Cara Memindahkan WA ke HP Baru Tanpa Kode Verifikasi

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda memiliki masalah ketika ingin memindahkan aplikasi WhatsApp dari HP lama ke HP baru karena lupa dengan kode verifikasi Anda? Tenang saja, dalam artikel ini kami akan membahas dengan lengkap tentang cara memindahkan WA ke HP baru tanpa kode verifikasi.

1. Backup Data WA di HP Lama

Tahap pertama yang harus dilakukan sebelum memindahkan WhatsApp ke HP baru adalah dengan melakukan backup data WA di HP lama. Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Keterangan
1. Buka aplikasi WA di HP lama
2. Ketuk opsi titik tiga di pojok kanan atas layar
3. Pilih “Pengaturan”
4. Pilih “Chat”
5. Pilih “Backup Chat”
6. Pilih “Backup”

Dengan melakukan backup data, Anda akan menyimpan semua obrolan, foto, video, dan dokumen yang terdapat di aplikasi WhatsApp Anda. Backup data ini akan berguna untuk dipulihkan pada HP baru nantinya.

2. Masuk ke WhatsApp di HP Baru

Setelah backup data berhasil dilakukan, langkah selanjutnya adalah masuk ke aplikasi WhatsApp pada HP baru. Ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Keterangan
1. Unduh aplikasi WhatsApp di HP baru
2. Buka aplikasi dan setujui persyaratan penggunaan
3. Pilih bahasa yang diinginkan
4. Izinkan akses WA ke foto, media, dan file pada HP baru
5. Masukkan nomor telepon yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda

Setelah mengetik nomor telepon, WhatsApp akan meminta kode verifikasi berupa enam digit. Tentu saja, Anda tidak bisa menggunakan kode verifikasi tersebut karena sudah lupa. Kami akan membahas lebih lanjut cara mengatasinya pada langkah selanjutnya.

3. Ubah Nomor Telepon

Jika Anda tidak bisa memasukkan kode verifikasi karena lupa, maka cara terbaik untuk memindahkan WA ke HP baru adalah dengan mengubah nomor telepon. Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Keterangan
1. Ketuk “Ubah” pada halaman verifikasi nomor telepon
2. Pilih negara Anda dan masukkan nomor telepon baru
3. Ketuk “Lanjutkan” dan WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon baru Anda
4. Masukkan kode verifikasi dan selesaikan proses verifikasi nomor telepon baru

Setelah nomor telepon berhasil diverifikasi, Anda dapat memulihkan semua data WA yang sudah Anda backup sebelumnya. Namun, jika Anda tidak ingin mengubah nomor telepon atau nomor telepon baru yang Anda masukkan tidak terverifikasi, maka Anda bisa mencoba solusi alternatif pada langkah berikutnya.

4. Gunakan Email untuk Verifikasi

Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, maka cara selanjutnya untuk memindahkan WA ke HP baru tanpa kode verifikasi adalah dengan menggunakan email. Caranya sebagai berikut:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bunga Plastik: Panduan Lengkap untuk Pemula
Langkah Keterangan
1. Ketuk “Verifikasi Email” pada halaman verifikasi nomor telepon
2. Masukkan email yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda
3. Tunggu beberapa saat dan WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi ke email Anda
4. Masukkan kode verifikasi dan selesaikan proses verifikasi email

Setelah berhasil verifikasi, Anda dapat memasukkan nomor telepon yang terhubung dengan akun WA dan memulihkan data yang sudah di-backup sebelumnya.

FAQ

1. Apakah WA bisa dipindahkan ke HP baru tanpa kode verifikasi?

Ya, Anda bisa memindahkan WA ke HP baru tanpa kode verifikasi dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

2. Apakah WA akan otomatis terhapus di HP lama setelah dipindahkan ke HP baru?

Tidak, WhatsApp tidak akan menghapus akun di HP lama ketika dipindahkan ke HP baru. Namun, Anda dapat menghapus aplikasi WA di HP lama untuk menghemat ruang penyimpanan.

3. Apakah backup data WA membutuhkan koneksi internet?

Ya, untuk melakukan backup data WA membutuhkan koneksi internet. Pastikan Anda terhubung dengan jaringan Wi-Fi atau paket data yang cukup.

4. Apakah WA harus dihapus di HP lama sebelum dipindahkan ke HP baru?

Tidak perlu menghapus aplikasi WhatsApp di HP lama sebelum dipindahkan ke HP baru. Namun, pastikan Anda sudah melakukan backup data untuk memastikan obrolan dan file-file penting terkait aplikasi WA sudah tersimpan.

5. Apakah data WA pada HP baru akan hilang jika lupa dengan kode verifikasi?

Tidak, kecuali jika Anda tidak bisa memverifikasi nomor telepon baru atau email yang digunakan untuk WhatsApp. Dalam hal ini, Anda harus menghubungi pihak WhatsApp dan meminta bantuan dalam memulihkan akun WA Anda.

Cara Memindahkan WA ke HP Baru Tanpa Kode Verifikasi