Cara Membuat Angket di Google Form

>

Cara Membuat Angket di Google Form

Halo Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat angket di Google Form. Google Form adalah salah satu aplikasi yang disediakan oleh Google yang memudahkan kita dalam membuat survey atau angket secara online. Dengan menggunakan Google Form, kita tidak perlu lagi repot-repot untuk mengumpulkan data secara manual, karena data yang diisi oleh responden akan otomatis masuk ke dalam Google Sheet. Yuk, simak cara membuat angket di Google Form berikut ini!

1. Login ke Akun Google

Pertama-tama, kita perlu login ke akun Google kita. Buka browser dan ketikkan alamat http://docs.google.com/forms di address bar. Setelah itu, masuk menggunakan akun Google kita.

1.1. Cara Login ke Akun Google

Untuk login ke akun Google, klik tombol Sign In di pojok kanan atas layar. Masukkan email dan password akun Google kita, lalu klik tombol Sign In.

1.2. Cara Membuka Google Form

Setelah berhasil login, kita akan diarahkan ke halaman utama Google Drive. Klik tombol New di pojok kiri atas layar, lalu pilih Google Forms.

1.3. Cara Menamai Angket

Berikan nama pada angket yang ingin kita buat di kolom yang tersedia. Nama angket ini akan muncul sebagai judul di halaman utama Google Form yang akan kita bagikan kepada responden.

1.4. Cara Mengatur Privasi Angket

Google Form menyediakan beberapa pilihan privasi angket, yaitu Public on the web, Anyone with the link, dan Specific people. Pilih salah satu opsi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

2. Menambahkan Pertanyaan pada Angket

Selanjutnya, kita perlu menambahkan pertanyaan pada angket yang kita buat. Google Form menyediakan berbagai macam jenis pertanyaan, seperti multiple choice, checkbox, dropdown, short answer, dan lain sebagainya.

2.1 Cara Menambahkan Pertanyaan

Untuk menambahkan pertanyaan, klik tombol “+” di sebelah kanan pertanyaan terakhir. Pilih jenis pertanyaan yang ingin kita tambahkan, lalu tulis pertanyaan tersebut di kolom yang tersedia.

2.2. Cara Mengatur Jawaban Multiple Choice

Jika kita memilih jenis pertanyaan multiple choice, kita perlu mengatur jawaban yang akan muncul di bawah pertanyaan tersebut. Klik tombol “Add option” untuk menambahkan jawaban baru, dan klik tombol “Remove” untuk menghapus jawaban yang tidak diperlukan.

2.3. Cara Menambahkan Gambar atau Video pada Pertanyaan

Kita juga bisa menambahkan gambar atau video pada pertanyaan dengan cara mengklik tombol “Insert image” atau “Insert video” di pojok kanan bawah kolom pertanyaan.

3. Mengatur Tampilan Angket

Setelah selesai menambahkan pertanyaan, kita bisa mengatur tampilan angket agar lebih menarik. Google Form menyediakan beberapa opsi untuk mengatur tampilan angket, seperti mengubah tema, mengubah warna latar belakang, dan mengubah font.

TRENDING 🔥  Cara Pemakaian Topping Balm Plus: Solusi Mudah untuk Bibir Sehat

3.1. Cara Mengubah Tema Angket

Untuk mengubah tema angket, klik tombol “Theme” di pojok kanan atas layar. Pilih salah satu tema yang tersedia atau pilih opsi “Customize” untuk mengubah warna latar belakang, warna teks, dan font secara manual.

3.2. Cara Mengubah Warna Latar Belakang dan Font

Jika kita memilih opsi “Customize” pada menu Theme, kita bisa mengubah warna latar belakang dan font sesuai dengan keinginan kita. Klik tombol “Choose a font” untuk memilih jenis font yang kita sukai, dan klik tombol “Choose a color” untuk memilih warna latar belakang dan font yang sesuai.

4. Membagikan Angket ke Responden

Setelah selesai membuat dan mengatur tampilan angket, kita bisa membagikan angket tersebut ke responden yang ingin kita survey. Google Form menyediakan beberapa cara untuk membagikan angket, seperti mengirimkan link melalui email, membagikan link di media sosial, dan menanamkan angket di website.

4.1. Cara Mengirimkan Link melalui Email

Untuk mengirimkan link melalui email, klik tombol “Send” di pojok kanan atas layar. Masukkan email responden di kolom yang tersedia, lalu klik tombol “Send”.

4.2. Cara Membagikan Link di Media Sosial

Jika kita ingin membagikan link angket di media sosial, klik tombol “Send” di pojok kanan atas layar. Salin link angket yang tersedia di bagian “Send via link”, lalu bagikan link tersebut di media sosial yang kita inginkan.

4.3. Cara Menanamkan Angket di Website

Kita juga bisa menanamkan angket di website dengan cara mengklik tombol “Send” di pojok kanan atas layar. Klik opsi “Embed HTML” untuk mendapatkan kode HTML yang bisa kita salin dan tempel di website.

FAQ

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apakah Google Form gratis? Ya, Google Form adalah aplikasi gratis yang disediakan oleh Google.
2 Berapa banyak pertanyaan yang bisa ditambahkan pada Google Form? Tidak ada batasan jumlah pertanyaan yang bisa ditambahkan pada Google Form.
3 Bagaimana cara melihat hasil angket yang telah diisi oleh responden? Hasil angket akan otomatis masuk ke dalam Google Sheet. Kita bisa membuka Google Sheet tersebut untuk melihat hasil angket.
4 Bisakah kita mengedit pertanyaan setelah angket sudah dibagikan ke responden? Ya, kita bisa mengedit pertanyaan setelah angket sudah dibagikan ke responden tanpa harus membuat angket baru.
5 Apakah kita perlu membuat akun Google untuk menggunakan Google Form? Ya, kita harus memiliki akun Google untuk bisa menggunakan Google Form.

Cara Membuat Angket di Google Form