Cara Membuka Protect Excel

>Hallo Sohib EditorOnline, apakah kamu pernah mengalami kesulitan dalam membuka file Excel yang terproteksi? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara membuka protect Excel dengan mudah dan cepat. Simak artikel ini sampai akhir ya!

Pendahuluan

Excel merupakan program pengolah data yang banyak digunakan dalam kegiatan bisnis maupun personal. Tidak jarang kita menemukan file Excel yang terproteksi sehingga tidak bisa diubah atau diedit. Hal ini tentu menjadi kendala dalam mengakses data yang penting.

Nah, untuk membuka file Excel yang terproteksi, kita membutuhkan beberapa langkah dan trik tertentu. Pada artikel ini, kami akan membahas cara membuka protect Excel dengan mudah dan cepat.

Langkah-langkah Membuka Protect Excel

Langkah 1: Menggunakan Password

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan password yang telah diberikan oleh pembuat file Excel tersebut. Namun, jika kamu tidak memiliki password, maka kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut.

Langkah 2: Mengubah Ekstensi File

Langkah kedua yang bisa kamu coba adalah dengan mengubah ekstensi file Excel dari .xlsx/.xls menjadi .zip. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengklik kanan file Excel yang terproteksi dan memilih Rename. Kemudian, ganti ekstensi file tersebut dari .xlsx/.xls menjadi .zip.

Setelah itu, kamu bisa mengekstrak file tersebut dan membuka folder xl -> worksheets. Di dalam folder worksheets, kamu akan menemukan file xml yang berisi data dari file Excel tersebut. Kamu bisa membuka file xml tersebut menggunakan Notepad atau aplikasi pengolah teks lainnya.

Jika kamu ingin mengedit data pada file Excel tersebut, kamu bisa mencari kode atau pada file xml tersebut. Kemudian, hapus kode tersebut dan simpan file xml tersebut.

Setelah itu, kamu bisa kembali ke folder worksheets dan mengarsipkan file xml tersebut. Setelah proses arsip selesai, rename kembali file tersebut dengan ekstensi .xlsx/.xls. File Excel tersebut kini sudah tidak terproteksi dan bisa diakses kembali.

Langkah 3: Menggunakan Program Tambahan

Jika kedua langkah di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan program tambahan seperti Passper for Excel. Program ini dapat membuka file Excel yang terproteksi dengan cepat dan mudah.

FAQ

No Pertanyaan Jawaban
1 Bagaimana cara membuka file Excel yang terproteksi? Kamu bisa mencoba beberapa langkah seperti menggunakan password, mengubah ekstensi file, atau menggunakan program tambahan seperti Passper for Excel.
2 Apakah semua file Excel bisa dibuka dengan cara ini? Tidak semua file Excel bisa dibuka dengan cara ini. Namun, cara ini cukup efektif untuk membuka file Excel yang terproteksi.
3 Apakah ini legal? Membuka file Excel yang terproteksi tanpa izin dari pemilik file bisa dianggap ilegal. Namun, jika kamu memiliki alasan yang jelas dan sah untuk membuka file tersebut, maka hal ini masih dapat dibenarkan.
TRENDING 🔥  Cara Bobol Wifi 100 Berhasil

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara membuka protect Excel dengan mudah dan cepat. Kamu bisa mencoba langkah-langkah yang telah kami berikan di atas, atau menggunakan program tambahan seperti Passper for Excel. Namun, perlu diingat bahwa membuka file Excel yang terproteksi tanpa izin dari pemilik file bisa dianggap ilegal, kecuali kamu memiliki alasan yang jelas dan sah untuk membuka file tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan berhasil membantu kamu dalam membuka file Excel yang terproteksi. Terima kasih sudah membaca!.

Cara Membuka Protect Excel