Cara Membuat Tag di Youtube

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu sudah tahu tentang pentingnya menggunakan tag di video Youtube? Jika belum, tidak perlu khawatir. Pada artikel kali ini, saya akan membahas secara lengkap tentang cara membuat tag di Youtube. Yuk, simak terus artikel ini!

Apa itu Tag?

Tag adalah kata kunci atau label yang digunakan untuk memberi tanda pada suatu video. Tag berguna untuk membantu Youtube memahami konten video dan membantu pengguna menemukan video yang relevan dengan minat mereka.

Tag biasanya ditempatkan di bawah deskripsi video dan dapat berupa satu kata atau kumpulan kata. Namun, pengguna juga harus memperhatikan etika dalam menggunakan tag agar tidak menyalahgunakan tag yang tidak berhubungan dengan konten video.

Bagaimana membuat tag yang tepat? Simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Membuat Tag di Youtube

Cara membuat tag di Youtube cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Keterangan
1. Buka Video Manager Buka akun Youtube dan klik Video Manager untuk melihat semua video yang telah diunggah.
2. Pilih video yang akan ditambahkan tag Pilih video yang ingin ditambahkan tag dengan mengklik judul video tersebut.
3. Masukkan tag Masukkan tag yang relevan dengan konten video di kolom tag. Jika menggunakan beberapa tag, pisahkan dengan koma.
4. Simpan perubahan Klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan tag yang telah ditambahkan.

Etika Penggunaan Tag di Youtube

Dalam penggunaan tag, terdapat beberapa etika yang harus diperhatikan agar tidak menyalahgunakan tag. Berikut adalah etika penggunaan tag di Youtube:

1. Hindari Menyalahgunakan Tag

Penggunaan tag yang tidak berkaitan dengan konten video dapat menyebabkan video tidak ditemukan oleh pengguna, dan bahkan dapat merugikan orang lain.

2. Gunakan Tag yang Relevan

Gunakan tag yang relevan dengan isi konten video agar video mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari konten yang sama.

3. Gunakan Kata-kata Alternatif

Gunakan kata-kata alternatif yang memiliki makna yang sama dengan tag utama, sehingga video dapat ditemukan oleh pengguna meski menggunakan kata kunci yang berbeda.

4. Jangan Mengulang Tag yang Sama

Hindari menggunakan tag yang sama secara berulang-ulang. Selain tidak berguna, penggunaan tag yang sama secara berulang-ulang dapat dianggap spam oleh Youtube dan bahkan dapat menyebabkan video dihapus.

5. Gunakan Tag yang Spesifik

Gunakan tag yang spesifik agar video mudah ditemukan oleh pengguna yang memiliki minat tertentu. Contohnya, jika video berisi tentang resep masakan ayam, tag yang tepat adalah “resep masakan ayam” dan bukan hanya “masakan.”

TRENDING 🔥  Cara Buat Gabin Tape: Panduan Lengkap untuk Pemula

Frequently Asked Questions (FAQ)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai tag di Youtube:

1. Berapa jumlah tag yang dapat ditambahkan pada satu video?

Youtube memperbolehkan pengguna untuk menambahkan hingga 500 tag pada setiap video. Namun, sebaiknya gunakan tag yang relevan dan spesifik agar video mudah ditemukan oleh pengguna.

2. Apa yang harus dilakukan jika saya salah menambahkan tag pada video?

Jika sudah salah menambahkan tag, pengguna dapat menghapus tag tersebut dengan mengklik “X” pada tag yang ingin dihapus atau mengubah tag melalui kolom tag.

3. Apakah tag mempengaruhi peringkat video di hasil pencarian?

Tag dapat membantu Youtube memahami isi konten video dan membantu pengguna menemukan video yang relevan dengan minat mereka. Namun, tag bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi peringkat video di hasil pencarian, faktor lain seperti view, like, dan komentar juga turut mempengaruhi peringkat video.

4. Apakah setiap tag harus dihubungkan dengan tanda pagar (#)?

Tidak, tanda pagar (#) hanya digunakan pada media sosial seperti Twitter dan Instagram. Pada Youtube, cukup gunakan kata kunci atau label tanpa perlu menyertakan tanda pagar (#).

5. Apa yang harus saya lakukan agar video saya banyak ditonton?

Gunakan tag yang relevan dan spesifik agar video mudah ditemukan oleh pengguna. Selain itu, buatlah judul dan deskripsi yang menarik, dan promosikan video di media sosial atau kanal Youtube lainnya.

Nah, itu dia informasi lengkap mengenai cara membuat tag di Youtube. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu para kreator konten di Youtube. Selalu gunakan tag yang relevan dan spesifik agar video kamu mudah ditemukan oleh pengguna. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sohib EditorOnline.

Cara Membuat Tag di Youtube