Cara Memakai Masker Sensi untuk Perlindungan Diri

>Halo Sohib EditorOnline, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara memakai masker sensi dengan benar untuk melindungi diri dari virus dan bakteri. Di tengah pandemi yang masih berlangsung, penggunaan masker menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dielakkan. Namun, apakah kamu tahu bagaimana cara memakai masker sensi dengan benar?

1. Apa itu Masker Sensi?

Sebelum membahas cara memakai masker sensi, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu masker sensi. Masker sensi merupakan jenis masker medis yang sangat populer digunakan di Indonesia. Masker ini terbuat dari bahan non-woven yang memiliki tingkat filtrasi tinggi, sehingga bisa menyaring partikel kecil hingga 0,3 mikron.

Masker sensi cocok digunakan untuk melindungi diri dari debu, asap kendaraan, polusi udara, dan tentu saja virus dan bakteri. Selain itu, masker sensi juga sangat mudah ditemukan dan harganya relatif terjangkau.

2. Kapan Harus Menggunakan Masker Sensi?

Kamu harus menggunakan masker sensi ketika berada di lingkungan yang terpapar polusi, debu, asap kendaraan, dan tentu saja ketika berada di tempat umum di mana ada banyak orang. Selama pandemi, penggunaan masker sangat dianjurkan untuk melindungi diri dari virus dan bakteri.

Kamu juga harus menggunakan masker ketika sedang sakit, terutama jika mengalami gejala batuk, pilek, atau flu. Dengan menggunakan masker, kamu bisa mencegah penyebaran virus atau bakteri ke orang lain.

3. Cara Memakai Masker Sensi dengan Benar

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memakai masker sensi. Berikut cara memakai masker sensi yang benar:

a. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Sebelum memakai masker sensi, pastikan kamu sudah mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Hal ini akan membantu mencegah penyebaran virus atau bakteri ke masker atau wajah kamu.

b. Periksa Masker Sensi

Periksa masker sensi sebelum digunakan. Pastikan tidak ada robek atau lubang pada masker, dan pastikan masker tidak terlalu kotor atau basah. Jika masker sobek atau basah, sebaiknya jangan digunakan karena tidak efektif dalam melindungi diri dari virus atau bakteri.

c. Letakkan Masker dengan Benar

Letakkan masker sensi di wajah secara benar. Bagian yang berwarna biru di luar dan bagian putih di dalam. Pastikan masker menutupi hidung dan mulut dengan sempurna, dan tidak ada celah di sekitar wajah atau dagu.

d. Tekan Bagian Atas Masker

Tekan bagian atas masker seni ke hidung dengan jari. Hal ini akan membantu masker menempel dengan erat di wajah kamu dan tidak mudah longgar.

e. Kenakan Tali Masker di Belakang Telinga

Kenakan tali masker di belakang telinga dan pastikan masker tidak terlipat atau terjepit di hidung dan mulut kamu. Jika masker terlipat atau terjepit, kamu bisa meraba-raba masker dengan tangan yang belum dicuci dan membuat masker menjadi tidak steril.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Ayam Bakar Kecap

4. Apa yang Harus Dilakukan Setelah Menggunakan Masker Sensi?

Setelah menggunakan masker sensi, kamu harus melakukan hal-hal berikut untuk menjaga kebersihan masker dan kesehatan kamu sendiri:

a. Lepas Masker dengan Benar

Lepaskan masker dengan benar, yakni dengan meraih tali masker di belakang telinga dan lepaskan dari wajah kamu. Jangan menyentuh bagian depan masker karena bagian itu mungkin terkontaminasi oleh virus atau bakteri.

b. Buang Masker ke Tempat Sampah

Setelah melepaskan masker, segera buang masker ke tempat sampah yang sudah disediakan. Jangan membuang masker sembarangan atau di tempat umum karena dapat menyebarkan virus atau bakteri ke lingkungan sekitar.

c. Cuci Tangan Setelah Menggunakan Masker

Setelah melepaskan masker, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Hal ini akan membantu menghilangkan virus atau bakteri yang mungkin menempel di tangan kamu.

d. Jangan Gunakan Masker Lagi

Jangan gunakan masker sensi lagi setelah melepaskannya. Masker sensi hanya bisa digunakan sekali pakai dan harus langsung dibuang. Jangan mencuci atau mengeringkan masker sensi karena dapat merusak struktur masker dan membuatnya tidak efektif dalam melindungi diri dari virus atau bakteri.

5. FAQ

Kapan Harus Mengganti Masker Sensi?

Kamu harus mengganti masker sensi ketika masker sudah terlalu lembab, terlipat atau terjepit di hidung dan mulut, atau sudah digunakan selama lebih dari 8 jam. Jangan mengganti masker sensi terlalu sering karena bisa membuat masker menjadi tidak efektif dalam melindungi diri dari virus atau bakteri.

Apakah Masker Kain Bisa Menggantikan Masker Sensi?

Masker kain juga bisa digunakan sebagai pengganti masker sensi asalkan masker yang digunakan memiliki lapisan dan bahan yang dapat menyaring partikel kecil seperti virus atau bakteri. Namun, masker kain harus sering dicuci dan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung agar tetap bersih dan steril.

Apakah Masker Sensi Aman untuk Dipakai?

Masker sensi merupakan masker medis yang aman untuk digunakan. Masker ini telah melewati uji kelayakan dan standar kualitas yang ditentukan oleh badan kesehatan. Namun, pastikan kamu membeli masker sensi dari tempat yang terpercaya dan tidak membeli masker yang sudah kadaluarsa atau palsu.

6. Kesimpulan

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang cara memakai masker sensi yang benar. Penggunaan masker sensi sangat penting untuk melindungi diri dari virus dan bakteri, terutama saat ini di tengah pandemi. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan tetap jaga jarak dengan orang lain untuk mengurangi risiko terpapar virus atau bakteri.

Cara Memakai Masker Sensi untuk Perlindungan Diri