Cara Melihat Versi Windows

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah Anda pernah bertanya-tanya cara melihat versi Windows yang terpasang pada komputer Anda? Hal ini sangat penting untuk mengetahui apakah sistem operasi Anda masih mendapatkan dukungan dan pembaruan keamanan terbaru. Di artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah mudah untuk melihat versi Windows pada komputer Anda.

Langkah 1: Menggunakan Tombol Windows + R

Langkah pertama untuk melihat versi Windows pada komputer Anda adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + R. Tombol Windows biasanya terletak di sudut kiri bawah keyboard, dengan ikon Windows. Ketika Anda menekan tombol Windows + R secara bersamaan, akan muncul sebuah kotak dialog Run.

1. Ketikkan “winver” (tanpa tanda kutip) di kotak dialog Run.

2. Tekan Enter pada keyboard.

Setelah itu, sebuah jendela akan muncul dan menampilkan informasi tentang versi Windows yang terpasang pada komputer Anda. Anda dapat melihat nomor versi, build, dan informasi lainnya.

Langkah 2: Menggunakan Command Prompt

Jika Anda lebih suka menggunakan Command Prompt untuk melihat versi Windows pada komputer Anda, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Klik tombol Start di sudut kiri bawah layar Anda.

2. Ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) di kotak pencarian.

3. Klik kanan pada “Command Prompt” dan pilih “Run as administrator”.

Setelah itu, sebuah jendela hitam akan muncul. Ketik “systeminfo” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Setelah beberapa saat, informasi tentang versi Windows akan ditampilkan pada layar. Anda dapat melihat versi, build, dan informasi lainnya.

Langkah 3: Melihat Versi Windows di Settings

Anda juga dapat melihat versi Windows pada komputer Anda melalui Settings. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Klik tombol Start di sudut kiri bawah layar Anda.

2. Klik ikon gear di sisi kiri menu Start.

3. Klik “System”.

4. Klik “About” di sisi kiri.

Setelah itu, informasi tentang versi Windows akan ditampilkan di sisi kanan layar. Anda dapat melihat nomor versi, build, dan informasi lainnya.

Tabel: Informasi tentang Versi Windows

Nama OS Nomor Versi Build
Windows 10 2009 19042
Windows 8.1 6.3 9600
Windows 7 6.1 7601

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana cara mengetahui jika saya menggunakan versi Windows yang sudah tidak didukung?

Anda dapat memeriksa halaman dukungan Windows di situs web resmi Microsoft untuk mengetahui apakah versi Windows yang Anda gunakan masih mendapatkan dukungan dan pembaruan keamanan terbaru. Jika sistem operasi Anda tidak lagi didukung, sebaiknya Anda segera memperbarui ke versi yang lebih baru untuk memastikan keamanan dan stabilitas sistem.

TRENDING 🔥  Cara Masak Brokoli: Panduan Lengkap untuk Kamu yang Ingin Memasak Brokoli

Apa perbedaan antara nomor versi dan build?

Nomor versi adalah angka utama yang menunjukkan versi sistem operasi Windows yang terpasang pada komputer Anda. Build adalah nomor yang menunjukkan pembaruan keamanan atau fitur tambahan yang telah diterapkan pada sistem operasi Anda. Build dapat berubah tergantung pada pembaruan yang telah diinstal pada komputer Anda.

Saya menjalankan Windows 10, tetapi saya tidak melihat nomor versi yang terbaru. Apa yang salah?

Pada Windows 10, Microsoft sering merilis pembaruan besar yang disebut “fitur update”. Fitur update ini dapat mengubah nomor versi Windows Anda. Jika Anda tidak melihat nomor versi terbaru, kemungkinan besar Anda belum menginstal fitur update terbaru. Anda dapat memeriksa pembaruan pada Settings atau mengunjungi situs web resmi Microsoft untuk mengunduh dan menginstal fitur update terbaru.

Apakah saya dapat mengubah nomor versi Windows saya?

Tidak, nomor versi Windows adalah nomor unik yang diterapkan oleh Microsoft pada sistem operasi Windows. Anda tidak dapat mengubah nomor versi Windows, tetapi Anda dapat memperbarui ke versi yang lebih baru jika tersedia.

Berapa sering Microsoft merilis pembaruan untuk Windows?

Microsoft sering merilis pembaruan untuk sistem operasi Windows untuk memperbaiki bug, meningkatkan keamanan, dan menambahkan fitur baru. Pembaruan biasanya dirilis secara berkala, tergantung pada kebutuhan dan permintaan pengguna.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk melihat versi Windows pada komputer Anda. Melakukan pembaruan keamanan terbaru sangat penting untuk menjaga sistem operasi Anda tetap aman dan stabil. Pastikan Anda selalu memeriksa nomor versi dan memperbarui ke versi yang lebih baru jika tersedia.

Cara Melihat Versi Windows