Cara Extract File Zip: Petunjuk Lengkap untuk Pemula

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda pernah mengunduh file dalam format ZIP dan bingung cara mengakses isinya? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara extract file zip dengan mudah dan cepat. Proses ini sangat dibutuhkan jika Anda ingin membuka file zip yang berisi banyak file atau folder. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Apa itu File ZIP dan Mengapa Harus di Extract?

Sebelum membahas cara extract file zip, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu file zip dan mengapa kita harus extract file tersebut. File zip adalah file arsip yang berisi beberapa file atau folder yang telah di kompres menjadi satu file. Tujuan dari pengompressan adalah untuk menghemat ruang disk dan mempermudah proses transfer file. Namun, untuk dapat mengakses file atau folder dalam archive tersebut, harus di extract terlebih dahulu. Langsung saja, inilah cara extract file zip:

Cara Extract File Zip melalui Explorer Windows

Windows menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk extract file zip tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Berikut adalah langkah-langkah extract file zip melalui explorer Windows:

Langkah 1: Buka File Explorer

Pertama-tama, buka File Explorer dengan cara double-click ikon folder di desktop atau tekan tombol Windows + E pada keyboard.

Langkah 2: Temukan File Zip yang Ingin Diextract

Selanjutnya, temukan file zip yang ingin diextract. Pilih file zip tersebut dengan klik sekali.

Langkah 3: Extract File Zip

Setelah file zip terpilih, klik kanan pada file tersebut dan pilih “Extract All” dari menu dropdown. Pilih folder tempat hasil extract akan disimpan. Klik “Extract” untuk memulai proses extract file zip.

Langkah 4: Akses File atau Folder Hasil Extract

Setelah proses extract selesai, Anda dapat mengakses file atau folder hasil extract dengan membuka folder tempat hasil extract disimpan. File atau folder tersebut sudah dapat digunakan seperti biasa.

Cara Extract File Zip melalui Aplikasi WinZip

Jika Anda tidak ingin menggunakan fitur bawaan Windows, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WinZip untuk extract file zip. Berikut adalah langkah-langkah extract file zip dengan WinZip:

Langkah 1: Download dan Instal WinZip

Pertama-tama, unduh dan instal aplikasi WinZip dari situs resminya https://www.winzip.com/win/en/ atau dari toko aplikasi di perangkat Anda.

Langkah 2: Buka File Zip dengan WinZip

Buka aplikasi WinZip dan pilih “Open” dari menu utama. Temukan file zip yang ingin diextract dan klik “Open”.

TRENDING 🔥  Cara Supaya Followers IG Banyak

Langkah 3: Extract File Zip

Setelah file zip terbuka di aplikasi WinZip, pilih “Extract” dari menu utama. Pilih lokasi tempat hasil extract akan disimpan. Klik “Extract” untuk memulai proses extract file zip.

Langkah 4: Akses File atau Folder Hasil Extract

Setelah proses extract selesai, Anda dapat mengakses file atau folder hasil extract dengan membuka folder tempat hasil extract disimpan. File atau folder tersebut sudah dapat digunakan seperti biasa.

Perbedaan Antara Extract dan Compress File

Penting untuk diingat bahwa proses extract dan compress file adalah dua proses yang berbeda. Extract file adalah proses mengambil file atau folder dari dalam archive zip, sedangkan compress file adalah proses mengubah file atau folder menjadi archive zip. Perbedaan ini perlu dipahami agar tidak bingung saat melakukan proses extract atau compress file.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah file zip dapat diextract di perangkat selain Windows? Ya, file zip dapat diextract di berbagai platform seperti Mac OS, Linux, dan Android dengan menggunakan aplikasi extract file zip yang tersedia.
2. Apa saja aplikasi extract file zip yang dapat digunakan di Mac OS? Berbagai aplikasi extract file zip yang dapat digunakan di Mac OS antara lain The Unarchiver, Stuffit Expander, dan Keka.
3. Apakah file zip dapat diextract secara parsial? Ya, beberapa aplikasi extract file zip memungkinkan pengguna untuk memilih file atau folder tertentu yang ingin diextract dari sebuah archive zip.

Demikianlah petunjuk lengkap cara extract file zip yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengakses file atau folder yang terkompresi dalam archive zip.

Cara Extract File Zip: Petunjuk Lengkap untuk Pemula