Cara Membuat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Sederhana

>Halo Sohib EditorOnline, selamat datang di artikel perihal cara membuat penangkap sinyal wifi jarak jauh sederhana. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang bagaimana membuat perangkat yang dapat meningkatkan jangkauan sinyal Wifi dalam rumah atau area terbuka. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai.

Apa itu Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh?

Sebelum membahas bagaimana cara membuatnya, perlu diketahui terlebih dahulu tentang penangkap sinyal wifi jarak jauh itu sendiri. Penangkap sinyal wifi jarak jauh adalah perangkat yang dapat digunakan untuk meningkatkan jangkauan sinyal wifi yang ada di sekitar kita. Dengan adanya penangkap sinyal wifi jarak jauh, kita dapat menangkap sinyal wifi yang jauh dari titik akses wifi atau router. Selain itu, perangkat ini juga bisa memperkuat sinyal wifi yang melemah di area rumah atau kantor kita.

1. Kenapa Harus Membuat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh?

Ada banyak alasan mengapa kita harus membuat penangkap sinyal wifi jarak jauh. Salah satunya adalah untuk meningkatkan jangkauan sinyal wifi yang ada di sekitar kita. Dengan adanya penangkap sinyal wifi jarak jauh, kita dapat meningkatkan kualitas dan kecepatan jaringan internet di area rumah atau kantor.

Alasan lainnya adalah untuk menghemat pengeluaran, karena penangkap sinyal wifi jarak jauh umumnya lebih murah dibandingkan dengan perangkat tambahan yang disediakan oleh provider internet. Dan yang tak kalah pentingnya, membuat penangkap sinyal wifi jarak jauh juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan.

2. Apa Saja Bahan-Bahan yang Dibutuhkan?

Untuk membuat penangkap sinyal wifi jarak jauh, terdapat beberapa bahan yang perlu disiapkan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

No Bahan Jumlah
1 Antena parabola bekas 1 buah
2 Konektor N-female 1 buah
3 Pigtail coaxial cable RG316 1 buah
4 USB Wi-Fi dongle 1 buah
5 Kabel LAN 1 buah
6 Adaptor USB 5V DC 1 buah

3. Bagaimana Cara Memilih Antena Parabola yang Baik?

Jika Anda ingin membuat penangkap sinyal wifi jarak jauh, maka Anda harus memilih antena parabola yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih antena parabola, antara lain:

– Ukuran antena parabola harus disesuaikan dengan jarak yang ingin ditangkap. Semakin jauh jarak sinyal wifi yang ingin ditangkap, semakin besar pula antena parabola yang dibutuhkan.

– Pilihlah antena parabola yang dapat menangkap sinyal wifi dengan frekuensi yang sesuai. Beberapa antena parabola hanya dapat menangkap sinyal wifi pada frekuensi tertentu, sehingga perlu dipastikan frekuensi yang digunakan oleh router atau titik akses wifi sebelum membeli antena parabola.

– Pilihlah antena parabola yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. Hal ini penting untuk memastikan bahwa antena parabola dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak mudah rusak.

TRENDING 🔥  Cara Download WhatsApp GB untuk Pengguna Android

– Pastikan juga bahwa antena parabola dilengkapi dengan konektor N-female yang dapat digunakan untuk menghubungkan antena parabola dengan kabel coaxial.

Cara Membuat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Sederhana

1. Langkah Pertama: Menghubungkan Antena Parabola dengan Konektor N-Female

Langkah pertama dalam membuat penangkap sinyal wifi jarak jauh adalah menghubungkan antena parabola dengan konektor N-female. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyambungkan ujung kabel coaxial ke konektor N-female yang terdapat pada antena parabola.

2. Langkah Kedua: Memasang Pigtail Coaxial Cable ke Konektor N-Female

Setelah antena parabola dan konektor N-female terhubung, selanjutnya adalah memasang pigtail coaxial cable RG316 ke konektor N-female. Pigtail coaxial cable RG316 ini nantinya akan digunakan untuk menghubungkan antena parabola dengan USB Wi-Fi dongle.

3. Langkah Ketiga: Memasang USB Wi-Fi Dongle ke Pigtail Coaxial Cable

Setelah pigtail coaxial cable RG316 terpasang pada konektor N-female, selanjutnya adalah memasang USB Wi-Fi dongle pada ujung pigtail coaxial cable RG316. USB Wi-Fi dongle ini akan bertindak sebagai penerima sinyal wifi yang akan diperkuat oleh antena parabola.

4. Langkah Keempat: Menyambungkan Kabel LAN ke USB Wi-Fi Dongle

Setelah USB Wi-Fi dongle terpasang pada pigtail coaxial cable RG316, selanjutnya adalah menyambungkan kabel LAN pada USB Wi-Fi dongle. Kabel LAN ini nantinya akan digunakan untuk menghubungkan penangkap sinyal wifi jarak jauh dengan perangkat yang akan menggunakannya, seperti komputer atau laptop.

5. Langkah Kelima: Memberi Daya pada Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh

Terakhir, setelah semua komponen terpasang dengan benar, kita perlu memberikan daya pada penangkap sinyal wifi jarak jauh. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyambungkan adaptor USB 5V DC pada USB Wi-Fi dongle.

FAQ

1. Apakah Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Bisa Digunakan di Luar Ruangan?

Tidak. Penangkap sinyal wifi jarak jauh yang dibuat seperti dalam artikel ini hanya dapat digunakan di dalam ruangan. Jika ingin menggunakan penangkap sinyal wifi jarak jauh di luar ruangan, kita harus menggunakan perangkat yang dibuat secara profesional dan tahan terhadap cuaca ekstrem.

2. Berapa Jauh Jangkauan Sinyal Wifi yang Dapat Diperkuat?

Jangkauan sinyal wifi yang dapat diperkuat tergantung pada ukuran antena parabola yang digunakan. Semakin besar ukuran antena parabola, semakin jauh pula jangkauan sinyal wifi yang dapat diperkuat oleh penangkap sinyal wifi jarak jauh.

3. Apakah Diperbolehkan Membuat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Tanpa Izin dari Provider Internet?

Tidak. Sebelum membuat penangkap sinyal wifi jarak jauh, pastikan bahwa Anda telah memperoleh izin dari provider internet yang digunakan. Tanpa izin dari provider internet, membuat penangkap sinyal wifi jarak jauh dapat dianggap sebagai pelanggaran hak cipta dan dapat berdampak buruk pada reputasi Anda.

4. Apakah Ada Risiko Terhadap Kesehatan ketika Menggunakan Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh?

Tidak ada risiko terhadap kesehatan ketika menggunakan penangkap sinyal wifi jarak jauh. Namun demikian, pastikan bahwa penangkap sinyal wifi jarak jauh yang dibuat telah memenuhi standar keamanan dan tidak menimbulkan interferensi yang merugikan bagi perangkat elektronik lainnya.

Kesimpulan

Penangkap sinyal wifi jarak jauh adalah perangkat yang dapat digunakan untuk meningkatkan jangkauan sinyal wifi yang ada di sekitar kita. Dalam artikel ini, kita telah membahas secara lengkap cara membuat penangkap sinyal wifi jarak jauh sederhana yang dapat digunakan di dalam ruangan. Selain itu, kita juga telah membahas tentang bahan-bahan yang dibutuhkan, langkah-langkah yang perlu dilakukan, serta pertanyaan yang sering diajukan seputar penangkap sinyal wifi jarak jauh. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang teknologi sinyal wifi.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Mengurangi Pemanasan Global

Cara Membuat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Sederhana