Cara Melihat Trending di Youtube

>Hello Sohib EditorOnline! Youtube menjadi salah satu platform video terbesar yang ada di dunia, dengan miliaran jam video yang ditonton setiap harinya. Untuk itu, menjadikan platform ini sebagai salah satu alat pemasaran atau promosi tidak sulit dilakukan. Tetapi, bagaimana Anda tahu konten Anda telah mencapai popularitas yang cukup? Caranya adalah dengan melihat trending di Youtube.

Apa itu Trending di Youtube?

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita jelaskan terlebih dahulu apa itu trending di Youtube. Trending merupakan fitur Youtube yang menunjukkan video-video teratas yang paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam terakhir. Fitur ini ada di setiap negara dan dapat diakses dari beranda atau menu di bagian atas halaman utama Youtube.

Jadi, tidak diragukan lagi bahwa menjadi trending di Youtube adalah prestasi yang luar biasa dan dapat membawa banyak manfaat untuk channel Youtube Anda. Namun, bagaimana caranya agar konten Anda bisa menjadi trending di Youtube?

1. Buat Konten yang Menarik

Jika Anda ingin video Anda menjadi trending, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat konten yang menarik. Konten yang menarik akan membuat orang ingin menonton lebih lama dan membagikan video Anda ke teman-teman mereka di media sosial.

Tidak ada rumus pasti untuk membuat konten yang menarik, tetapi beberapa trik yang bisa Anda gunakan seperti membuat konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens Anda, memberikan informasi yang berharga, memicu emosi, dan menyampaikan pesan dengan cara yang menyenangkan.

1.1 Membuat Konten yang Sesuai dengan Minat Audiens

Salah satu cara terbaik untuk membuat konten yang menarik adalah dengan membuat konten yang sesuai dengan minat audiens Anda. Anda harus memahami audiens Anda, apa minat mereka, dan apa yang mereka cari. Setelah itu, fokus pada membuat konten untuk audiens Anda.

Cara terbaik untuk mengetahui minat audiens Anda adalah dengan melihat video-video Youtube yang mereka tonton dan melihat komentar dan like yang diberikan. Setelah itu, gunakan informasi itu untuk membuat konten yang sesuai dengan minat audiens Anda.

1.2 Memberikan Informasi yang Berharga

Video yang memberikan informasi yang berharga akan menjadi lebih menarik dan dapat membawa lebih banyak audience. Jika konten Anda dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi audiens, mereka akan lebih tertarik untuk menonton video Anda hingga selesai.

Cara terbaik untuk memberikan informasi yang berguna adalah dengan membuat tutorial atau membahas topik-topik yang banyak dicari oleh orang. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan penelitian atau statistik sebagai sumber informasi yang benar-benar terpercaya.

1.3 Memikirkan Cara untuk Memicu Emosi

Video yang dapat memicu emosi dapat menarik perhatian orang lebih banyak daripada video yang datar dan membosankan. Ada banyak emosi yang dapat dipicu seperti kegembiraan, kebahagiaan, kesedihan, atau ketakutan.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Lem Tembak - Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

Cara terbaik untuk memicu emosi adalah dengan memperhatikan musik, visual, dan skenario Anda. Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan yang memiliki nilai sentimental atau cerita yang inspiratif.

1.4 Menyampaikan Pesan dengan Cara yang Menyenangkan

Video yang disampaikan dengan cara yang menyenangkan akan lebih menarik dan dapat memperbesar kemungkinan menjadi trending. Konten yang kreatif dan menghibur akan membuat penonton bertahan di video Anda lebih lama.

Cukup memperhatikan beberapa elemen seperti penggunaan musik, alur cerita yang menarik, dan penggunaan animasi dapat membuat pesan Anda disampaikan dengan cara yang menyenangkan.

2. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Jika Anda ingin video Anda muncul di bagian trending di Youtube, gunakan kata kunci yang tepat. Youtube menggunakan algoritma yang kompleks untuk menentukan video yang akan menjadi trending. Salah satu faktor yang diperhitungkan oleh algoritma ini adalah kata kunci.

Sebelum mengupload video Anda, pastikan Anda melakukan riset kata kunci dan menentukan kata kunci yang tepat untuk video Anda. Anda juga dapat menambahkan tag yang relevan dengan video Anda.

3. Promosikan Video Anda

Jangan lupa untuk mempromosikan video Anda setelah menguploadnya. Promosikan video Anda di media sosial, tanyakan pendapat teman-teman Anda, dan tampilkan di website atau blog Anda.

Jika konten Anda berkualitas dan dapat menarik perhatian, kemungkinan besar teman-teman Anda akan membagikan video Anda ke teman-teman mereka, yang dapat meningkatkan jumlah penonton dan membantu Anda menjadi trending di Youtube.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah menjadi trending di Youtube penting? Ya, menjadi trending di Youtube adalah cara terbaik untuk mendapatkan perhatian dari audiens dan dapat membawa banyak keuntungan.
2. Apa yang harus saya lakukan jika video saya tidak menjadi trending di Youtube? Tetap konsisten dalam membuat konten yang berkualitas dan mempromosikan video Anda dengan baik.
3. Apa saja faktor yang mempengaruhi video menjadi trending di Youtube? Banyak faktor yang mempengaruhi termasuk jumlah penonton, engagement, dan percepatan penonton.

Demikianlah beberapa tips cara melihat trending di Youtube. Ingat, konten yang menarik dan promosi yang tepat dapat membantu Anda menjadi trending di Youtube. Semoga berhasil!

Cara Melihat Trending di Youtube