Cara Membuat Audio di WA

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda pernah mengalami keinginan untuk membuat audio di WhatsApp (WA)? Di artikel ini, kita akan membahas cara membuat audio di aplikasi chat terpopuler di Indonesia tersebut. Mari kita mulai.

1. Kenapa Perlu Membuat Audio di WA?

Sebelum membahas lebih lanjut, pertanyaan yang mungkin muncul adalah mengapa kita perlu membuat audio di WA? Salah satu alasannya adalah karena pesan suara atau audio lebih efektif dalam menyampaikan pesan daripada teks. Audio juga bisa berguna jika Anda ingin menjelaskan sesuatu dengan lebih rinci daripada teks yang terbatas.

Dengan membuat audio di WA, Anda juga bisa mempercepat komunikasi daripada mengetik. Selain itu, membuat audio di WA juga bisa berguna jika Anda tidak ingin mengetik di layar karena mengetik terlalu lama bisa membuat jari terasa sakit.

2. Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama untuk membuat audio di WA adalah membuka aplikasi WhatsApp. Pastikan aplikasi tersebut sudah terinstal di ponsel Anda.

3. Pilih Kontak atau Grup

Setelah membuka aplikasi WhatsApp, pilih kontak atau grup yang ingin Anda kirimi pesan suara. Klik ikon chat dengan bentuk balon di sudut kanan bawah layar.

4. Klik Ikon Mikrofon

Jika Anda sudah masuk ke dalam chat dengan kontak atau grup, Anda akan melihat ikon mikrofon di sebelah kanan kotak teks. Klik ikon tersebut.

a. Ikon Mikrofon Tidak Muncul

Jika ikon mikrofon tidak muncul, kemungkinan ada masalah dengan versi aplikasi WhatsApp yang terpasang di ponsel Anda. Pastikan Anda sudah memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Tekan dan Tahan Tombol Mikrofon

Setelah menekan ikon mikrofon, tahan tombol tersebut untuk mulai merekam pesan suara. Geser jari ke atas untuk mengunci tombol rekam agar Anda tidak perlu menahan tombol terus-menerus.

6. Rekam Pesan Suara

Setelah menahan tombol mikrofon, mulai merekam pesan suara dengan berbicara di mikrofon ponsel Anda. Pastikan tidak ada suara bising yang mengganggu saat merekam pesan suara.

7. Kirim Pesan Suara

Setelah selesai merekam pesan suara, lepaskan tombol mikrofon. WA akan otomatis mengirim pesan suara tersebut ke kontak atau grup yang Anda tuju. Tidak perlu lagi menekan tombol kirim seperti saat mengirim pesan teks.

8. Simpan Pesan Suara

Anda juga bisa menyimpan pesan suara yang sudah Anda rekam di ponsel Anda. Caranya adalah dengan mengetuk dan tahan pesan suara yang ingin Anda simpan, lalu pilih opsi “Simpan”. Pesan suara tersebut akan tersimpan di galeri ponsel Anda.

9. Bagaimana Jika Ingin Mengirim Pesan Suara Lebih Dari 1 Menit?

WA membatasi pesan suara yang bisa dikirim hanya sepanjang 1 menit. Namun, jika pesan suara yang ingin Anda kirim lebih panjang dari 1 menit, Anda bisa merekam pesan suara secara terpisah dan mengirimkannya satu per satu. Anda juga bisa merekam pesan suara di aplikasi perekam audio lain, lalu mengirimkannya melalui WA.

TRENDING 🔥  Cara Memperluas Jaringan Wifi

10. Bagaimana Jika Tidak Bisa Merekam Pesan Suara?

Jika Anda tidak bisa merekam pesan suara, pastikan mikrofon di ponsel Anda berfungsi dengan baik. Jika memungkinkan, coba rekam audio dengan aplikasi perekam audio lain untuk memastikan mikrofon berfungsi.

