Cara Daftar Prakerja Online

>Halo Sohib EditorOnline, kali ini kami akan membahas tentang cara daftar prakerja online. Program prakerja merupakan program yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk membantu pengangguran maupun pekerja yang terkena dampak pandemi COVID-19. Dalam program prakerja terdapat pelatihan dan bantuan uang sebesar 3.550.000 untuk peserta yang lulus pelatihan. Untuk itu, simak informasi selengkapnya tentang cara daftar prakerja online di bawah ini.

Persyaratan Mendaftar Prakerja

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dalam program prakerja, yaitu:

Persyaratan Keterangan
WNI Pendaftar harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
Usia Minimal 18 Tahun Pendaftar harus berusia minimal 18 tahun pada saat mendaftar.
Tidak Sedang Kuliah Pendaftar tidak sedang kuliah atau tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
Tidak Sedang Bekerja Pendaftar tidak sedang bekerja atau sedang mengalami pemutusan hubungan kerja.
Memiliki HP dan Akun Email Pendaftar harus memiliki handphone (HP) yang dapat terhubung dengan internet dan akun email yang aktif.

Jika kamu sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka kamu bisa melanjutkan untuk melakukan pendaftaran prakerja online.

Langkah-langkah Mendaftar Prakerja Online

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran prakerja secara online:

1. Buka Website Prakerja

Buka website prakerja di https://www.prakerja.go.id/ pada browser kamu.

2. Klik Tombol “Daftar”

Setelah berhasil masuk ke halaman utama, kamu akan melihat tombol “Daftar” yang terletak di tengah halaman. Klik tombol tersebut untuk melakukan pendaftaran.

3. Isi Data Diri

Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi data diri seperti nama lengkap, nomor identitas, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Pastikan data yang diisi sesuai dengan identitas diri yang kamu miliki.

4. Verifikasi Nomor HP dan Email

Setelah mengisi data diri, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor handphone (HP) dan email yang aktif. Tunggu kode verifikasi yang akan dikirim melalui SMS dan email untuk melakukan verifikasi.

5. Selesaikan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Setelah berhasil melakukan verifikasi nomor HP dan email, kamu akan masuk ke halaman tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini terdiri dari beberapa pertanyaan tentang kemampuan dan motivasi. Selesaikan tes ini dengan baik dan benar.

6. Pilih Pelatihan yang Diinginkan

Setelah berhasil melewati tes motivasi dan kemampuan dasar, kamu akan diarahkan untuk memilih pelatihan yang diinginkan. Pilihlah pelatihan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Jerawat Kecil

7. Selesaikan Pelatihan

Setelah memilih pelatihan, kamu harus menyelesaikan pelatihan tersebut dalam waktu yang telah ditentukan. Jika berhasil menyelesaikan, kamu akan mendapatkan sertifikat dan bantuan uang dari program prakerja sebesar 3.550.000.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu program prakerja?

Program prakerja merupakan program yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk membantu pengangguran maupun pekerja yang terkena dampak pandemi COVID-19. Dalam program prakerja terdapat pelatihan dan bantuan uang sebesar 3.550.000 untuk peserta yang lulus pelatihan.

2. Siapa saja yang bisa mendaftar prakerja?

Program prakerja dapat diikuti oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun, tidak sedang kuliah, tidak sedang bekerja, dan memiliki HP serta akun email yang aktif.

3. Apakah program prakerja gratis?

Ya, program prakerja adalah gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

4. Apa saja persyaratan yang dibutuhkan dalam program prakerja?

Persyaratan yang dibutuhkan dalam program prakerja yaitu WNI, usia minimal 18 tahun, tidak sedang kuliah, tidak sedang bekerja, dan memiliki HP serta akun email yang aktif.

5. Bagaimana cara mendaftar prakerja?

Cara mendaftar prakerja yaitu dengan membuka website prakerja di https://www.prakerja.go.id/, klik tombol “Daftar”, mengisi data diri, verifikasi nomor HP dan email, selesaikan tes motivasi dan kemampuan dasar, pilih pelatihan yang diinginkan, dan selesaikan pelatihan.

Itulah informasi mengenai cara daftar prakerja online yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam mengikuti program prakerja. Terima kasih telah membaca.

Cara Daftar Prakerja Online