot yang menarik untuk thumbnail. Gunakan gambar atau screenshot yang menunjukkan highlight dari video kamu. Pastikan gambar atau screenshot yang kamu gunakan berkualitas tinggi dan mudah dibaca.

ii. Gunakan Warna yang Kontras

Setelah kamu memilih gambar yang tepat, kamu harus memilih warna yang tepat untuk latar belakang thumbnail. Gunakan warna yang kontras dengan gambar atau screenshot kamu untuk membuat thumbnail terlihat menarik dan mudah dibaca.

iii. Tambahkan Judul yang Menarik

Selain gambar, kamu harus menambahkan teks atau judul ke thumbnail kamu. Judul harus jelas dan menarik perhatian penonton. Pastikan judul terbaca dengan mudah dan cukup besar untuk dilihat pada thumbnail yang lebih kecil.

iv. Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Gunakan font yang mudah dibaca pada thumbnail kamu. Hindari menggunakan font yang terlalu rumit atau sulit dibaca. Kamu ingin thumbnail kamu terlihat profesional dan mudah dibaca.

v. Tambahkan Call to Action

Terakhir, kamu harus menambahkan call to action ke thumbnail kamu. Panggilan untuk tindakan dapat berupa “tonton sekarang” atau “lihat sekarang”. Hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah klik video dan jumlah penonton.

3. FAQ tentang Pembuatan Thumbnail YouTube

i. Berapa Ukuran Thumbnail YouTube?

Ukuran thumbnail YouTube adalah 1280 x 720 piksel dengan rasio 16:9.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Layar Laptop Menjadi 2

ii. Apakah Saya Harus Membayar untuk Membuat Thumbnail?

Tidak, kamu dapat membuat thumbnail yang menarik dan profesional dengan menggunakan berbagai program dan aplikasi pembuatan gambar.

iii. Apakah Saya Harus Menambahkan Logo atau Branding ke Thumbnail?

Jawabannya tergantung pada kamu. Jika kamu ingin membangun merek dan mengidentifikasi thumbnail kamu dengan merek kamu, maka menambahkan logo atau branding ke thumbnail kamu dapat menjadi hal yang baik. Namun, pastikan logo atau branding kamu tidak mengalihkan perhatian dari gambar atau screenshot utama.

iv. Berapa Lama Thumbnail Harus Terlihat di Layar?

Thumbnail YouTube harus terlihat selama setidaknya enam detik di layar sebelum video dimulai.

v. Apakah Thumbnail YouTube Penting untuk SEO?

Ya, thumbnail YouTube dapat membantu meningkatkan peringkat SEO video kamu. Thumbnail yang menarik dapat menarik pengunjung ke halaman video kamu dan meningkatkan jumlah klik dan tampilan.

4. Kesimpulan

Membuat thumbnail YouTube yang menarik dan efektif dapat membantu meningkatkan jumlah klik video dan jumlah penonton. Ingatlah untuk memilih gambar yang menarik, menggunakan warna kontras, menambahkan judul yang menarik, menggunakan font yang mudah dibaca, dan menambahkan panggilan untuk tindakan. Dengan mengikuti tips dan trik yang telah dibahas di atas, kamu dapat membuat thumbnail yang menarik dan meningkatkan kesuksesan video kamu di YouTube.

Cara Buat Thumbnail Youtube