11. Mengirim Pesan Suara Tanpa Menahan Tombol Rekam

Jika tidak ingin menahan tombol rekam saat merekam pesan suara, Anda bisa mengatur pengaturan WA untuk merekam pesan suara tanpa menahan tombol rekam. Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan WA, pilih opsi “Pesan”, lalu pilih opsi “Pesan Suara”. Di sini, Anda bisa memilih opsi “Tombol rekam untuk berbicara” atau “Rekam tanpa tombol rekam”.

a. Tombol Rekam untuk Berbicara

Di opsi ini, Anda masih harus menahan tombol rekam untuk merekam pesan suara. Namun, Anda bisa menekan tombol rekam yang kecil sehingga Anda tidak perlu menahan tombol rekam yang besar saat merekam pesan suara.

b. Rekam Tanpa Tombol Rekam

Pada opsi ini, Anda tidak perlu menahan tombol rekam untuk merekam pesan suara. Cukup klik ikon mikrofon sekali, lalu mulai merekam pesan suara. Klik lagi untuk menghentikan perekaman dan mengirim pesan suara.

12. Apa Saja Keunggulan Merekam Audio di WA?

Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan merekam audio di WhatsApp, yaitu:

  • Lebih efektif dalam menyampaikan pesan daripada teks.
  • Bisa mempercepat komunikasi daripada mengetik.
  • Lebih cepat daripada merekam video atau membuat screenshot.
  • Bisa menyimpan pesan suara yang sudah direkam di ponsel Anda.
  • Bisa merekam pesan suara tanpa menahan tombol rekam di aplikasi WA.

13. Apa Saja Kekurangan Merekam Audio di WA?

Tentu saja, selain keunggulan, merekam audio di WA juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Batasan waktu hanya 1 menit.
  • Tidak bisa merekam pesan suara dalam kualitas yang tinggi.
  • Tidak bisa memberikan efek suara seperti pada aplikasi perekam audio lain.

14. Merekam Audio di WhatsApp Web

Jika Anda lebih sering mengakses WhatsApp melalui komputer atau laptop, Anda juga bisa merekam pesan suara melalui WhatsApp Web. Caranya adalah dengan memilih chat yang ingin Anda kirimi pesan suara, lalu klik ikon mikrofon. Tahan tombol rekam untuk merekam pesan suara, lalu lepaskan untuk mengirim pesan suara tersebut.

a. Memeriksa Kompatibilitas Browser

Jika Anda mengalami masalah saat merekam pesan suara di WhatsApp Web, pastikan browser yang digunakan sudah kompatibel dengan WhatsApp Web. Beberapa browser seperti Internet Explorer tidak mendukung WhatsApp Web.

15. Merekam Audio dengan Aplikasi Perekam Audio Lain

Jika ingin merekam pesan suara dalam kualitas yang lebih tinggi atau memberikan efek suara pada pesan suara Anda, Anda bisa merekam pesan suara dengan aplikasi perekam audio lain seperti Audacity atau Garageband. Setelah merekam pesan suara, Anda bisa mengirimkannya melalui WhatsApp.

a. Bagaimana Cara Mengirim Audio dari Aplikasi Perekam Audio Lain ke WA?

Untuk mengirim audio dari aplikasi perekam audio lain ke WA, caranya adalah dengan membuka aplikasi WA, pilih kontak atau grup yang ingin Anda kirimi pesan suara, lalu pilih opsi “Lampirkan” dan pilih opsi “Audio”. Anda akan dialihkan ke galeri ponsel Anda, di mana Anda bisa memilih pesan suara yang ingin Anda kirim.

16. FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Membuat Audio di WA

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara merekam pesan suara di WhatsApp? Klik ikon mikrofon di dalam chat dengan kontak atau grup yang ingin Anda kirimi pesan suara, lalu tahan tombol rekam. Lepaskan tombol rekam untuk mengirim pesan suara tersebut.
Bagaimana cara menyimpan pesan suara di WhatsApp? Tekan dan tahan pesan suara yang ingin Anda simpan, lalu pilih opsi “Simpan”.
Bagaimana cara merekam pesan suara lebih dari 1 menit di WhatsApp? Merekam pesan suara secara terpisah dan mengirimkannya satu per satu.
Bagaimana cara merekam pesan suara dengan kualitas yang lebih tinggi di WhatsApp? Merekam pesan suara dengan aplikasi perekam audio lain seperti Audacity atau Garageband, lalu mengirimkannya melalui WhatsApp.
TRENDING 🔥  Cara Memakai AirPods: Panduan Lengkap untuk Pemula

17. Kesimpulan

Merekam pesan suara di WhatsApp bisa sangat berguna jika Anda ingin menyampaikan pesan dengan lebih efektif dan cepat. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat audio di WA, mulai dari membuka aplikasi WA hingga mengirim dan menyimpan pesan suara. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Cara Membuat Audio di WA